Home Auto News Detail Suzuki Jimny 2019 yang Baru Rilis

Detail Suzuki Jimny 2019 yang Baru Rilis

0 285

Suzuki Jimny 2019, Suzuki akhirnya menghadirkan All New Jimny. Seperti yang diketahui, mobil baru Suzuki ini membawa beragam perubahan yang menjangkau seluruh bagian. Mulai dari eksterior, interior hingga sektor mesin.

Pada ulasan kali ini mari kita berkenalan lebih dekat dengan SUV legendaris Suzuki ini. Kita mulai terlebih dahulu dari bagian eksterior.

Eksterior

Meski dilihat sekilas kita bisa mengetahui bahwa tampilan luar Suzuki Jimny 2019 mengalami perubahan besar. Ubahan paling mencolok terdapat pada sisi depan. Suzuki menyematkan grille depan baru dengan kisi-kisi yang disusun secara horizontal.

Untuk lampu utama tetap didesain bulat sehingga tampilan klasik tetap terjaga. Meski begitu Suzuki memadukannya dengan lampu LED untuk menghadirkan sorot lampu yang lebih terang dan hemat daya. Bagian buritan juga tampil senada dengan desain melingkar.

Suzuki Jimny generasi terbaru tampil lebih tegas. Desainnya terlihat lebih mengotak dibanding generasi sebelumnya. Desain mengotak ini terlihat dari kap mesin, samping hingga bagian belakang.

Lalu untuk bagian bumper dan bawah mobil dibalut dengan warna hitam. Fungsinya untuk melindungi area tersebut dari goresan atau serpihan batu saat mobil dipakai berkendara.

Interior

Selain sisi eksterior, dalam kabin Suzuki Jimny 2019 juga mendapat perubahan signifikan. Bahkan interior SUV Suzuki ini lebih modern dari model sebelumnya. Untuk mempercantik tampilannya Suzuki melabur seluruh kabin dengan warna hitam.

Tidak hanya itu, kabin mobil Suzuki terbaru ini juga lebih luas. Pasalnya kursi belakang dapat dilipat hingga rata. Dengan demikian pemilik akan lebih mudah untuk membawa barang-barang bawaannya.

Performa

Kini kita bahas soal performanya. Suzuki Jimny generasi ketiga dilengkapi dengan tiga mode low range transfer gear. Antara lain 2WD high gear (2H), 4WD high gear (4H), dan 4WD low gear (4L).

Baca juga: Harga Mobil Baru Suzuki Jimny 2018

Suzuki juga menyematkan fitur lain seperti Brake Limited Slip Differential. Fungsinya adalah untuk mengatur putaran ban saat ban kehilangan traksi. Sehingga kemungkinan terjadinya selip bisa diminimalisir.

Suzuki Jimny juga memiliki fitur Dual Sensor Brake Support (DSBS). Fitur ini bertugas memberikan suara dan gambar peringatan bila akan terjadi benturan dengan kendaraan y ang ada di depan.

Tidak cukup hanya itu, Suzuki Jimny 2019 juga mempunyai fitur unggulan lainnya. Antara lain Lane Departure Warning, Weaving Alert Function, High Beam Assist, Hill Hold Control dan Hill Descent Control, serta Traffic sign recognition.

Meski tampil lebih baru, Suzuki Jimny ini tetap mewarisi konsep dan teknologi dari pendahulunya yang pertama kali dirilis pada 1970. Kala itu Suzuki Jimny menjadi mobil 4WD pertama di negara asalnya, Jepang. Ketika pertama kali hadir mobil Suzuki ini diandalkan sebagai alat transportasi di lokasi pegunungan maupun jalan bersalju.

Suzuki Jimny sendiri sudah dipasarkan di 194 negara di dunia dengan total penjualan 285 juta unit. Harga mobil baru ini mulai dari Rp 190 jutaan sampai dengan Rp 268 jutaan.

Spesifikasi

Dimensi
Panjang x lebar x tinggi3.645 mm x 1.645 mm x 1.725 mm
Jarak sumbu roda 2.250 mm
Jarak pijak mobil ke tanah210 mm
Kapasitas bagasi830 liter
Kapasitas tangki BM40 liter
Mesin
TipeK15B
Jumlah Silider4 silinder
Jumlah katup16
Kapasitas silinder1.462 cc
Diameter x langkah74,0 x 85,0 mm
Tenaga maksimum73 Tk/ 6.000 rpm
Torsi maksimum130 Nm/4.000 rpm
Sistem bahan bakarMulti injection
Transmisi
Manual 5 percepatan
Otomatis4 percepatan
Sistem kemudiRecirculating ball
Sistem Pengereman
  DepanSolid disc
  BelakangDrum, leading and trailing
Sistem suspensi
Depan 3-link rigid axle with coil spring
Belakang3-link rigid axle with coil spring
Ukuran Ban80 R15/195
Total berat1.435 kg

Source: mobil baru 2019, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply