Home Auto News Suzuki GSX150 Bandit Pakai Mesin GSX-R150, Kenapa?

Suzuki GSX150 Bandit Pakai Mesin GSX-R150, Kenapa?

0 155

Suzuki GSX150 Bandit, Motor baru Suzuki akhirnya hadir di Indonesia. Motor itu adalah Suzuki GSX150 Bandit yang bertugas menemani dua sportbike pendahulunya, GSX-R150 dan GSX-S150. Bukan sebatas pelengkap saja, motor Suzuki terbaru ini digadang-gadang akan memperbesar pasar Suzuki di segmen 150 cc.

Suzuki GSX150 Bandit dihadirkan setelah penjualan GSX-S150 lesu. Motor sport naked ini hanya sanggup terjual sebanyak ratusan unit saja per bulan.

Bandit sebenarnya merupakan motor Suzuki yang mempunyai mesin berperforma tinggi. Akan tetapi tidak demikian dengan GSX150 Bandit. Motor baru ini mengusung mesin yang sama dengan milik GSX-R150. Hal ini membuat output dayanya juga sama seperti versi fairing.

Suzuki beralasan karakter responsif GSX-R150 sudah cocok untuk Suzuki Bandit 150, sehingga tidak perlu menggunakan mesin baru. Performa mesin GSX dinilai sudah mewakili kebutuhan dapur pacu Bandit 150, sehingga membuatnya dapat bersaing dengan kompetitor dalam urusan tenaga.

“Mesin sama dengan GSX. Kenapa kita pakai mesin ini? Pertama karena mesinnya baru, kedua GSX mesinnya acceptable, dan sudah bisa diterima konsumen. Dalam arti orang sudah menyukai performance GSX,” jelas Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W, dikutip dari Otosia.

Walaupun mengusung konsep yang sama, Suzuki beranggapan hadirnya GSX150 Bandit tidak akan merebut pasar GSX-S150. Di samping itu Suzuki memastikan bahwa motor barunya itu akan diposisikan di bawah Suzuki GSX-S150. Dengan kata lain harga GSX150 Bandit akan lebih terjangkau dari saudaranya.

Baca juga: Suzuki GSX150 Bandit Resmi Hadir di GIIAS 2018

Bila respon pasar terhadap GSX150 Bandit sangat baik, sedangkan untuk permintaan GSX-S150 semakin menyusut, Suzuki tidak langsung memutuskan untuk menyetop penjualan GSX-S150. Selain itu pabrikan motor asal Jepang ini juga belum mempunyai rencana untu kmenyempurnakan lagi desain dan tampilan GSX-S150 dalam waktu dekat.

Jadi kalau kita lihat pasar sekarang kan terbagi-bagi. Contohnya matik, ada yang standar, ada yang sport, ada yang premium, kan jadi sama-sama matik. Sport kita pun kita pilah-pilah, dan masing-masing ada segmenya tersendiri. Jadi kalau ditanya takut gak, karena ada segmennya sendiri-sendiri. Orang semakin lama ego semakin besar, itu yang membedakan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Suzuki GSX150 Bandit mengandalkan mesin berkapasitas 150 cc DOHC, Fuel Injection, Liquid Cooled. Jantung pacu ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 18,9 hp pada 10.500 rpm dengan torsi puncak 14 Nm pada 9.000 rpm.

Perbedaan antara motor baru ini dengan GSX-S150 terdapat pada desainnya, seperti lampu dan juga jok yang dibuat menyatu. Di samping itu rangka Suzuki GSX150 Bandit juga sedikit berubah, serta handling yang juga berbeda.

Suzuki GSX150 Bandit merupakan street naked bike modern dengan tampilan agresif yang disebut “one bike for all”. Pasalnya jok pengendara dan penumpang dibuat nyaman, baik untuk pemakaian harian ataupun touring.

Suzuki memasang target bisa memasarkan motor baru ini sebanyak 2.500 unit setiap bulannya. Sedangkan target konsumen berusia 25 tahun ke atas.

Kehadiran motor terbaru Suzuki ini bisa menjadi kabar baik bagi konsumen penyuka motor sport naked. Kini masyarakat mempunyai pilihan yang lebih beragam. Sebelum hadirnya GSX150 Bandit, hanya terdapat Honda CB150R StreetFire dan Yamaha Vixion yang juga mengusung jok menyatu.

Sejauh ini belum ada informasi soal berapa harga Suzuki GSX150 Bandit. Akan tetapi dipastikan bahwa motor ini akan dipasarkan tahun ini juga. Sedangkan informasi yang berkembang menyebutkan GSX150 Bandit akan diluncurkan dan dijual mulai September 2018 mendatang.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply