Home Auto News Yamaha Xabre 2019, Prediksi dan Bocoran Foto

Yamaha Xabre 2019, Prediksi dan Bocoran Foto

0 201

Yamaha Xabre, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tengah menjadi sorotan para pecinta roda dua di Tanah Air. Pasalnya agen pemegang merek Yamaha itu dirumorkan tengah menyiapkan motor barunya. Selain gosip mengenai Yamaha R25 dan MX King terbaru, yang juga menyita perhatian adalah kehadiran Xabre terbaru.

Motor versi naked dari Yamaha R15 ini dikabarkan akan mendapat pembaruan. Bahkan spyshot motor ini juga sudah beredar luas di dunia maya. Berikut dugaan spesifikasinya yang disebut akan turut berubah. Seperti apa informasi seputar motor Yamaha ini? Berikut adalah laporan selengkapnya.

Spyshot Yamaha Xabre

Belum lama ini beredar foto sosok motor misterius yang tengah diuji jalan. Walaupun dilabur dengan warna hitam, motor ini mempunyai tampilan yang sangat mirip dengan Yamaha Xabre. Motor ini memang sudah waktunya mendapat pembaruan karena sudah cukup lama hadir di Indonesia.

Foto tersebut disebarkan oleh beberapa akun media sosial. Selain itu juga disebutkan bahwa lokasi pengambilan gambar tersebut ada di sekitar jalur pantura.

Berdasarkan gambar tersebut, perubahan yang cukup signifikan terdapat pada bagian bodi samping motor yang tidak setajam model pendahulunya. Tampilannya dibuat lebih bulat sehingga mirip dengan sang kakak, Yamaha MT-25.

Yamaha Xabre terbaru tetap dibekali dengan suspensi depan upside down dengan warna kontras. Alhasil tampilan depan terlihat kekar. Lengan ayun belakang juga tetap memakai model banana arm dengan warna hitam yang terlihat jelas.

Di samping itu airscoop bagian bawah yang melindungi mesin juga turut mendapat perubahan desain. Alhasil mesin menjadi lebih terlihat.

Melihat bagian belakang, Yamaha Xabre terbaru mengusung tempat duduk yang dibuat menyatu. Tidak terpisah seperi model pendahulunya. Jok tandem seperti ini bisa membuat pembonceng lebih nyaman selama perjalanan.

Ubahan lain terdapat pada bagian saluran gas buang. Desain knalpot motor ini tampak menyerupai milik R15 V3.

Sayangnya belum banyak informasi lain yang bisa digali. Akan tetapi kabarnya nama motor ini akan diubah menjadi MT-15, menyesuaikan nomenklatur motor sport naked Yamaha di pasaran internasional.

Perkiraan Desain Baru Yamaha Xabre

Rumor mengenai akan hadirnya Xabre terbaru juga mengundang desainer digital untuk mencoba menebak tampilan baru motor Yamaha ini. Salah satunya dibuat oleh pemilik akun Instagram @motoblast.

Menariknya dari desain tersebut tercantum nama Yamaha MT-15, bukan Xabre facelift. Alasannya desain motor ini terinspirasi dari Yamaha MT-series yang merupakan keluarga naked sport Yamaha untuk pasar global.

Menurut hasil render Motoblast, tampilan motor sport Yamaha ini cukup berbeda dibanding model yang ada di pasaran saat ini. Di bagian depan tetap terdapat suspensi upside down. Hanya saja desain lampu utama menjadi lebih kecil.

Lalu desain tangki juga berubah total. Diprediksi komponen ini akan lebih berlekuk dan gambot dari sebelumnya. Selain itu shroud dan under cowl juga mendapat ubahan dan lebih menunjukkan jantung pacu Xabre.

Sama seperti spyshot, Yamaha MT-15 versi Motoblast ini juga mengusung jok tandem yang menyambung dari depan hingga belakang, bukan split. Sedangkan detail kecil seperti footstep belakang, swing arm dan sepatbor depan maupun belakang diprediksi juga akan berubah.

Pakai Mesin Baru?

Melihat bocoran foto Yamaha Xabre terbaru, ada yang berbeda dari sektor mesinnya. Terlihat bahwa mesin motor ini lebih kompleks dari model sebelumnya. Hal ini menguatkan dugaan bahwa Yamaha Xabre terbaru nantinya akan mengandalkan mesin baru.

Untuk diketahui, hampir semua jajaran motor Yamaha mengandalkan mesin 155 cc berteknologi VVA. Mesin ini pertama kali hadir di All New Yamaha R15. Disusul Yamaha Vixion R, lalu diteruskan ke beberapa motor matic Yamaha.

Jika memang benar demikian, bukan tidak mungkin performa motor ini menjadi lebih baik dari sebelumnya. Yamaha Xabre dikenal mempunyai bobot yang ringan. Ditambah dengan mesin yang bertenaga dan fitur katup variabel, maka motor ini bisa memberikan efisiensi yang lebih baik.

Menurut informasi dari Oto, efisiensi motor Yamaha ini dapat mencapai lebih dari 50 km/liter dengan metode pengujian yang terukur.

Yamaha Masih Bungkam

Beredarnya foto spyshot bisa menjadi pertanda bahwa Yamaha Xabre terbaru akan segera hadir. Akan tetapi pihak PT YIMM sendiri masih enggan untuk berkomentar mengenai motor tersebut.

Yordan Satriadi, Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengelak bahwa dirinya belum melihat foto spyshot Yamaha Xabre terbaru.

“Hahahaha… yang mana sih? Saya belum lihat gambarnya,” ujarnya, melansir dari laman detikOto.

Ia mengaku belum mendapat informasi dari tim R&D. “Kalau ditanya itu motor apa, jujur saya nggak dapat informasi dari tim R&D, karena kan yang biasanya ngetes motor kan R&D untuk durability motor ini,” jelasnya.

Yordan mengatakan, Yamaha memang sudah memiliki rencana untuk peluncuran motor baru. Hanya saja ia tidak menyebutkannya secara detail. “Mau di-launching kapan itu berdasarkan hasil endurance test. Motornya apa yang dites dan kapan (akan diluncurkan) itu top secret dari mereka (tim R&D Yamaha),” terang Yordan.

Yang pasti ia menegaskan bahwa Yamaha saat ini sedang fokus pada motor matic bongsor atau Maxi Category. Yordan mengungkapkan Yamaha sedang memenuhi permintaan Maxi Scooter terlebih dahulu untuk saat ini.

“Karena memang demand kita lebih besar di sana. Makanya kita push Maxi kita secara luar biasa. Nmax, Aerox, bahkan Xmax juga mulai naik lagi,” ungkapnya.

Yamaha Xabre sebenarnya bukanlah motor yang sudah lama dijual di Indonesia seperti Vixion atau R15. Motor ini usianya masih cukup muda karena pertama kali dirilis di tahun 2016.

Motor sport ini mengusung konsep supermoto yang membuatnya mempunyai penggemar tersendiri. Hanya saja populasi Xabre tidak sebanyak model lainnya. Kendati demikian desain motor ini unik sehingga tetap menarik untuk dibeli.

Pada saat pertama kali dirilis, harga Yamaha Xabre mencapai Rp 29 jutaan. Sedangkan saat ini harga motor Yamaha itu mencapai Rp 30,7 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Ubahan yang akan nantinya diterapkan pada Yamaha Xabre bisa membuat motor ini lebih laku di pasaran. Kita nantikan saja kabar selanjutnya dari Yamaha.

Source: motor sport yamaha 2019, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply