Home Auto News Yamaha MX King 2018, Apa Saja yang Baru?

Yamaha MX King 2018, Apa Saja yang Baru?

0 132

Yamaha MX King 2018, Belum lama ini Yamaha Vietnam meluncurkan Exciter atau yang lebih dikenal dengan nama MX King di Indonesia. Motor Yamaha ini hadir dengan serangkaian pembaruan.

Kehadiran Yamaha Exciter juga digadang-gadang menjadi pertanda bahwa PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) segera meluncurkan MX King terbaru. Memang untuk saat ini YIMM belum resmi menghadirkan motor bebek sport tersebut.

Akan tetapi kita bisa melihat detail ubahan Yamaha Exciter untuk membayangkan seperti apa pembaruan Yamaha MX King untuk Indonesia nantinya. Berikut adalah detail pembaruan Yamaha MX King 2018 versi Vietnam.

Desain

Desain Exciter tidak berubah signifikan. Motor Yamaha ini tetap mengusung tampilan yang sporty. Sisi bodi juga terdapat banyak sudut, dengan desain yang merupakan perpaduan antara motor sport dan motor bebek.

Untuk dimensinya, Yamaha Exciter mempunyai panjang 1.985 mm, lebar 670 mm dan tinggi mencapai 1.100 mm. Roda depannya sedikit lebih lebar dari model lama, yakni 90/90-17 inci. Sedangkan bagian belakang berukuran 120/70-17 inci, yang artinya tidak berubah.

Demikian juga dengan suspensi yang masih sama. Untuk bagian depan menggunakan jenis teleskopik dan bagian belakang monoshock.

Hanya saja untuk bagian lampu depan mengusung desain baru yang lebih agresif. Pada MX King terbaru desainnya lebih pipih dengan sudut. Di dalam lampu dibagi menjadi tiga bagian yang disusun sehingga memancarkan kesan futuristik.

Fitur Baru

Yamaha juga membenamkan beberapa fitur baru pada salah satu motor andalannya ini. Seperti sistem pencahayaan LED untuk lampu depan. Di samping itu juga terdapat panel instrumen full digital. Panel ini memuat beragam informasi, mulai dari kecepatan, putaran mesin, konsumsi bahan bakar, posisi gigi transmisi, jarak tempuh dan lain sebagainya.

Fitur panel instrumen digital bisa menjadi daya tarik dari Yamaha MX King terbaru ini. Sebab di segmen motor bebek 150 cc hanya motor ini saja yang sudah memilikinya. Sedangkan rivalnya, Honda Supra GTR150 belum dilengkapi dengan fitur tersebut.

Menariknya lagi Yamaha Exciter 150 juga dibekali dengan fitur engine cut off sehingga mirip dengan big bike. Pabrikan motor berlogo tiga garputala itu juga menyematkan tombol instan lampu jauh dan answer back system.

Mesin

Untuk urusan dapur pacu masih sama seperti model lama. Yamaha Exciter tetap mengandalkan mesin berkapasitas 150 cc satu silinder SOHC berpendingin cairan. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 15,4 PS pada putaran 8.500 rpm dengan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Daya tersebut diteruskan ke roda belakang melalui transmisi manual 5-percepatan.

Baca juga: Komparasi Spesifikasi 3 Motor Bebek 150cc

Harga

Yamaha Exciter dijual dalam dua varian, yaitu RC dan GP. Untuk varian GP memiliki warna yang atraktif. Seperti pelek biru dan jok dua warna. Oleh karenanya harganya lebih mahal, yakni 47.490.000 VND atau mencapai Rp 29,7 jutaan. Sementara harga Yamaha Exciter RC mencapai 46.990.000 VND atau Rp 29,45 jutaan.

Ubahan yang diberikan pada Yamaha Exciter memang tidak bersifat masif. Akan tetapi hadirnya beberapa fitur baru bisa membuat saudara kembar Yamaha MX King lebih dilirik oleh konsumen. Kita tunggu saja seperti apa ubahan pada Yamaha MX King terbaru untuk pasar Indonesia.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply