Home Auto News Honda CR-V 4WD Hybrid Dirilis, Simak Detail dan Harganya

Honda CR-V 4WD Hybrid Dirilis, Simak Detail dan Harganya

0 78

Honda CR-V, Di Negeri Matahari Terbit, Jepang Honda Motor Co., Ltd menghadirkan CR-V terbaru. Menariknya untuk pertama kalinya mobil Honda ini tersedia dalam versi 4WD Hybrid. Untuk varian ini dipersenjatai dengan mesin Sport Hybrid i-MMD.

Teknologi tersebut merupakan sebuah sistem hybrid mutakhir buatan Honda yang mengandalkan penggerak dua motor. Honda CR-V terbaru dijual di Jepang dalam empat pilihan tipe. Antara lain EX, EX Masterpiece, Hybrid EX dan Hybrid EX Masterpiece. Harga mobil Honda ini berkisar mulai 3,23 juta-4,36 juta yen atau setara Rp 400 jutaan sampai dengan Rp 578 jutaan.

Honda CR-V Hybrid mendapat serangkaian revisi. Salah satunya adalah rangka yang meminjam platform dari Civic Turbo terbaru. Ubahan ini membuat CR-V terbaru diklaim lebih responsif terhadap keinginan pengemudi, baik ketika berbelok maupun mengerem. Walaupun berformat SUV, mobil ini juga diklaim menawarkan pengalaman berkendara senyaman sedan.

Honda CR-V Hybrid mempunyai bodi yang ringan, kokoh dan pusat gravitasi yang rendah. Dengan begitu pengendaraan yang stabil pada berbagai kecepatan dapat terwujud. Hal ini didukung dengan suspensi depan McPherson Strut dan suspensi belakang Rear-Multi Link.

Selain itu Honda CR-V terbaru juga dilengkapi dengan Variable Gear Ratio (VGR) dan sistem Electric Power Steering (ESP) agar pengendalian lebih baik.

Mesin Sport Hybrid i-MMD pada Honda CR-V Hybrid dapat dioperasikan dalam tiga mode berkendara, yakni EV Drive, Hybrid Drive dan Engine Drive. Mode berkendara ini bisa diganti pengemudi sesuai situasi berkendara di berbagai medan. Konsumsi bahan bakar mobil baru Honda yang memadukan mesin 2.0 liter dan motor listrik ini diklaim mencapai 25,8 km/liter.

Untuk Mesin bensin memakai 1.5L Direct Injection VTEC Turbo dengan Dual VCT untuk bagian intake dan exhaust. Dengan peranti turbo ini mesin dapat menghasilkan torsi setara dengan mesin 2,4 liter, plus rasa berkendara yang bertenaga pada rpm tinggi.

Nilai aerodinamika CR-V Hybrid diperoleh melalui serangkaian wind tunnel test di fasilitas Honda R&D Sakura. Honda juga menggunakan Active Shutter Grille System yang juga berkontribusi terhadap efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Glory 580 vs Honda CR-V

Sistem gerak roda 4WD juga menjadi keunggulan lain dari Honda CR-V terbaru ini. Sistem bekerja secara presisi dan cepat dalam mendistribusikan torsi ke roda depan dan belakang lewat kontrol elektronik. Fitur ini sangat bermanfaat, terutama untuk negara bersalju seperti Jepang.

Honda juga menyematkan Honda Sensing yang menjadi standar dari CR-V Hybrid. Teknologi ini mendukung pengendaraan lebih aman dan mencegah benturan depan. Kerjanya memberikan peringatan kepada pengendara melalui milimeter-wave radar dan monocular camera untuk menilai situasi jalan. Juga terdapat teknologi braking dan steering control pada mobil ini.

Di Jepang Honda CR-V terbaru ini memiliki tujuh pilihan warna. Antara lain Premium White Pearl, Luna Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Ruse Black Metallic, Midnight Blue Beam Metallic dan Premium Crystal Red Metallic.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply