Home Auto News Sekilas BMW C400X, Skutik Murah BMW yang Siap Masuk Indonesia

Sekilas BMW C400X, Skutik Murah BMW yang Siap Masuk Indonesia

0 245

BMW C400X, Seperti yang dikabarkan beberapa waktu lalu, BMW Motorrad berencana untu kmenghadirkan motor matic terbarunya di Indonesia. Motor dengan nama BMW C400X ini merupakan adik dari C600 Sport dan C650 GT. Nantinya motor matic BMW ini akan menjadi produk termurah dari pabrikan asal Jerman itu.

Hanya saja untuk saat ini motor tersebut belum diluncurkan. Menurut informasi dari Joe Frans, CEO PT Maxindo Moto Nusantara yang menjadi pemegang merek BMW Motorrad indonesia BMW C400X akan diluncurkan pada semester dua tahun ini. Bisa jadi motor tersebut meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 atau di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMoS).

Yang tak kalah menarik adalah membahas apa saja yang ditawarkan oleh motor BMW terbaru ini. Klaim skutik termurah BMW pada kenyataannya tak membuat motor ini miskin fitur.

BMW C400X dilengkapi dengan panel instrumen digital dengan layar TFT 6,5 inci berwarna. Panel ini dapat terhubung dengan smartphone lewat BMW Motorrad Connectivity. Dengan demikian pengendara dapat mengakses fitur navigasi, kontak telepon dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, motor ini juga menawarkan kepraktisan kepada para pengguna. BMW C400X dilengkapi bagasi yang luas hingga bisa memuat dua helm. Lalu untuk lampu depan sudah memakai LED yang terang dan lebih hemat daya sehingga bisa meningkatkan visibilitas pengendara, khususnya saat malam hari.

Fitur keselamatan motor ini juga tak kalah menarik. BMW Motorrad sudah melengkapinya dengan fitur ACS (Automatic Stability Control). Di samping itu juga ada fitur ABS (Anti-lock Braking System) yang menjadi kelengkapan standar.

Berpindah ke dapur pacu, BMW C400X mengandalkan mesin 1-silinder berkapasitas 350 cc yang ditemani transmisi otomatis CVT (Continuously Variable Transmission). Hasilnya motor itu dapat mengeluarkan tenaga sebesar 34,4 PS pada 7.500 rpm dengan torsi maksimum 35 Nm pada 6.000 rpm.

Motor ini juga sudah diperkenalkan di Eropa. Menariknya beberapa jurnalis yang mencoba BMW C400X memberikan respon positif. Salah satunya adalah Laura Thomson dari Visordown.

Baca juga: 6 Motor BMW Terbaru akan Hadir Tahun 2018

Menyenangkan untuk ditunggangi, lebih ringan dari yang disebutkan di spesifikasi 240 Kg. Lajunya sangat halus dan getaran minim. Meski berada di kecepatan tinggi, Anda tetap bisa melihat dengan jelas apa yang ada di belakang, lewat kaca spion,” ujarnya, mengutip dari Oto.

Walaupun diklaim menjadi motor matic murah BMW, sayangnya belum dapat diketahui berapa harga persis dari motor ini. Hanya saja kemungkinan besar harga BMW C400X nantinya berada di kisaran Rp 100 jutaan. Berkaca dari motor sport naked BMW G310R yang jadi motor sport termurah BMW dengan banderol Rp 100 jutaan.

Nantinya BMW C400X akan berhadapan dengan Kymco Xciting 400i yang juga dijual di Indonesia. Sayangnya motor tersebut tidak begitgu populer di Indonesia.

Masyarakat tampaknya lebih tertarik motor matic bongsor bermesin 150 cc seperti Honda PCX atau Yamaha NMAX. Selain kubikasi mesin, harga juga bisa jadi faktor yang membuat masyarakat lebih suka motor matic premium bermesin 150 cc.

Hal ini yang akan menjadi tantangan bagi BMW C400X. Bagaimana cara membuat motor matic tersebut laris di pasaran. Akan tetapi berbekal nama baik BMW Motorrad, kualitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata dan juga kesan premium yang kental bukan tidak mungkin C400X akan sukses di Tanah Air.

Di sisi lain BMW C400X cocok menjadi pilihan alternatif bila konsumen ingin membeli BMW C600 Sport atau C650 GT namun mempunyai dana yang terbatas. Bagaimana, tertarik untuk membeli motor BMW terbaru ini?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply