Home Motor Motor Sport Harga Yamaha RX-King Bisa Mahal, Apa Alasannya?

Harga Yamaha RX-King Bisa Mahal, Apa Alasannya?

Yamaha RX-King, Motor tua hingga saat ini tidak benar-benar punah. Sebab masih ada sebagian masyarakat yang menyukai motor jadul alias jaman dulu. Motor ini biasanya mempunyai tampilan yang kental dengan kesan klasik.

Tidak hanya tampilannya saja yang unik, motor jadul juga bisa dijual mahal. Seperti Yamaha RX-King yang bisa laku hingga ratusan juta rupiah. Tentu ini menjadi hal yang menarik mengingat usianya tak lagi muda dan juga spesifikasinya yang sudah ketinggalan zaman. Lantas apa yang membuat Yamaha RX-King bisa dijual dengan harga tinggi?

Salah satu alasannya adalah karena motor Yamaha tersebut sudah tidak diproduksi oleh pabrikan, padahal peminatnya sendiri masih banyak di Indonesia. Karena peminatnya banyak dan stok motor sedikit, maka harga Yamaha RX-King di pasaran menjadi mahal.

Sekedar informasi, belum lama ini ada sebuah Yamaha RX-King yang dijual Rp 300 juta. Motor ini merupakan keluaran tahun 1997 dengan keaslian yang tetap dipertahankan sejak pertama kali dirakit.

Uniknya lagi rupanya motor tersebut tidak pernah dipakai sejak pertama kali dibuat. Kondisi ini biasa dikenal dengan sebutan new old stock. Itulah mengapa pemilik berani membanderolnya dengan harga setara mobil baru. Yamaha RX-King ini sebenarnya sempat ditawar Rp 175 juta oleh seseorang. Hanya saja sang pemilik tidak menerimanya.

Tidak cukup sampai di situ, juga ada RX-King yang berhasil terjual dengan harga Rp 150 juta. Motor ini juga tidak pernah dipakai sejak pertama kali dibeli. Pembelinya merupakan kolektor yang ingin memiliki Yamaha RX-King yang sudah tidak diproduksi lagi di Indonesia.

Yang juga tak kalah menarik terjadi pada acara Otobursa Tumplek Blek 2018. Ada satu unit Yamaha RX-King yang dijual Rp 50 juta. Motor ini milik Gilber Ciputra dari King’s Club Djakarta. Motor ini merupakan model Special Edition keluaran 2003 yang menjadi perayaan hari jadi RX-King yang ke-20 tahun.

Baca juga: Motor Jadul Honda, Yamaha dan Suzuki Pertama di Indonesia

“Jadi sekarang itu kolektor-kolektor ditawarkan dengan harga tinggi. Kalau berani sekian, kalau nggak mau ya sudah disimpan lagi motornya. Toh, barangnya juga (harganya) nggak akan turun. Bahkan suatu saat malah lebih tinggi lagi,” ungkap Putra, dikutip dari laman detikOto.

Ia menambahkan perkembangan komunitas RX King sudah sangat pesat. Hal inilah yang membuat peminat Yamaha RX-King semakin banyak. Sedangkan di sisi lain populasi motor sedikit.

“Jadi motor RX-King sekarang bisa mahal karena ada pengaruhnya dari perkembangan komunitas RX-King sendiri. Saya yakin ke depan motor RX-King ini akan lebih mahal lagi. Walaupun ratusan juta juga tetap dibayarkan oleh kolektor,” ujarnya.

Bagaimana, apakah Anda juga tertarik untuk membeli Yamaha RX-King dengan banderol harga yang tergolong fantastis untuk sebuah motor tua?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply