Home Auto News Suzuki Jimny Baru Pakai Mesin Ertiga, Akan Dijual di Indonesia?

Suzuki Jimny Baru Pakai Mesin Ertiga, Akan Dijual di Indonesia?

0 279

Suzuki Jimny, Salah satu mobil baru yang ditunggu-tunggu kehadirannya adalah Suzuki Jimny. Pasalnya mobil SUV berdimensi kompak ini bakal menawarkan beragam pembaruan, mulai dari sisi eksterior hingga interiornya. Yang akan dibahas kali ini adalah sektor dapur pacunya.

Beredar kabar bahwa mobil Suzuki terbaru ini nantinya akan memakai mesin dari saudaranya, yakni All New Ertiga. Informasi ini diperoleh dari Indianautosblog. Bila benar, maka Suzuki Jimny 2019 akan mengandalkan jantung pacu berkode K15B yang memiliki kapasitas sebesar 1.462 cc. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin ini mencapai 103 dk dengan torsi puncak 138 Nm.

Lantas apakah itu artinya Suzuki Jimny generasi terbaru juga akan dijual di Indonesia? Kabar baiknya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki di Tanah Air memastikan bahwa mobil tersebut juga akan hadir untuk meramaikan pasar otomotif nasional. Sayangnya belum bisa diinformasikan kapan SIS meluncurkan mobil tersebut.

Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT SIS mengatakan bahwa pihak prinsipal menginstruksikan tidak boleh memberi komentar seputar kehadiran Jimny di Indonesia.

“Jadi kami belum bisa bicara dulu mengenai Jimny. Tunggu saja pada waktunya,” ungkapnya, dikutip dari KompasOtomotif.

Donny mengklaim peminat Suzuki Jimny di Indonesia cukup tinggi mengingat pecinta SUV yang juga tinggi. Seperti yang diketahui, sebelumnya SIS menghadirkan Suzuki Jimny dalam jumlah terbatas. Menariknya dalam waktu yang relatif singkat 88 unit Suzuki Jimny yang disiapkan Suzuki Indonesia sudah habis terjual.

Varian warna Suzuki Jimny 2019

Sementara itu Harold Donnel, Head of Product Development & Marketing Research PT SIS menjelaskan bahwa Suzuki Jimny cocok untuk pasar Indonesia. Ia mengatakan bahwa mobil yang dihadirkan oleh Suzuki Motor Corporation (SMC) pada dasarnya harus bisa cocok untuk pasar Indonesia. Sebab Indonesia merupakan salah satu pilar terbesar Suzuki secara global.

Jika ingin menghadirkan mobil tersebut di Indonesia maka ada persyaratan  yang harus dipenuhi. Seperti urusan administratif antara prinsipal dengan distributor. Selain itu juga ada proses homologasi terkait dengan kesiapan unit yang akan dipasarkan dan standarisasi pemerintah. Rata-rata persyaratan itu akan selesai sekitar 6-9 bulan kerja.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Suzuki Jimny 2018

Suzuki Jimny terbaru memang benar-benar berbeda dibanding generasi yang ada sekarang. Sebab desain mobil ini berubah total. Tampilannya terkesan lebih mengotak dan terlihat lebih klasik.

Tidak hanya itu, nantinya mobil ini akan ditawarkan dalam dua varian. Antara lain Jimny dan Jimny Sierra. Perbedaannya ada pada bumper, wheel cladding di bagian fender roda dan pelek dengan model palang lima.

Menurut informasi Suzuki Jimny terbaru mengandalkan dua versi mesin. Yakni 600 cc dengan transmisi manual 5-percepatan atau AT 4-percepatan serta penggerak 4WD yang dipadukan mesin 1.500 cc untuk varian Sierra.

Rencananya All New Suzuki Jimny akan diperkenalkan di Jepang pada bulan depan. Jika penasaran lebih lanjut seputar mobil baru ini silakan menanti peluncuran resminya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply