Home Auto News Mitsubishi Mirage Bakal Tidak Dijual Lagi di Indonesia?

Mitsubishi Mirage Bakal Tidak Dijual Lagi di Indonesia?

Mitsubishi Mirage, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) boleh bergembira karena memiliki Xpander. Seperti yang kita ketahui, sejak hadir di Indonesia Mitsubishi Xpander menjadi pusat perhatian masyarakat. Bahkan penjualannya bisa melampaui Toyota Avanza yang selama ini berjaya di segmen low MPV.

Hanya saja nasib baik Xpander tidak menular ke Mitsubishi Mirage. Penjualannya memburuk meski sempat mendapat penyegaran. Bahkan pada bulan April sampai Juni 2018 distribusi Mirage kosong. Hal ini seakan menjadi tanda bahwa kiprah Mitsubishi Mirage di Indonesia akan segera berakhir.

Di sisi lain Bambang Kristiawan, Head of PR & CSR Department PT MMKSI dalam kesempatan Press Conference GIIAS 2018 tidak menyebutkan Mirage turut hadir dalam booth Mitsubishi di pameran tersebut. “Mobil yang akan kami display di GIIAS 2018 ini ada Pajero Sport, Outlander Sport, Xpander, dan Triton,” kata dia, mengutip dari laman Kumparan.

Jika melihat ke belakang, mobil Mitsubishi ini masih dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang berlangsung bulan April kemarin. Sementara itu, Intan Vidiasari, Deputy Group Head of Planning and Communication Group PT MMKSI mengatakan bahwa nasib Mirage kedepannya akan diumumkan di GIIAS.

“Mirage sih sampai sekarang masih jualan, tapi volume tidak begitu besar. Jadi kelanjutannya Mirage nanti kami umumkan di GIIAS yah,” ungkapnya.

Mengingat penjualan yang tidak cemerlang, bukan tidak mungkin Mitsubishi Mirage nantinya disuntik mati dan tidak dijual lagi di Indonesia. Hanya saja Intan belum bersedia untuk memberikan informasi apakah MMKSI nantinya akan menghadirkan mobil baru yang akan menggantikan posisi Mirage jika benar nantinya tidak dijual lagi di Tanah Air.

Sebagai informasi, penurunan penjualan Mitsubishi Mirage mulai terasa di antara tahun 2015-2016. Pada tahun 2015 penjualannya mencapai 6.551 unit. Sedangkan di tahun 2016 mengalami penurunan cukup besar, yakni 2.925 unit.

Tidak berhenti sampai di situ, pada tahun 2017 kemarin penjualan mobil ini kembali turun, yakni 1.674 unit saja. Sedangkan tahun ini, sepanjang Januari-Maret 2018 penjualannya hanya 259 unit. Lalu untuk April-Juni 2018 tidak ada penjualan alias nihil.

Sebenarnya Mitsubishi Mirage mempunyai spesifikasi dan fitur yang cukup menarik. Mobil ini tampil dengan mengedepankan desain elegan dan sporty.

Baca juga: Suzuki Ignis GX AGS vs Mitsubishi Mirage Exceed CVT

Di sisi luar terdapat fog lamp, rear spoiler with LED Lamp, Wiper, Auto Folding Door Mirror, Spacious Luggage, dan Short Type Antenna yang juga tersedia pada Mirage lama. Lalu untuk pelek terdapat dua ukuran, yakni 15 inci untuk tipe GLS dan 14 inci untuk tipe GLX.

Untuk bagian interior, Mitsubishi Mirage dilengkapi dengan Multi Information Display (MID). Juga terdapat fitur 60:40 split and adjustable headrest for second row seat. Dengan demikian pengguna dapat menyesuaikan luas bagasi dengan mudah. Mirage juga memiliki fitur ISOFIX yang bisa dimanfaatkan untuk memasang tempat duduk bayi.

Mobil ini tetap mengandalkan mesin MIVEC berkapasitas 1,2 liter dengan 12 valve dan dipadukan transmisi CVT. Sebagai pelengkap masih ada beberapa tawaran fitur menarik lainnya. Yakni Keyless Operating System (KOS), OneStart Stop System (OSS), Dual SRS Airbag, ECO indicator lamp, 3 point ELR, Rise Body, Immobilizer (exceed), Brake system 4 ABS + EBD (exceed).

Harga Mitsubishi Mirage tipe GLX di Indonesia mencapai Rp 173 juta. Lalu untuk tipe GLS dibanderol dengan harga Rp 185 juta. Sedangkan tipe Exceed yang menjadi tipe tertinggi dipatok Rp 197,5 juta.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply