Home Auto News Yamaha Grand Filano Hybrid, Mungkinkah Hadir di Indonesia?

Yamaha Grand Filano Hybrid, Mungkinkah Hadir di Indonesia?

0 188

Yamaha Grand Filano Hybrid, Pabrikan motor Jepang tampaknya mulai serius untuk menghadirkan motor hybrid di kawasan Asia Tenggara. Setelah Honda PCX Hybrid hadir untuk pasar Indonesia, kini Yamaha meluncurkan Grand Filano Hybrid di Thailand.

Yamaha Grand Filano ini diklaim hadir untuk penggunaan perkotaan. Bagi konsumen yang berminat, harga Yamaha Grand Filano Hybrid ini mencapai THB 62.000 atau Rp 26 jutaan.

Di Negeri Gajah Putih motor Yamaha ini tersedia dalam dua varian, yakni non-ABS dan ABS. sedangkan untuk sektor performa Yamaha membenamkan mesin Blue Core berkapasitas 125 cc satu silinder dengan EFi. Pabrikan motor berlogo tiga garputala itu mengombinasikan dapur pacu itu dengan Smart Motor Generator.

Dengan begitu Grand Filano bisa mendapat daya listrik ekstra sekaligus menghemat bahan bakar dalam kondisi tertentu. Grand Filano Hybrid memakai transmisi CVT. Yamaha juga menyematkan engine start-stop Yamaha Blue Core Efficiency.

Fitur-fitur yang dibawa Yamaha Grand Filano Hybrid cukup modern. Selain fitur di atas masih ada lagi fitur keyless, lampu depan dan belakang LED hingga USB untuk mengisi daya gadget.

Di balik jok terdapat bagasi berkapasitas 27 liter yang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan barang bawaan. Skuter matik bergaya klasik ini juga mempunyai footpeg penumpang yang mudah diangkut. Selain itu Yamaha juga menyematkan panel instrumen warna TFT-LCD di kokpit.

Melirik sektor roda, Yamaha Grand Filano Hybrid memakai pelek berukuran 12 inci. Untuk suspensi memakai garpu teleskopik konvensional dengan shockarmber yang dipasang pada swingarm. Lalu sistem pengereman memakai cakram hidrolik untuk roda depan dan rem drum di bagian belakang.

Motor matic Yamaha ini mempunyai tangki bahan bakar berkapasitas 4,4 liter, dengan berat 102 kg.

Dijual di Indonesia?

Mungkin Anda tidak asing dengan motor ini. Sebab PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pernah menghadirkan skuter matik retro ini. Motor ini diimpor utuh (CBU) dari Thailand pada Juni 2015 dalam jumlah terbatas, yakni 350 unit saja.

Atas hal tersebut mencuat pertanyaan apakah PT YIMM nantinya juga akan menghadirkan versi hybrid di Tanah Air.

Sayangnya pihak YIMM mengungkapkan saat ini pihaknya belum tertarik untuk membawa lagi Grand Filano ke Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Manager Marketing PT YIMM, Antonius Widiantoro.

“Sejauh ini belum ada rencana lagi untuk membawa Grand Filano terbaru ke Indonesia,” ungkapnya, mengutip dari KompasOtomotif.

Baca juga: Honda Vario 125 vs Yamaha Lexi

Sementara itu, Yordan Satriadi, Assistant GM Marketing PT YIMM mengatakan strategi yang diterapkan masing-masing negara berbeda-beda. Untuk pasar Indonesia sendiri Yamaha mempunyai produk dengan teknologi serupa hybrid dalam hal performa.

Teknologi yang dimaksud adalah VVA (Variable Valve Actuation). Teknologi ini kurang lebih merupakan power assist yang dapat membuat mesin irit bahan bakar namun tetap bisa menghasilkan performa yang bagus.

Selain itu Yordan juga tidak dapat memastikan kehadiran Grand Filano di Indonesia. Sebab pihaknya fokus pada jajaran MAXI.

“Jadi kalau ditanya ke depannya hybrid Yamaha di Indonesia seperti apa, kami harus wait and see. Sampai saat ini kami masih fokus untuk Maxi (Lexi, NMax, XMax dan TMax),” kata dia, dikutip dari Liputan6.

Saat dipasarkan di Indonesia tahun 2015 lalu harga Yamaha Grand Filano mencapai Rp 28 juta. Jauh lebih tinggi dari skutik Yamaha bermesin 125 cc lainnya seperti Mio M3, Soul GT dan lain sebagainya.

Jadi untuk Anda yang tertarik membeli motor matic Yamaha ini harap bersabar. Tunggu informasi selanjutnya dari YIMM.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply