Home Auto News Bocoran Suzuki Ciaz Terbaru, Andalkan Mesin Ertiga?

Bocoran Suzuki Ciaz Terbaru, Andalkan Mesin Ertiga?

0 155

Suzuki Ciaz, Salah satu merek mobil asal Jepang, Suzuki digosipkan tengah menyiapkan model terbaru Ciaz. Sedan ini kabarnya akan hadir pada Agustus mendatang. Lantas apa saja yang baru dari mobil Suzuki ini?

Suzuki Ciaz facelift akan mendapat perubahan di sisi eksterior dan interior. Hal ini tampak pada video teaser yang dirilis Maruti Suzuki.

Dari sisi eksterior mobil baru ini terlihat mengusung grille dengan desain segar dan dibalut warna krom. Di samping itu mobil ini mengandalkan lampu utama yang lebih tajam dan terlihat dinamis. Suzuki juga sudah membenamkan LED DRL (Daytime Running Light) dan proyektor pada sistem pencahayaannya. Sedangkan bumper depan juga terlihat lebih segar sehingga membuat eksterior semakin menarik.

Belum ada informasi seperti apa tampilan belakang Suzuki Ciaz ini. Walaupun demikian tidak menutup kemungkinan Suzuki juga menyematkan lampu LED, berikut bumper dengan desain baru.

Di bagian interior perubahan yang diberikan Suzuki tidak terlalu signifikan. Interior mobil ini disebut-sebut mempunyai nuansa yang lebih mewah dengan plastik dan material baru. Lalu untuk warna kayu dibuat lebih terang, dengan sedikit perubahan dalam warna interior keseluruhan. Suzuki nanti akan menyematkan fitur cruise-control pada sedan ini. Selain itu juga ada pembaruan sistem hiburan.

Lalu untuk bagian dapur pacu, Suzuki Ciaz facelift akan memakai mesin baru berkapasitas 1.500 cc K-series dengan bahan bakar bensin. Mesin ini sebelumnya dipakai pada Suzuki Ertiga yang ada di Indonesia. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 104 hp dengan torsi puncak 130 Nm.

Di samping itu nanti Suzuki Ciaz facelift juga ditawarkan dalam pilihan mesin diesel DDiS berkapasitas 1.300 cc. Diprediksi tenaganya bisa mencapai 89 hp dengan torsi menembus angka 200 Nm.

Baca juga: Detail Suzuki Jimny 2019

Hanya saja belum ada bocoran tentang harga Suzuki Ciaz 2018 ini. Untuk informasi, di India Suzuki Ciaz dibanderol dengan harga 783 ribu Rupee atau sekitar Rp 164 jutaan sampai dengan 1,151 juta Rupe atau Rp 241 jutaan.

Sedan ini sendiri juga dijual di Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memasarkan Ciaz dengan banderol harga mulai Rp 282 jutaan sampai Rp 292 jutaan. Sayangnya Suzuki Ciaz di Indonesia tidak begitu populer.

Menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Suzuki Ciaz hanya berhasil mencapai 120 unit di tahun 2015. Lalu pada tahun 2016 turun mencapai 35 unit. Di tahun 2017 hanya 30 unit dan sejauh ini di tahun 2018 Suzuki belum berhasil menjual satu unit Ciaz.

Ada setidaknya dua alasan yang membuat mobil ini kurang diminati. Yakni sepinya pasar sedan dan status mobil yang CBU (Completely Built-Up) atau diimpor utuh dari Thailand.

Untuk itu saat ini jangan terlalu berharap Suzuki Ciaz facelift akan segera hadir di Indonesia. Bisa jadi Suzuki tengah fokus pada segmen lain atau menunggu saat yang tepat untuk menghadirkan mobil ini. Bagaimana menurut pendapat Anda?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply