Home Auto News Tips Hindari Jalur Ganjil-Genap dengan Google Maps

Tips Hindari Jalur Ganjil-Genap dengan Google Maps

0 110

Jalur Ganjil-Genap, Bagi Anda yang tinggal di kawasan DKI Jakarta tentu sudah tidak asing dengan kebijakan ganjil-genap. Dan Anda mungkin juga sudah tahu jika ada perluasan penerapan kebijakan ini. Kebijakan tersebut diberlakukan di sejumlah jalan arteri DKI Jakarta dan sudah diuji coba sejak 2 Juli lalu oleh Kementerian Perhubungan melalui Badan pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Perluasan penerapan kebijakan ganjil-genap ini dilakukan sehubungan dengan akan berlangsungnya Asian Games 2018. Untuk itu pihak yang berwenang telah melakukan sosialisasi, tak terkecuali membantu pengendara mencari alternatif jalur lewat aplikasi.

Bambang Prihartono, Kepala BPTJ mengatakan Google Maps telah melakukan pembaruan aplikasi dan disesuaikan dengan rekayasa lalu lintas yang telah ditetapkan. Dengan pembaruan ini masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan fitur terbaru Google Maps sebagai panduan untuk mengetahui jalur yang harus dilalui tanpa melanggar kebijakan ganjil-genap yang diberlakukan.

Anda yang mempunyai smartphone atau ponsel pintar bisa mencobanya sendiri. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  • Pastikan pada smartphone Anda telah terinstal Google Maps versi terbaru. Anda bisa mengeceknya langsung di Play Store atau Apps Store.
  • Pastikan GPS smartphone Anda dalam keadaan menyala.
  • Buka aplikasi Google Maps, lalu ketikkan tujuan Anda dan tekan OK.
  • Aplikasi akan menampilkan rute yang harus dilalui. Kemudian tekan tulisan “Menghindari jalan khusus pelat nomor ganjil/genap”.

  • Selain tap tulisan “menghindari jalan khusus pelat nomor ganjil/genap”, Anda juga bisa akses pengaturan dengan tap estimasi waktu dan jarak yang ditempuh. Jika memakai cara ini, maka berikutnya akan muncul jendela baru. Pilih menu Hindari Jalan Ganjil-Genap”.

  • Setelah itu akan muncul opsi yang bisa Anda pilih sesuai dengan pelat kendaraan Anda. Jika memiliki pelat nomor ganjil maka pilihlah opsi “Anda memiliki pelat nomor ganjil”, begitu pula sebaliknya. Penentuan pelat ganjil atau genap ini berdasarkan satu angka yang ada di belakang.

  • Kemudian akan muncul rute yang harus Anda lewati. Dalam peta nanti akan Anda temui tulisan apakah rute tersebut untuk pelat ganjil atau genap saja.

Adanya aplikasi seperti ini tentu saja akan memudahkan kita untuk mencari rute alternatif sebelum bepergian. Dengan begitu kita bisa tetap berkendara dengan nyaman tanpa perlu bingung mencari jalan.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply