Home Auto News Detail Singkat Ford Ojo, Skuter Listrik dengan Fitur Menarik

Detail Singkat Ford Ojo, Skuter Listrik dengan Fitur Menarik

Ford Ojo, Bila Anda senang berkendara jarak dekat Anda bisa melirik skuter listrik yang satu ini. Skuter asal Negeri Paman Sam ini berjuluk Ford Ojo Electric. Kendaraan ini masuk dalam kategori moped alias motor otoped.

Menariknya Ford Ojo dibawa ke Indonesia oleh Meloctric, divisi penjualan gadget dari PT Suara Visual Indonesia. Jadi konsumen Tanah Air bisa membelinya jika tertarik.

Walaupun hanya sebuah skuter listrik, fitur yang disematkan pada Ford Ojo tidak sembarangan. Skuter listrik ini sudah dilengkapi dengan fitur keyless. Selain itu juga fitur alarm atau sensor bunyi yang akan hidup ketika skuter dijahili orang tak bertanggungjawab.

Tidak cukup sampai di situ, masih ada tawaran unik lainnya. Yakni hadirnya speaker yang memungkinkan pemilik berjalan-jalan santai sembari mendengarkan musik tanpa perlu memakai earphone.

“Ada juga bluetooth jadi bisa mendengarkan musik juga, speakernya ada dua di bagian leher bawah setangnya,” ungkap Setiawan Winarto, CEO PT Suara Visual Indonesia, dilansir dari laman detikOto.

Karena merupakan skuter listrik, maka sumber tenaganya berasal dari baterai. Baterai yang disematkan pada Ford Ojo sendiri memerlukan waktu hingga 8 jam agar terisi penuh. Akan tetapi juga ada kemungkinan baerai terisi penuh dalam waktu enam jam.

“Membutuhkan daya 220 volt dan dia meski butuh 220 volt dipakainya kalau nggak salah hanya 12 volt, dan wattnya juga cuma 50-60 watt,” ungkap Giovanni Martin, Brand Manager Melotronic.

Untuk mengeluarkan charger Ford Ojo pun juga tidak susah. Pemilik hanya perlu menariknya saja.

Jangan samakan kecepatan Ford Ojo dengan motor konvensional. Skuter listrik ini hanya bisa dipacu hingga kecepatan 40 km/jam. Sedangkan untuk jarak tempuhnya bisa mencapai 40 km.

“Speed 35 – 37 km atau bisa 40 km/jam maksimalnya, di-charge enam jam,” ungkap Setiawan.

Tidak hanya itu, yang membuatnya semakin menarik adalah tidak perlunya surat-surat lengkap seperti pada motor konvensional. Sehingga skuter ini tidak dilengkapi dengan pelat noor.

Giovvani mengatakan pihaknya berpikir bila memang Ford Ojo electric sudah dijual secara massal, unit tidak perlu dilengkapi surat-surat seperti BPKB ataupun STNK. Sebab kecepatan skuter listrik ini terbatas sehingga masuk dalam kategori sepeda atau otoped.

“Kita di sini melihat bahwa kita berasumsi bahwa ini tidak perlu pakai surat kendaraan karena kecepatannya pun terbatas hanya 35 km/jam. Kalau dibandingkan dengan konvensional atau motor listrik lainnya yang sudah hadir, dia itu kayak motor konvensional bisa sampai ratusan km/jam, ini (Ford Ojo Electric) nggak,” kata dia.

Di samping itu ia menjelaskan bila nantinya Ford Ojo harus idlengkapi surat-surat pihaknya pasti memenuhinya. Akan tetapi untuk saat ini karena aturan dari pemerintah belum selesai maka Ford Ojo belum dilengkapi surat-surat.

Lantas berapa harganya?

Harga Ford Ojo sendiri mencapai Rp 29,420 juta termasuk pajak PPN. Banderol tersebut terbilang tinggi, bahkan bila Ford Ojo merupakan sepeda motor. Sebab dengan dana sekitar Rp 30 jutaan konsumen juga bisa memperoleh motor sport 150 atau motor matic bongsor seperti Honda PCX atau Yamaha NMAX.

Walaupun harga Ford Ojo tergolong mahal dan setara motor konvensional, Gio mengatakan Ford Ojo diklaim akan menawarkan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Baik dari segi kualitas ataupun fitur.

Jika mempunyai budget sekitar Rp 30 juta, mungkin sebagian dari Anda akan berpikir dua kali untuk membeli Ford Ojo. Meski begitu skuter listrik ini cukup menarik untuk dimiliki, apalagi untuk konsumen berkantong tebal. Desainnya yang unik dan daya jelajah yang cukup jauh membuatnya menarik untuk dibeli dan dipakai berkeliling santai di sekitar rumah. Apalagi fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply