Home Honda Komparasi Honda Forza vs Yamaha XMAX Indonesia

Komparasi Honda Forza vs Yamaha XMAX Indonesia

Honda Forza vs Yamaha XMAX, PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan Honda Forza 250 di Indonesia. Jagoan baru Honda ini dirilis di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Motor Honda terbaru ini bisa menjadi pilihan baru bagi konsumen Tanah Air yang ingin memiliki skuter matik premium. Tentu saja Honda Forza 250 tidak sendirian. Motor ini akan berhadapan dengan Yamaha XMAX yang sudah lebih dulu hadir.

Kedua motor matic ini mempunyai kelebihan masing-masing. Lalu mana yang lebih menarik untuk dibeli? Berikut adalah komparasi Yamaha XMAX dan Honda Forza 250.

Desain

Kedua motor ini mempunyai desain yang menarik. Baik Forza 250 maupun XMAX sama-sama dipercantik dengan sentuhan garis-garis tajam di seluruh bagian bodi.

Untuk desain Yamaha XMAX disebut sebagai ‘Ultimate Design’ dengan DNA Maxi Yamaha yang terasa kental. Tampilannya terlihat lebih sporty dan dinamis, sehingga menunjukkan karakternya sebagai motor performa tinggi.

Sementara Honda Forza 250 mengusung desain yang cenderung lebih mewah. Plus ada sentuhan sporty.

Selain garis desain, posisi berkendara keduanya juga mempunyai kemiripan. Yamaha XMAX dan Honda Forza 250 mempunyai posisi berkendara yang tegak. Hal ini membuat pengendara dapat mengontrol motor lebih baik lantaran dapat melepaskan pandangan ke segala arah dengan baik.

Tidak hanya itu, skuter matik ini juga dilengkapi dengan dua pijakan kaki dan desain jok yang luas dengan kontur ganda. Yang membedakan adalah tinggi joknya. Honda Forza mempunyai jok dengan tinggi 795 mm. sedangkan Yamaha XMAX sedikit lebih rendah, yakni 780 mm yang akan memudahkan pengendara untuk menapakkan kakinya ke tanah.

Dimensi

Beralih ke dimensi, rupanya Honda Forza 250 mempunyai bodi yang sedikit lebih kecil dari kompetitornya. Motor matic ini mempunyai panjang 2.142 mm, lebar 754 mm dan tinggi mencapai 1.472 mm. sementara  Yamaha XMAX mempunyai panjang 2.185 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1.465 mm.

Lalu untuk wheelbase atau jarak sumbu roda Yamaha XMAX mencapai 1.540 mm. Sedikit lebih panjang dari wheelbase Honda Forza 250 yang mencapai 1.510 mm.

Baca juga: 5 Keunggulan Honda Forza 250

Walaupun kalah ramping, Yamaha XMAX mempunyai bobot yang lebih ringan dari Forza 250. Motor Yamaha ini mempunyai bobot 179 kg. Sedangkan Honda Forza mencapai 182 kg.

Tidak hanya itu, kapasitas tangki bahan bakarnya pun juga lebih besar, yakni 13 liter. Sedangkan Honda Forza 250 hanya 11,5 liter.

Kaki-kaki

Yamaha membenamkan suspensi depan dengan tabung berukuran besar (33 mm) pada XMAX. Suspensi ini akan memberikan kestabilan lebih baik dan mendukung kemampuan manuver yang lebih baik. Desainnya pun juga sporty sehingga menunjang tampilan motor Yamaha itu. Lalu untuk Honda Forza mempunyai suspensi teleskopik 33 mm.

Melirik sektor roda, Yamaha XMAX dan Forza 250 mempunyai ban dengan ukuran yang sama. Bagian depan berukuran 120/70-15” dan untuk bagian belakang 140/70-14”. Di samping itu keduanya juga dilengkapi dengan rem cakram untuk depan dan belakang. Juga terdapat fitur Anti-lock Brake System (ABS).

Fitur

Honda Forza 250 dan Yamaha XMAX sudah dilengkapi dengan panel kombinasi. Untuk speedometer berjenis analog, sedangkan Multi Information Display (MID) berjenis LCD dengan ukuran besar yang memuat banyak informasi untuk pengendara. Seperti indikator HSTC, indikator perawatan, trip meter, indikator konsumsi bahan bakar, kecepatan hingga RPM.

Honda Forza 250 juga mempunyai fitur Smart Key System. Teknologi ini membuat pengendara tidak membutuhkan kunci mekanis untuk menyalakan mesin maupun mengunci setang. Kelebihannya sistem ini telah terintegrasi dengan immobilzer, sistem keamanan Anti Theft Alarm & Answer Back System. Dengan begitu pengendara bisa mencari posisi motor saat diletakkan di lokasi parkir.

Yamaha XMAX juga mempunyai sistem tanpa anak kunci atau keyless. Yamaha juga menyertakan fitur immobilizer dan Answer Back System.

Forza 250 dilengkapi dengan visor depan yang berfungsi mengurangi terpaan angin pada pengendara. Visor ini bekerja secara elektrik. Alhasil pengguna bisa menyesuaikan ketinggian dengan lebih mudah.

Yamaha XMAX juga mempunyai visor depan. Sayangnya masih memakai penyesuaian manual.

Kedua motor matic 250 cc ini juga dibekali dengan kontrol traksi. Pada Yamaha XMAX sistem ini disebut dengan nama Traction Control System (TCS). Sistem ini dibuat untuk mengurangi risiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan ketika motor berakselerasi.

Lalu pada Honda Forza disebut Selectable Torque Control (STC). Prinsipnya sistem ini menjaga putaran roda depan dan belakang tetap terkontrol sehingga dapat mencegah terjadinya ban selip.

Kedua motor ini juga mempunyai fitur pengisi daya, lampu DRL, lampu LED, bagasi yang luas dan juga besar.

Performa

Melirik dapur pacu, kedua motor matic bongsor ini sama-sama memakai mesin 4 tak SOHC. Perbedaan terletak pada ukuran bore x stroke. Untuk Yamaha XMAX 70 x 64,9 mm, sedangkan Honda Forza 68 x 68,5 mm.

Mesin Yamaha XMAX tergolong overbore alias ukuran bore lebih panjang dari stroke. Mesin jenis ini mampu mencapai tenaga maksimum di putaran tengah dan tinggi. Pergerakan stroke yang lebih pendek membuat prosesi naik turun piston menjadi lebih cepat.

Lalu mesin Honda Forza mempunyai stroke yang lebih besar atau disebut square. Mesin berkarakter square artinya memiliki ukuran bore dan stroke yang selisih tipis atau bahkan sama. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga dan torsi yang merata pada putaran mesin rendah sampai menengah. Sehingga cocok dipakai kondisi jalan yang stop and go seperti jalanan perkotaan.

Melihat spesifikasi teknisnya, Honda Forza 250 memiliki mesin berkapasitas 249,01 cc. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 23,1 hp pada putaran mesin 7.500 rpm. Lalu untuk torsinya bisa menembus angka 24 Nm pada 6.250 rpm. Lalu Yamaha XMAX mempunyai tenaga puncak 22,5 hp pada 7.000 rpm dengan torsi 24,3 Nm pada 5.500 rpm.

Harga

Untuk urusan harga, Yamaha XMAX lebih unggul dari rival barunya. Harga motor Yamaha ini mencapai Rp 57,8 juta on the road Jakarta. Sedangkan harga kisaran Honda Forza 250 mencapai Rp 70 jutaan.

Kesimpulan

Meski dalam beberapa hal Honda Forza 250 lebih unggul dari Yamaha XMAX, akan tetapi ada satu yang tak bisa terbantahkan. Yaitu harganya yang jauh lebih mahal dari Yamaha XMAX. Selisih keduanya sekitar Rp 12 jutaan.

Dengan selisih tersebut tidak begitu banyak perbedaan di antara keduanya. Soal performa, sektor kaki-kaki hingga fitur mempunyai banyak kesamaan. Perbedaan mencolok dari keduanya adalah fitur windshield elektris dan juga desain.

Lalu apakah harga Honda Forza 250 yang terlalu mahal bakal membuat motor ini sepi peminat? Belum tentu, sebab pada GIIAS 2018 kemarin motor matic premium ini berhasil terjual 321 unit dan mendominasi penjualan PT AHM di ajang otomotif itu.

Soal mana yang lebih menarik itu kembali ke selera masing-masing konsumen. Yamaha XMAX punya beberapa keunggulan yang tidak dimiliki pesaingnya, termasuk harga yang lebih terjangkau. Sehingga bisa menarik perhatian konsumen yang ingin memiliki motor matic bongsor 250 cc.

Lalu Honda Forza 250 juga menawarkan beberapa fitur yang tidak ada pada XMAX. Meski harus diakui bahwa harga motor ini memang lebih tinggi dari XMAX.

Sekian komparasi Honda Forza vs Yamaha XMAX. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, terutama yang sedang ingin membeli skutik bongsor namun bingung ingin memilih yang mana.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply