Home Auto News Spesifikasi dan Harga Honda PCX Hybrid 2018 Indonesia

Spesifikasi dan Harga Honda PCX Hybrid 2018 Indonesia

0 144

Honda PCX Hybrid, PT Astra Honda Motor (AHM) mempunyai satu senjata baru untuk bersaing di pasar motor matic premium. Produk itu adalah Honda PCX Hybrid yang diperkenalkan pertama kali di IIMS 2018. Akhirnya kini motor Honda itu resmi dipasarkan.

Hanya saja tidak ada seremonial atas resminya PCX Hybrid dijual di Indonesia. Lalu berapa harga motor matic Honda ini?

Menurut keterangan tertulis harga Honda PCX Hybrid mencapai Rp 40,3 juta. Itu artinya lebih mahal Rp 12,5 juta dari PCX standar dan lebih tinggi 9,5 juta dari PCX dengan fitur ABS.

Toshiyuki Inuma, President Director AHM mengatakan All New Honda PCX Hybrid merupakan kendaraan roda dua pertama di dunia yang hadir di tengah masyarakat Indonesia yang menyukai kendaraan berteknologi tinggi dengan mengutamakan kenyamanan maupun tampilan yang elegan.

“All New Honda PCX Hybrid ini merupakan salah satu bentuk konsistensi AHM untuk terus berusaha menyuguhkan kendaraan dengan inovasi terbaru seiring dengan berkembangnya bermacam gaya hidup masyarakat Indonesia. Berbagai macam fitur yang disematkan pada model ini kami dedikasikan untuk memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan kebanggaan saat berkendara,” ungkapnya.

Desain

Honda PCX Hybrid mempunyai desain yang mirip dengan versi standar. Hanya saja ada tambahan emblem hybrid yang disematkan di sayap depan kanan dan kiri. Selain itu juga terdapat aksen biru pada alis lampu utamanya hingga panel instrumen dengan indikator pengecasan baterai. Selain itu kapasitas bagasi berkurang, dari 28,8 liter menjadi 23,2 liter karena ada bagian yang dipakai untuk tempat baterai.

Baca juga: 3 Fakta Honda PCX Hybrid 2018

Secara keseluruhan motor ini dibalut dengan warna Hybrid Blue. Juga terdapat lampu LED yang tersemat pada seluruh sistem pencahayaan sehingga membuatnya semakin elegan.

Performa

Teknologi hybrid yang disematkan pada skuter matik ini bekerja ketika tuas gas diputar secara spontan. Tenaga motor assist yang diperoleh dari baterai lithium-ion ini dapat meningkatkan torsi sehingga membuat akselerasi PCX Hybrid lebih responsif dibanding versi standar.

Dengan performa tersebut Honda Hybrid diklaim dapat menghemat lebih dari 2,2% penggunaan bahan bakar berdasarkan pengujian EURO 3 dengan metode ECE R40.

Honda PCX Hybrid memang bukan ditujukan untuk mendongkrak efisiensi bahan bakar, melainkan untuk menambah tenaga sampai 1,8 dk. Cara kerjanya baterai 50,4 volt itu menyalurkan tenaga pada Power Drive Unit (PDU) atau otak dari teknologi Hybrid.

Kemudian daya tersebut diteruskan pada ACG Starter sehingga membuatnya berputar lebih cepat serta memadukannya pada putaran mesin yang lebih bertenaga. Dengan kata lain sistem tersebut bekerja seperti booster tenaga ketika tuas gas diputar secara spontan.

Menurut data spesifikasi, Honda PCX Hybrid juga dipersenjatai mesin berkapasitas 150 cc. Dengan mesin ini motor itu mempunyai tenaga setidaknya 14,5 dk pada putaran 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm pada 6.500 rpm.

Lalu untuk motor assist mempunyai tenaga 1,8 dk pada 3.000 rpm dan torsi 4,3 Nm pada putaran mesin yang sama. Untuk diketahui, tenaga motor assist ini disalurkan saat tuas gas diputar spontan dan mencapai putaran mesin 3.000 rpm.

Mode Berkendara

Honda juga menambahkan mode berkendara yang terdapat pada setang sebelah kiri. Ada tiga pilihan mode berkendara yang bisa dipilih, yakni Drive mode, Sport Mode dan Idling Mode.

Mode D atau Drive Mode bisa membuat motor menghasilkan performa yang bertenaga namun hemat bahan bakar. Mode ini menjadi mode standar saat motor matic dihidupkan pertama kali.

Mode S atau Sport Mode bekerja dengan menawarkan akselerasi yang lebih responsif dari mode D. lalu untuk Idling Mode akan menghentikan fitur Idling Stop System (ISS) dengan tenaga yang sama seperti mode D.

Ketiga mode ini akan berfungsi saat motor assist memberikan dukungan tenaga bagi skutik bertenaga 150cc ini. Mode berkendara dapat digunakan saat sedang berkendara ataupun saat berhenti. Caranya dengan menekan tuas di grip bagian kiri yang menyerupai tombol passing seperti yang ada pada motor sport.

Fitur Lain

Di samping itu Honda PCX Hybrid juga mengusung teknologi Enhanced Smart Power (eSP). Teknologi ini membuat mesin minim gesekan, dengan efisiensi pendinginan dan transmisi sehingga menawarkan performa yang terbaik.

Honda juga membekali motor matic ini dengan fitur DC socket untuk power charger yang terdapat pada konsol box sisi depan. Selain itu masih ada fitur Smart Key System baru yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan Answer Back System.

Motor matic bongsor ini juga mengusung ban yang lebih lebar. Bagian depan berukuran 100/80-14 dan bagian belakang 120/70-14. Velg berdesain baru yang tersemat pada motor ini membuat tampilan kaki-kaki semakin menarik.

Fitur lain yang bisa Anda temui pada motor ini adalah Seat stopper. Fungsinya untuk menahan posisi jok supaya tidak tertutup ketika sedang menyimpan atau mengeluarkan barang.

Motor ini juga mempunyai posisi berkendara yang nyaman, plus suspensi ganda di belakang sehingga membuat perjalanan lebih nyaman. Fitur lainnya yang ada pada motor matic premium ini adalah sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS), full digital panel meter dengan tampilan lebih informatif melalui fitur riding mode, level pengisian baterai dan indikator baterai lithium.

Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM mengatakan PCX Hybrid merupakan motor matic hybrid pertama yang diproduksi langsung oleh Indonesia. Model ini juga sudah siap didistribusikan ke seluruh Wing dealer dan Big Wing dealer Honda yang ada di Indonesia.

“All New Honda PCX Hybrid yang mulai kami perkenalkan pada April lalu mendapat sambutan luar biasa. Hingga kini, kami telah menerima sekitar 100 pesanan dari seluruh Indonesia. Kami akan segera mengirimkan motor hybrid produksi anak bangsa ini ke rumah para konsumen tercinta,” jelasnya.

Motor ini ditargetkan dapat terjual hingga 2.000 unit. Sedangkan unitnya dirakit di pabrik AHM yang berada di Sunter bersamaan dengan Honda PCX standar.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply