Home Auto News Bugatti Chiron ini Terbuat dari Lego dan Bisa Dikendarai!

Bugatti Chiron ini Terbuat dari Lego dan Bisa Dikendarai!

Bugatti Chiron, Mungkin Anda sudah sering menjumpai miniatur mobil yang terbuat dari lego. Tapi pernahkah membayangkan ada replika mobil dari lego yang ukurannya sama persis dengan model aslinya dan bisa dikendarai?

Hal ini bukan sebatas imajinasi saja. Sebab Lego belum lama ini berhasil membuat replika salah satu supercar, Bugatti Chiron dengan skala 1:1 atau sama seperti ukuran aslinya. Tidak hanya ukurannya saja, tampilannya juga sama persis. Uniknya replika mobil ini juga dibekali dengan beberapa fitur yang ada pada Chiron dan juga bisa dikendarai.

Sebenarnya Lego Technic pernah merilis Chiron skala kecil dalam seri otomotif mereka. Akan tetapi kini mereka membuatnya lebih besar lagi dengan menunjukkan detail yang sangat mirip dengan model aslinya. Bahkan lantaran miripnya mungkin sebagian orang tidak akan langsung sadar kalau mobil sport ini terbuat dari potongan Lego dan Lego Technic.

Buggati Chiron Lego ini dibangun dengan memanfaatkan lebih dari 1 juta potongan Lego, dengan 339 jenis berbeda. Bobot akhir gabungan mobil ini mencapai lebih dari 1,5 ton. Untuk mengerjakannya dibutuhkan waktu 13.000 jam atau sekitar 541 hari.

Meski hampir semua bagian terbuat dari Lego, tetap ada bagian yang menggunakan bahan selain Lego. Seperti rangkanya yang tetap memakai material baja.

Di sisi eksterior terdapat lampu yang memakai potongan Lego transparan. Uniknya lampu ini dapat menyala dan memiliki fitur animasi untuk menyala berurutan, persis seperti Bugatti Chiron asli. Juga terdapat lampu sein yang dibuat fungsional.

Tampilan belakangnya pun juga mirip. Terdapat lampu belakang dan juga spoiler yang dapat terangkat seperti pada mobil aslinya. Replika Chiron ini juga memakai rem dan kaliper dari potongan Lego. Hanya saja roda dan ban tetap asli.

Sisi interior juga dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Terdapat konsol tengah, dasbor, tuas transmisi dan jok yang terlihat mirip dengan aslinya. Juga terdapat roda kemudi yang dapat dilepas, pedal-pedal, spidometer dan replika Racelogic untuk mengukur kecepatan mobil.

Seperti yang dijelaskan di atas, Bugatti Chiron ini bisa dikendarai. Spesifikasi jantung pacunya pun layak untuk disimak.

Replika mobil ini dipersenjatai dengan motor elektrik yang juga diambil dari Lego Technic. Terdapat 2.304 motor, 4.032 gear dan 2.016 cross axle yang seluruh komponennya terbuat dari Lego Technic. Berbekal jantung pacu unik ini replika Bugatti Chiron itu dapat mengeluarkan tenaga sebesar 5,3 hp dengan torsi mencapai 92 Nm. Lantaran dayanya kecil dan bobotnya berat, mobil ini hanya sanggup melesat hingga kecepatan 20 km/jam saja.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply