Home Motor Cara Mengatasi Motor Injeksi Brebet, Periksa Komponen Ini

Cara Mengatasi Motor Injeksi Brebet, Periksa Komponen Ini

0 268

Motor Injeksi Brebet, Motor injeksi diklaim mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan motor dengan sistem pengabutan bahan bakar. Akan tetapi hal ini tidak serta-merta membuat motor injeksi terbebas dari masalah.Tetap ada permasalahan yang bisa menimpa motor dengan sistem injeksi. Seperti motor brebet atau loyo secara tiba-tiba saat akan dipacu kencang.

Hal ini bukanlah masalah sepele, terlebih jika dialami saat pengendara ingin mendahului kendaraan lain. Gas yang tersendat dapat menyebabkan motor berhenti mendadak. Jika tidak berhati-hati tentu membahayakan keselamatan pengguna motor maupun kendaraan lainnya.

Tarikan motor injeksi brebet bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu diantaranya adalah jarak renggang busi yang tidak sesuai.

Maka dari itu usahakan untuk memantau jarak renggang busi setiap 4.000 km. Untuk mengukur celah busi gunakan puller. Jika sudah lebih atau kurang dari 1 mm maka ada baiknya untuk diganti. Dikutip dari Otomania, Dony Irwansyah, kepala mekanik salah satu bengkel di Depok menerangkan kalau celah disesuaikan pengapian tidak akan fokus.

“Ukuran kerenggangan busi sangat berpengaruh pada suhu pengapian, ideal jarak renggang atau celah antara ground dan center elektroda itu sekitar 1mm,” jelasnya.

Selain busi, penyebab motor injeksi brebet bisa berasal dari fulter udara. Usahakan untuk mengganti filter udara bila sudah kotor.

Filter udara yang kotor bisa menghambat masuknya udara ke ruang bakar. Jadi campuran antara udara dan bahan bakar menjadi tidak sempurna yang berujung pada tarikan motor brebet.

Biasanya komponen ini diganti setiap 12.000-14.000 km. Hanya saja hal ini juga tergantung kondisi jalan yang sering dilalui, apakah berdebu atau tidak.

Baca juga: 5 Penyebab Garansi Motor Hangus

Injektor yang kotor juga bisa menimbulkan masalah brebet. Jika injektor kotor, semprotan bensin menjadi tidak stabil. Alhasil berpengaruh ke tarikan motor.

Untuk membersihkan gunakan cairan pembersih injektor. Bersihkan lubang-lubang injektor dengan memakai sikat khusus.

Permasalahan motor brebet juga bisa berasal dari tekanan pompa bahan bakar yang kurang. Untuk mengatasi hal ini lakukan pengurasan tangki bensin. Kuras tangki dari kotoran. Jika tetap tidak bisa, maka Anda perlu mengganti fuel pump dengan yang baru.

“Pompa bahan bakar atau fuel pump memerlukan tekanan dalam kinerjanya, bila tekanan tidak sesuai, suplai bensin akan kurang, standarnya pun berbeda-beda tiap motor ada yang 43 Psi atau 42 Psi,” ungkap Donny.

Itulah beberapa cara mengatasi motor injeksi brebet. Memiliki motor bukan soal bagaimana cara memakainya saja, namun juga bagaimana soal perawatannya.

Merawat motor adalah hal yang penting karena hal ini akan menjaga kondisi komponen motor supaya selalu baik. Selain itu pengguna juga bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Jika masih awam langsung bawa saja ke bengkel resmi terdekat untuk mendapat penanganan dari ahlinya.

Semoga informasi cara mengatasi motor injeksi brebet di atas bermanfaat untuk Anda.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply