Home Auto News Yamaha X-Ride Bukan Motor Offroad, Tapi …

Yamaha X-Ride Bukan Motor Offroad, Tapi …

Yamaha X-Ride, Saat ini Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mempunyai banyak motor matic di pasaran. Salah satunya yang sudah cukup lama beredar adalah Yamaha X-Ride. Motor ini dikenal masyarakat luas sebagai motor bergaya offroad. Terlihat dari hadirnya setang lebar telanjang dan bodinya yang tampak ala motor offroad.

Hanya saja walaupun bertampang ala motor trail, Yamaha X-Ride ini tidak ditujukan untuk menerjang medan offroad. Hal ini diungkapkan langsung oleh Yamaha.

“Menurut engineer kami, motor ini bukan dikhususkan untuk offroad. Bukan untuk masuk lumpur dan sebagainya, harus kami akui. Jadi taste dan desain offroad saja yang kami coba hadirkan ke X-Ride. Pemakaiannya lebih banyak di perkotaan,” jelas Dyonisius Bety, Executive Vice President PT YIMM, mengutip dari laman Liputan6.

Perlu diketahui, motor Yamaha ini dikembangkan dengan memakai basis Yamaha Mio M3 yang memiliki dimensi mungil. Itulah mengapa All New X-Ride tidak mempunyai ban pacul, suspensi jenjang seperti motor trail ataupun ground clearance yang tinggi.

Menurut spesifikasi ground clearance atau jarak terendah ke tanah Yamaha X-Ride hanya 135 mm. Jarak yang terlalu rendah bisa membuat bodi motor bagian bawah bersinggungan dengan tanah jika dipaksa dikendarai di medan tak beraspal atau bebatuan.

Tidak hanya itu saja, karena tidak memakai ban pacul atau juga dikenal ban tahu maka daya cengkeram ban ke medan offroad menjadi lebih minim. Hal ini justru akan membuat motor menjadi mudah tergelincir.

Baca juga: All New Yamaha X-Ride 125 Rilis, Apa yang Baru?

Maka dari itu All New X-Ride lebih cocok untuk dipakai di perkotaan. Apalagi fitur-fitur yang disematkan pada motor ini memang ditujukan untuk penggunaan harian di dalam kota. Seperti panel instrumen dengan eco indicator yang bisa membuat pengendara berkendara dengan hemat bahan bakar.

Juga terdapat fitur answer back system yang fungsinya memudahkan pemilik mencari motor di tempat parkir. Caranya cukup dengan menekan tombol yang ada pada remote bawaan. Maka motor akan berbunyi dengan lampu yang menyala untuk memberitahukan posisinya.

Di Indonesia harga Yamaha X-Ride 2018 mencapai Rp 17,65 juta on the road (OTR) Jakarta. Motor Yamaha ini dijual dalam empat pilihan warna, antara lain exclusive black (hitam kombinasi abu-abu), dynamic blue (biru kombinasi putih), attractive red (merah kombinasi hitam) dan freedom white (putih kombinasi oranye).

Motor matic Yamaha ini diharapkan bisa terjual 100.000 unit per tahun. Di Tanah Air Yamaha X-Ride berhadapan dengan Honda BeAT Street yang juga bergaya offroad dengan stang telanjang. Harga motor Honda itu Rp 16,125 juta on the road Jakarta.

Memang Yamaha All New X-Ride bukanlah motor matic offroad. Akan tetapi gaya offroad tampak kental pada motor ini sehingga membuatnya menarik. Apalagi fitur-fitur yang disematkan juga memadai dan membuat skutik ini layak untuk dipilih

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply