Home Auto News Euro IV Segera Berlaku di Indonesia

Euro IV Segera Berlaku di Indonesia

0 168

Euro 4, Dalam waktu dekat Indonesia akan memberlakukan aturan Euro IV. Dengan begitu  maka mobil-mobil yang beredar di Tanah Air harus memenuhi standar emisi Euro IV. Informasi ini disampaikan langsung oleh Yohanes Nangoi, ketua umum asosiasi kendaraan bermotor di Indonesia, Gaikindo.

“Otomotif harus menyiapkan kendaraan Euro IV ready untuk kendaraan bensin. Jadi pada saat bulan Oktober kendaraan yang dikeluarkan Euro IV,” jelasnya, mengutip dari Otosia.

Rencananya Euro IV akan berlaku pada bulan Oktober, setelah adanya peraturan yang melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Perindustrian. Regulasi ini terdapat dalam Peraturan Menteri (PERMEN) LHK No.p.20/MENLHK/SETJEN/KUM. 1/3/2017, tentang baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe Euro 4.

Lantas bagaimana nasib kendaraan-kendaraan sebelumnya?

Untuk diketahui, saat ini sebagian besar mobil yang beredar di Indonesia masih memenuhi standar Euro II. Bahkan mobil tua pun juga masih banyak ditemui di jalanan.

Mengenai hal tersebut, Yohanes mengungkapkan tidak ada masalah untuk kendaraan yang sudah beredar. Menurutnya mobil-mobil tersebut nantinya akan menggunakan bahan bakar dengan standar emisi baru.

“Jadi begitu beredar (aturan Euro IV dan bahan bakarnya), (mobil lama) diisi dengan bahan bakar Euro IV malah lebih baik. Enggak ada masalah,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa pabrikan mobil sudah siap untuk memasuki era Euro IV. “Kami sudah siap semua, jadi sesuai dengan peraturan KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dan pembicaraan dengan Kemenperin maka otomotif harus menyiapkan kendaraan Euro4 harus sudah siap. Jadi, Oktober semua kendaraan yang keluar dari pabrik adalah Euro IV,” paparnya.

Pertamina sendiri telah siap menyediakan BBM setara Euro IV. “BBM berkualitas dan ramah lingkungan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, apalagi produsen otomotif telah mensyaratkan BBM berkualitas tinggi dengan oktan 92 untuk kendaraan di atas tahun 2010,” kata Arya Dwi Paramita, Manager External Communication PT Pertamina (Persero) pada acara Obrolan Ringan Otomotif, Mitos & Fakta, Seputar BBM dan Pelumas, Maret 2018 kemarin.

Ada beberapa kilang Pertamina yang disiapkan untuk menghasilkan bahan bakar minyak (BBM) berkualitas tinggi seperti Pertamina Dex, Pertamax dan Pertamax Turbo. Antar alain Balikpapan, Balongan dan Cilacap.

Arya mengungkapkan sesuai Peraturan Menteri, BBM berkualitas tinggi dan ramah lingkungan akan menjadi pilihan masyarakat. Selain itu Penyediaan BBM berkualitas juga merupakan komitmen Pertamina untuk menekan pencemaran udara dan menjamin efisiensi kendaraan.

Sebagai tambahan, berdasarkan laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, polusi di sejumlah kota besar di Indonesia telah melebihi batas baku mutu udara yang sehat.

Sebagai contoh, Jakarta per Januari 2017 – Januari 2018 kualitas udaranya menembus angka 35 ug/m3, melampaui standar WHO yang mencapai 25 ug/m3. Penyebab utamanya adalah gas buang kendaraan bermotor yang memakai BBM berkualitas rendah.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply