Home Motor Beli Motor Bekas, Segera Ganti 3 Komponen Ini

Beli Motor Bekas, Segera Ganti 3 Komponen Ini

0 88

Beli Motor Bekas, Di tengah hadirnya banyak motor baru di Indonesia, keberadaan motor bekas atau motor seken masih dicari oleh sebagian kalangan. Motor seken menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin membeli kendaraan bermotor namun mempunyai dana yang terbatas.

Harga motor bekas di pasaran umumnya lebih terjangkau dibanding jika membelinya dalam keadaan baru. Bahkan Anda juga bisa menjumpai banyak motor bekas murah di pasaran dengan kondisi yang masih layak untuk dibeli.

Kendati demikian Anda harus tetap jeli dalam memilihnya, mengingat Anda membeli motor tersebut dalam kondisi bekas. Bisa jadi ada beberapa komponen yang memang harus diganti. Meski dalam kondisi baik, tidak ada salahnya untuk mengganti beberapa komponen supaya motor menjadi lebih prima.

Setidaknya ada 3 komponen yang disarankan untuk diganti setelah Anda membeli motor bekas. Berikut adalah ketiga komponen tersebut.

Busi

Komponen ini memiliki peran penting dalam hal performa motor. Busi motor juga mempunyai masa pakai yang harus diganti jika memang sudah waktunya. Hanya saja sebagian orang mengakalinya dengan cara mencuci busi atau mengatur ulang kerenggangan bagian ground dan elektroda.

Baca juga: 4 Motor Bekas Langka yang Banyak Peminat

Sebenarnya metode tersebut cukup efektif untuk memaksimalkan sistem pengapian. Hanya saja manfaat tersebut hanya bisa dirasakan sementara saja. Tidak menutup kemungkinan nantinya busi bermasalah kembali. Maka dari itu ketimbang Anda mengalami permasalahan di jalan lebih baik menggantinya dengan yang baru dan juga berkualitas.

Oli

Ada penjual atau pemilik motor bekas yang mengganti oli kendaraan dengan yang baru. Hanya saja kita tidak tahu persis bagaimana kualitas oli tersebut. Mungkin saja penjual tersebut menggantinya dengan oli curah. Bahkan yang terburuk penjual mencampur oli dengan stempet atau gemuk yang dapat membuat motor bermasalah di kemudian hari.

Apabila Anda bisa membedakan oli yang berkualitas atau oplosan, maka periksa bagian tersebut dan pastikan kualitasnya memang benar-benar bagus. Jika tidak sebaiknya langsung ganti dengan oli motor baru dan direkomendasikan pabrikan.

Kampas Rem

Memperhatikan pengereman motor memang penting. Hanya saja sebagian orang biasanya hanya memeriksa fungsi rem saja dan mengabaikan bagaimana kondisi kampasnya. Padahal memeriksa kondisi komponen tersebut juga tak kalah penting. Maka periksa bagian tersebut dan ganti jika memang harus diganti.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply