Home Auto News Honda PCX Listrik Juga Ikut Hadir di Indonesia?

Honda PCX Listrik Juga Ikut Hadir di Indonesia?

Honda PCX, Honda tampaknya punya strategi tersendiri untuk mencuri perhatian para pecinta motor matic bongsor. Tidak seperti pesaingnya, Yamaha yang menghadirkan beberapa pilihan motor matic bongsor, Honda justru menghadirkan varian-varian PCX terbaru.

Seperti yang diketahui, sebelumnya PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai agen tunggal pemegang merek Honda di Indonesia menghadirkan Honda PCX standar. Kemudian menyusul Honda PCX Hybrid yang memadukan mesin bensin dan listrik. Motor ini baru saja resmi dipasarkan dengan harga Rp 40,4 juta on the road DKI Jakarta.

Tidak berhenti sampai di situ, AHM juga berniat menghadirkan varian lain dari motor Honda ini. Rencananya pihak AHM akan meluncurkan Honda PCX EV (Electric Vehicle). Berbeda dengan versi hybrid, motor ini mengandalkan teknologi listrik murni sebagai penggerak.

Rencana ini sendiri disampaikan langsung Thomas Wijaya, Director Marketing PT AHM usai mengumumkan harga Honda PCX Hybrid beberapa waktu lalu. Jika tidak ada halangan ia mengatakan Honda PCX EV akan hadir di akhir tahun 2018 ini.

“Yang kemarin (PCX EV) sudah di launching di Tokyo Motor Show. Jadi memang kami (Honda) ada PCX standar, Hybrid dan EV,” jelasnya, dikutip dari Liputan6.

Kehadiran Honda PCX EV ini dikarenakan produk ini sendiri bukan hanya untuk produk dalam negeri, namun juga dipasarkan secara global. Hanya saja belum dapat dipastikan kapan motor Honda terbaru ini meluncur.

Sebelumnya PCX standar dan Hybrid diproduksi di Indonesia. Nantinya PCX EV juga ikut diproduksi di Tanah Air.

Hanya saja untuk kandungan komponen lokal kemungkinan tidak lebih tinggi dari model standar ataupun hybrid mengingat teknologi yang dibawa PCX tergolong baru. Komponen utama PCX EV seperti baterai dan motor listrik dianggap belum dapat dipenuhi di dalam negeri.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Honda PCX Hybrid Indonesia

Honda PCX standar sendiri mempunyai kandungan komponen lokal mencapai 98 persen. Sedangkan Honda PCX Hybrid sedikit lebih rendah, yakni 95 persen.

Thomas mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan produksi dengan menyiapkan line perakitan. Hanya saja tidak disebutkan di pabrik mana motor ini akan dirakit. Untuk model hibrida sendiri diproduksi di pabrik Honda yang berada di Sunter.

Honda Motors Co Ltd menghadirkan PCX EV untuk memimpin upaya pengurangan emisi gas buang. Motor matic Honda ini dikembangkan berdasarkan model skuter PCX yang telah populer di seluruh dunia.

Honda PCX EV mempunyai panjang 1.923 mm, lebar 745 mm dan tinggi 1.107 mm. di samping itu PCX EV ini dibekali motor dengan baterai Li-ion yang dapat dilepas (Honda Mobile Power Pack). Output baterai tersebut diklaim mencapai 0,98 kW.

Kehadiran Honda PCX listrik bisa jadi tanda dimulainya era motor listrik di Indonesia. Sejauh ini yang sudah terjun di pasar motor listrik adalah Viar dengan Q1, Zero Motorcycle dan Terra Motors. Sleain itu juga akan hadir Gesits yang merupakan buatan anak bangsa.

Bukan tidak mungkin nantinya merek-merek ternama lain seperti Yamaha dan Suzuki ikut menghadirkan motor matic listrik di Tanah Air. Selain menjadi tren, kendaraan dinilai menjadi salah satu solusi untuk menekan polusi udara serta meminimalisir efek pemanasan global. Tinggal bagaimana pemerintah membuat kebijakan terkait kendaraan listrik.

Sebab teknologi listrik pada kendaraan saat ini masih tergolong teknologi mahal yang membuat harga kendaraan melambung tinggi. Solusi yang diambil bisa berupa subsidi terhadap merek yang memasarkan motor listrik sesuai dengan ketentuan yang dibuat pemerintah sehingga harga motor listrik bisa lebih terjangkau dan diminati masyarakat.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply