Home Auto News Pelat Nomor Kendaraan Ganti Warna Putih

Pelat Nomor Kendaraan Ganti Warna Putih

0 104

Pelat Nomor, Seperti yang pernah dikabarkan sebelumnya, pelat nomor kendaraan akan segera berganti warna. Dan beberapa waktu yang lalu melalui akun Instagram Polantasindonesia ada penampakan seperti apa pelat nomor terbaru nantinya.

Jika sebelumnya pelat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) berwarna dasar hitam dengan tulisan putih, kini menjadi berwarna dasar putih dengan tulisan hitam. Admin akun Instagram tersebut juga menambahkan keterangan “The next licensed-plate vehicle number be like.”

Pelat nomor semacam ini mirip dengan pelat nomor kendaraan di Eropa. Di Indonesia sendiri konsep warna pelat nomor tersebut dipakai sebagai pelat kendaraan khusus kedutaan yang berawalan huruf ‘CD’. Ternyata tidak hanya warnanya saja yang berubah, kualitas cat juga akan diperbaiki. Seperti yang diketahui, kualitas cat pelat dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) yang ada saat ini tidak terlalu rapi.

Tentu saja ada alasan mengapa ada perubahan warna TNKB. Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Bayu mengatakan perubahan warna TNKB berhubungan dengan rencana ke depan untuk penerapan tilang elektronik. Sebab pelat yang mempunyai warna dasar hitam dan tulisan putih dinilai sulit ditangkap oleh kamera CCTV yang ada di jalan.

Baca juga: Tips Hindari Jalur Ganjil-Genap dengan Google Maps

“Pelat nomor saat ini, secara gelombang cahaya tidak cukup baik ditangkap kamera pengawas, terlebih pada malam hari. Pasalnya, saat penerapan tilang elektronik nanti, penindakan pelanggaran melalui bukti capture (screenshot video) dari kamera CCTV,” ujar Kompol Bayu, dikutip dari Oto.

Kompol Bayu menerangkan, pelat nomor dengan warna dasar hitam kurang baik ditangkap kamera CCTV. Alhasil sulit untuk melakukan penindakan pelanggaran pengendara jika buktinya kurang jelas. “Kalau akurasi kecil, kemungkinan melakukan kesalahan dalam penindakan semakin besar, jadi perlu perubahan warna,” jelasnya.

Kualitas material dan cat yang tidak bagus juga mendapat perhatian dari Ditlantas. Rencananya pelat TNKB juga ditingkatkan dari aspek lain. Termasuk dari pemakaian material pelat dan cat. Rencananya nanti tidak akan memakai cat lagi dan diganti stiker, seperti modifikasi yang kerap dilakukan pemilik kendaraan zaman sekarang.

Akan tetapi kepastiannya masih menunggu arahan dari Korlantas Polri. Sejauh ini wacana tersebut masih dikaji lebih lanjut.

Perubahan warna pelat nomor ini hanya berlaku untuk kendaraan pribadi saja. Sedangkan untuk pelat kendaraan umum masih tetap dengan warna yang lama, yakni warna dasar kuning dengan tulisan hitam.

Begitu juga dengan pelat nomor kendaraan pemerintah yang tetap berwarna dasar merah dengan tulisan putih. Kompol Bayu mengungkapkan warna dasar lain cukup baik ditangkap kamera. Hanya warna hitam saja yang tidak bisa ditangkap dengan baik.

Penggantian warna TNKB merupakan langkah yang baik. Terlebih Indonesia berencana menerapkan tilang elektronik. Bagaimana menurut opini Anda?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply