Home Auto News Detail Honda Super Cub C125, Motor Bebek Modern Rasa Klasik

Detail Honda Super Cub C125, Motor Bebek Modern Rasa Klasik

0 289

Honda Super Cub C125, Honda mencuri perhatian banyak pecinta roda dua setelah menghadirkan motor barunya. Motor ini bukanlah sembarang motor, sebab mengusung tampilan yang retro namun mempunyai banyak fitur modern.

Motor dengan nama Honda Super Cub C125 ini memiliki tampilan yang mirip dengan motor bebek legendaris Honda. Akan tetapi desainnya disesuaikan sehingga juga terlihat futuristik. Seperti apa detail spesifikasi Honda Super Cub C125 ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Desain

Melihat tampilannya sekilas, motor Honda terbaru ini memang bernuansa jadul. Terlihat dari desain lampu dan spion yang serba bulat. Selain itu juga dihadirkan jok single seater. Sedangkan bodi dibuat ramping. Uniknya Honda membuat stangnya dengan desain mirip Super Cub C100 yang dihadirkan 60 tahun silam.

Di samping itu Honda Super Cub C125 juga memiliki logo sayap khas Honda yang menjadi identitas klasik dari motor ini. Selain itu bodinya dilabur dengan warna biru dan dikombinasikan warna putih sehingga seperti C100. Lalu untuk jok dicat warna merah untuk menghadirkan kesan mencolok.

Melihat dimensinya, Honda Super Cub C125 ini memiliki panjang 1.915 mm, lebar 720 mm dan tinggi mencapai 1.000 mm. sementara untuk bobotnya mencapai 110 kg. motor ini juga dibekali dengan pelek berukuran 17 inci yang dipadukan ban 70/90 di bagian depan dan 80/90 di bagian belakang.

Fitur

Jika sisi klasik tampak kental pada desainnya, untuk kesan modern terlihat pada fitur yang dibawa. Motor Honda terbaru ini sudah dilengkapi dengan lampu LED di bagian depan, belakang dan sein. Panel instrumen motor ini memakai kombinasi digital dan analog yang menampilkan informasi dengan jelas kepada pengendara.

Baca juga: Honda Vario 150 2018 vs Yamaha Aerox

Tidak hanya itu, Honda Super Cub C125 juga memiliki fitur keyless yang menggantikan anak kunci konvensional dengan kenop dan remote pintar. Untuk menghidupkan motor cukup dengan memasukkan remote ke kantong lalu tekan dan putar kenop. Setelah itu cukup tekan tombol starter.

Fitur ini menjadi salah satu keunggulan dari motor bebek ini. Sebab keyless dinilai lebih aman dari pencurian karena hanya bisa diaktifkan bila memakai remote bawaan.

Masih ada tawaran menarik lain dari motor ini. Honda membekalinya dengan alarm dan juga answer back system. Alarm ini berfungsi memberikan tanda ketika motor hendak dicuri. Alarm akan menyala jika motor mengalami guncangan.

Lalu untuk answer back system berfungsi memudahkan pemilik untuk mencari kendaraan di lokasi parkir. Caranya tinggal tekan tombol yang ada di remote, maka motor akan mengeluarkan suara dan bunyi untuk menunjukkan keberadaannya.

Mesin

Untuk menunjang performa Honda Super Cub C125 dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 125 cc. Mesin ini memiliki konfigurasi satu silinder. Hanya saja belum memiliki radiator dan masih SOHC. Meski begitu untuk sistem penyemprotan sudah memakai sistem injeksi.

Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 9,7 PS pada 7.500 rpm dengan torsi puncak 10 Nm pada 5.000 rpm. Lalu untuk transmisi memakai manual 4-percepatan.

Memang performanya tidak terlalu menggembirakan. Akan tetapi wajar sebab motor ini memang bukan diciptakan untuk melesat kencang di jalanan.

Sisi baiknya konsumsi bahan bakar Honda Super Cub C125 diklaim irit. Menurut uji internal dengan metode World Motorcycle Test Cycle (WMTC), motor ini bisa mencatatkan angka 69 Kpl.

Harga

Di Jepang Honda Super Cub C125 ini dibanderol 399.600 Yen atau sekitar Rp 51 jutaan. Banderol harga yang cukup tinggi untuk sebuah motor bebek bermesin 125 cc. Sebagai pembanding, Honda Supra X125 dan Blade 125 yang dipasarkan di Indonesia dilepas sekitar Rp 16-18 jutaan. Bahkan harga tersebut juga lebih tinggi dari Honda PCX 125 yang dilepas Rp 30 jutaan.

Meski demikian Honda Super Cub C125 ini tetap menarik untuk dibeli. Terutama jika Anda seorang penyuka motor klasik. Sayangnya belum diketahui apakah motor ini juga akan dijual di Indonesia nantinya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply