Home Auto News Motor Baru Honda Akan Rilis, Motor Sport?

Motor Baru Honda Akan Rilis, Motor Sport?

0 65

Motor Baru Honda, Kabar baik datang dari PT Astra Honda Motor (AHM). Pasalnya agen pemegang merek Honda di Indonesia itu akan menghadirkan motor baru. Informasi ini terungkap dalam undangan yang mereka kirim.

“Sehubungan dengan pengenalan produk baru sepeda motor Honda, bersama ini kami mengundang Bapak/Ibu atau jurnalis yang ditugaskan untuk hadir dalam press conference yang diselenggarakan pada Jumat, 13 Juli 2018,” Tulis AHM dalam surat elektronik, dikutip dari Oto.

Yang jadi pertanyaan motor Honda terbaru apa yang akan hadir?

Tidak terlalu sulit jika diminta untuk menebak. Sebab ada setidaknya dua kemungkinan, yakni Honda PCX Hybrid dan CB150R Streetfire facelift.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, tepatnya pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 Honda memperkenalkan PCX Hybrid. Hanya saja harga resmi motor matic Honda itu belum diumumkan. Bisa jadi pengumuman harga Honda PCX Hybrid dilakukan secara terpisah. Sekaligus mengadakan sesi test ride untuk mengetahui kemampuan motor tersebut.

Selain itu Honda CB150R Streetfire facelift juga berpeluang kuat hadir. Sebab motor sport naked ini sudah beredar 3 tahun dan belum mendapat ubahan setelah berganti generasi. Yang ada hanya perubahan skema warna saja.

Di sisi lain penjualan Honda CB150R menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) juga mengalami penurunan. Pada Maret 2018 kemarin penjualannya 9.114 unit. Lalu turun di bulan April menjadi 7.694 unit. Sempat naik tipis pada Mei 2018 dengan torehan 6.746 unit. Hanya saja pada bulan berikutnya, Juni 2018 distribusi motor ini terjun bebas di angka 1.965 unit.

Tidak hanya itu saja, dugaan kehadiran CB150R terbaru ini juga didasari dari munculnya kode baru motor Honda pada laman Badan Pajak dan Retribusi DKI Jakarta. Tertulis A5C02R37M2 MT atau motor dengan transmisi manual. Biasanya setelah kode motor muncul peluncurannya dilakukan dalam waktu dekat.

Baca juga: Honda CB150R Indonesia vs Thailand, Mana yang Menggoda?

Memang untuk saat ini tidak ada informasi mengenai ubahan yang akan diberikan pada pesaing Yamaha Vixion ini. Akan tetapi kemungkinan motor sport Honda ini akan mengusung desain global Honda untuk model CB. Seperti bagian lampu berbentuk bulat yang seperti CB150R Exmotion untuk pasar Thailand atau flagship CB1000R. plus pemakaian suspensi depan upside down.

Yamaha Vixion R yang menjadi pesaing Honda CB150R Streetfire juga mempunyai spesifikasi mumpuni sehingga tidak boleh diremehkan Honda. Motor sport berlogo tiga garputala itu menawarkan fitur assist & slipper clutch yang dapat memudahkan perpindahan gigi transmisi. Selain itu mesinnya menggunakan katup variabel sehingga dapat mengeluarkan performa yang lebih baik.

Sementara itu Honda CB150R yang beredar di Indonesia saat ini mempunyai beberapa fitur. Sepertil ampu depan, rem belakang dan sein yang sudah LED. Honda juga sudah membekalinya dengan instrument cluster full digital yang memuat banyak informasi. Seperti speedometer, konsumsi bensin, putaran mesin dan lain-lain.

Motor Honda ini memakai mesin berkapasitas 149,16 cc dengan konfigurasi 1 silinder, 4-tak, DOHC berpendingin cairan. Torsi mesin ini mencapai 13,8 Nm pada 7.000 rpm dengan daya maksimum 16,6 hp pada 9.000 rpm. Tenaga ini disalurkan ke roda belakang lewat transmisi manual 6-percepatan.

Pembaruan pada Honda CB150R bisa menggairahkan pasar motor sport 150 cc sekaligus mendongkrak penjualan motor itu sendiri. Selain ubahan pada sisi tampilan, fitur dan mesin juga patut untuk dipertimbangkan. Mengingat performa CB150R Streetfire kalah dengan Suzuki GSX-S150. Serta fitur-fitur unggulan Yamaha Vixion R yang bisa menjadi ancaman bagi nakedbike berlogo sayap mengepak itu.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply