Home Auto News Suzuki Nex II Jadi Motor Terlaris Suzuki, Apa Rahasianya?

Suzuki Nex II Jadi Motor Terlaris Suzuki, Apa Rahasianya?

0 196

Suzuki Nex II, Sebelumnya Suzuki Address menjadi satu-satunya motor matic Suzuki yang masih dipasarkan di Indonesia. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku lagi sejak hadirnya Nex II. Motor matic ini tampil lebih memikat dibanding pendahulunya, Nex.

Dan usaha PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun tidak sia-sia. Pasalnya motor tersebut berhasil menjadi motor terlaris Suzuki di Tanah Air. Menurut data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Suzuki Nex II berhasil terjual sebanyak 3.333 unit pada bulan pertamanya (Mei 2018).

Angka penjualan tersebut jauh lebih tinggi dari model-model lain seperti Satria F150 yang terjual 2.167 unit dan GSX-R150 yang menempati peringkat ketiga dengan catatan penjualan 1.523 unit. Untuk diketahui, sebelum Suzuki Nex II hadir di Indonesia dua motor tersebut saling berebut menjadi motor terlaris Suzuki.

Memang Suzuki Nex II berhasil menjadi motor Suzuki terlaris. Akan tetapi pencapaian tersebut sejatinya belum bisa memenuhi target penjualan PT SIS yang mencapai 5.000 unit per bulan. Di sisi lain bila membandingkan dengan rivalnya penjualan motor matic Suzuki ini juga masih jauh dari baik.

Sebagai pembanding, Honda BeAT yang juga mengandalkan mesin berkapasitas 110 cc terjual 163.935 unit. Lalu penjualan Yamaha Mio di Tanah Air mencapai 30.122 unit.

Baca juga: Ini Prediksi Sosok Suzuki GSX-R250!

Kendati demikian ini menjadi langkah awal yang baik bagi Suzuki Nex II mengingat ini menjadi bulan pertama motor tersebut dijual. Tidak menutup kemungkinan ke depannya penjualan Suzuki Nex II lebih baik lagi.

Lalu apa yang menjadi kunci keberhasilan Nex II sehingga bisa menjadi motor Suzuki terlaris di Tanah Air? Spesifikasi dan harga yang kompetitif menjadi modal bagi skutik ini untuk bersaing.

Di sisi dapur pacu motor matic ini mengandalkan mesin berkapasitas 113 cc. Tenaganya bisa menembus angka 9,1 PS pada 8.000 rpm dengan torsi maksimum 8,5 Nm pada 6.000 rpm.

Tenaga tersebut sedikit lebih unggul dari Honda BeAT bermesin 108 cc yang mengeluarkan daya 8,68 PS pada 7.600 rpm. Hanya saja torsi BeAT lebih unggul, yakni 9,01 Nm pada 6.500 rpm. Sedangkan Yamaha Mio yang memakai mesin 125 cc mampu mengeluarkan tenaga 9,51 PS pada 8.000 rpm dengan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Selain itu Suzuki Nex II juga memiliki fitur yang tidak dijumpai pada kompetitornya. Yakni lampu LED dan charger untuk gadget. Lampu LED akan menghadirkan visibilitas berkendara yang baik, termasuk di malam hari. Selain itu lampu ini juga lebih hemat daya dan membuat motor terlihat lebih menarik. Sedangkan hadirnya charger untuk smartphone akan memudahkan para pengendara mengisi daya perangkatnya selama perjalanan.

Harga Suzuki Nex II juga paling murah dibanding kompetitor. Motor ini dibanderol mulai Rp 13,95 juta sampai dengan Rp 14,65 juta on the road (OTR) Jakarta. Lebih terjangkau dari harga Yamaha Mio M3 yang dipatok Rp 15,4 juta sampai Rp 16,3 juta OTR Jakarta maupun Honda BeAT Sporty yang dilepas Rp 15,45 juta hingga Rp 16,15 juta OTR Jakarta.

Source: address suzuki, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply