Home Motor Beda Knalpot Motor Slip-On dan Full System

Beda Knalpot Motor Slip-On dan Full System

0 100

Knalpot Motor, Sebagian pemilik sepeda motor gemar melakukan modifikasi. Maka dari itu beragam pilihan aksesoris atau komponen motor beredar luas di pasaran. Salah satunya adalah knalpot.

Knalpot motor kerap menjadi sasaran modifikasi lantaran mudah untuk diubah namun memiliki dampak yang signifikan. Selain dapat menghasilkan performa yang lebih baik, modifikasi knalpot juga bisa membuat tampang kendaraan menjadi lebih memikat.

Untuk diketahui, knalpot motor terbagi menjadi tiga bagian. Pertama yaitu header, ujung yang menempel di bagian mesin. Header knalpot ini menempel di bagian midpipe atau atau juga disebut leher knalpot. Sedangkan bagian terakhir adalah muffler. Khusus bagian ini bisa menciptakan suara yang unik atau khas.

Di pasaran ada beberapa jenis knalpot yang ditawarkan. Salah satunya adalah knalpot aftermarket model slip-on dan full system. Berikut adalah perbedaan kedua jenis knalpot motor ini.

Slip-On

Knalpot jenis ini merupakan jenis knalpot yang hanya terdiri dari muffler saja. Maka jangan heran bila Anda membeli knalpot jenis dan hanya memperoleh muffler-nya saja. Untuk leher dan header bisa menggunakan bawaan motor.

Hanya saja tidak semua motor dapat dipasangi knalpot slip-on. Hanya ada beberapa jenis saja yang silincer knalpot tidak jadi satu dengan leher. Contohnya adalah Kawasaki Ninja 250.

Walaupun begitu bukan berarti motor lain tidak bisa memakai knalpot slip-on. Bisa diakali dengan memodifikasi leher knalpot sehingga bisa memakai knalpot jenis ini.

Penggunaan knalpot sli-on bisa memberikan pengaruh terhadap performa motor. Akan tetapi tergantung pada bagaimana estelan mesin, leher dan tipe muffler. Untuk diketahui, beberapa pabrikan mengklaim produknya dapat meningkatkan performa motor. Di samping itu knalpot ini biasanya dijual lebih murah dari knalpot full system. Sebab knalpot ini hanya terdiri dari muffler saja.

Knalpot Full System

Beda dengan slip-on, knalpot motor full system dijual lengkap mulai dari header, leher hingga muffler. Oleh karena itu harga knalpot full system aftermarket lebih mahal dari jenis slip-on.

Kendari begitu banyak model sepeda motor yang bisa menggunakan knalpot full system. Biasanya knalpot ini lebih baik dalam meningkatkan performa. Sebab diameter yang disediakan lebih besar dari bawaan motor.

Tidak hanya itu, bagian muffler juga lebih bebas hambatan. Sehingga gas buang langsung keluar. Dampaknya putaran mesin bisa lebih tinggi.

Source: suara knalpot motor unik, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply