Home Auto News Brosur Spesifikasi Motor Listrik Gesits Bocor, Seperti Apa?

Brosur Spesifikasi Motor Listrik Gesits Bocor, Seperti Apa?

0 135

 

Motor Listrik Gesits, Dalam waktu dekat motor listrik karya anak bangsa, Gesits siap diluncurkan. Motor yang merupakan kerja sama PT Gesit Technologies Indo (GTI) dan Institut Sepuluh Nopember (ITS) itu akan dirilis bertepatan HUT Republik Indonesia ppada 17 Agustus 2018 mendatang.

Perlahan bocoran-bocoran seputar motor baru tanpa emisi ini beredar. Setelah desain lampu depan Gesits terungkap, kini beredar sebuah brosur yang menunjukkan spesifikasi motor ini. Foto tersebut beredar di dunia maya. Lantas seperti apa spesifikasi motor listrik Gesits ini?

Menurut brosur tersebut, Gesits akan mengandalkan battery pack lithium ion berkapasitas 3.000 Wh. Untuk mengisi baterai ini hingga penuh membutuhkan waktu sekitar tiga sampai empat jam. Sistem manajemen baterai motor ini sudah didesain untuk lithium ion, dengan penyeimbang arus listrik.

Gesits dikatakan mempunyai desain sasis yang stabil, dengan konsep anti air untuk keamanan. Di samping itu Gesits dibekali dengan swing arm dan mono shock untuk bagian belakang dan bagian depan memakai telescopic. Gesits juga dilengkapi dengan monitoring system memakai prosesor 1 Ghz, CAN Bus Communication dan real time operating system.

Motor listrik ini memakai lampu depan dengan day running light, controller half bridge Mosefet, programmable dan safety protection.

Sedangkan motor elektrik pada Gesits dikatakan dapat mengeluarkan daya hingga 5 kW pada 3.000 rpm dan torsi sebesar 15 Nm.

Hanya saja saat dikonfirmasi kepada Harun Sjech, Direktur Utama PT GTI mengatakan bahwa brosur tersebut belum resmi. “Belum official,” ujarnya, mengutip dari laman Liputan6.

Ada beberapa tawaran dari motor listrik ini. Seperti baterai yang ringan dan bisa diangkat. Jika habis, baterai bisa diganti dengan mudah.

Bocoran lampu depan Gesits

Selain itu GTI sudah bertemu dengan Pertamina untuk menjajaki kemungkinan memperoleh pasokan baterai untuk Gesits saat masuk tahap produksi massal nanti. Bila benar mendapat pasokan baterai dari Pertamina, maka jaringan pemasaran motor ini akan lebih jamak menyentuh seluruh wilayah Indonesia. Lewat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) jaringan milik Pertamina, seluruh konsumen Gesits bakal bisa melakukan swap baterai di mana pun.

Sebelumnya Pertamina telah bekerjasama dengan UNS untuk menciptakan sel baterai lithium ion pertama buatan Indonesia. Sel baterai ini kemudian dikembangkan menjadi baterai kemasan dengan kapasitas masing-masing 3 kWh, untuk motor listrik berkekuatan 5 Kw. Hitungan tersebut setara dengan tenaga sepeda motor konvensional yang mempunyai mesin berkapasitas 125-150 cc.

Sebagai informasi, produksi massal motor listrik ini nantinya akan ditangani oleh PT Wika Industru dan Konstruksi (Wikon) dan banyak penyuplai komponen otomotif.

Sebelumnya bocoran Gesits yang beredar di dunia maya menunjukkan bentuk lampu depan dari motor ini. Bocoran tersebut diunggah oleh Muhammad Al Abdullah, CEO Garasindo Group di akun resmi Facebooknya.

Yang satu dan yang paling ditunggu untuk menjadi kebanggaan bangsa kita akan segera datang… 🇲🇨🏍⚡💪,” tulisnya.

Harun mengungkapkan Gesits didukung penuh oleh tiga Kementerian hingga saat ini. Kementerian tersebut antara lain Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Motor listrik ini sendiri akan dirakit di pabrik perakitan dengan lahan seluas 30 hektare. Akan tetapi dalam tahap awal fasilitas yang dipakai menempati gedung seluas 2.400 meter persegi. Pabrik tersebut mempunyai kapasitas produksi hingga 50 ribu per tahun.

Motor listrik Gesits bisa menjadi bukti bahwa Indonesia bisa memproduksi motor listrik sendiri. Hal ini juga bisa menarik perhatian masyarakat untuk mencoba dan menggunakan sepeda motor bertenaga listrik.

Source: lampu tenaga sel, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply