Home Auto News Honda CR-V Hybrid Akan Hadir di Indonesia?

Honda CR-V Hybrid Akan Hadir di Indonesia?

0 78

Honda CR-V, Belum lama ini Honda merilis All-New CR-V di Jepang. Mobil SUV ini mendapat tambahan varian baru yang ditenagai mesin hybrid dan dipadukan dengan sistem gerak empat roda (4WD). Ini merupakan pertama kalinya Honda CR-V 4WD hadir dengan dukungan mesin hybrid.

Mobil Honda terbaru ini akan resmi dipasarkan di negara asalnya pada Kamis 1 November 2018 mendatang.  Honda CR-V sendiri juga dipasarkan di Indonesia.

Di sini SUV tersebut sudah mendapat pembaruan. Ada dua mesin yang ditawarkan, yakni 1.5L Turbo dan 2.0L bermesin bensin biasa. Lantas apakah ke depannya Honda Prospect Motor (HPM) berencana untuk menghadirkan versi hybrid ke Indonesia?

Melansir dari laman KompasOtomotif, Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM mengatakan pihaknya belum mempunyai rencana menghadirkan CR-V Hybrid ke Tanah Air.

“CR-V sudah punya yang 7-penumpang, yang 2.0L 5-penumpang, sementara untuk hybrid belum ada rencan sampai dengan saat ini,” jelasnya.

Padahal sebenarnya pemerintah Indonesia sedang berencana untuk menambah populasi mobil yang ramah lingkungan. Mengenai pernyataan soal regulasi kendaraan ramah lingkungan yang akan dikeluarkan pemerintah yang membuka jalan untuk masuknya mobil hybrid ke Indonesia, Jonfis masih diam saja. Ia masih bersikukuh bahwa HPM belum mempunyai rencana untuk menghadirkan CR-V Hybrid.

Baca juga: Detail dan Harga Honda CR-V 4WD Hybrid

Mobil hybrid di Indonesia memang belum begitu populer. Sejauh ini di segmen SUV medium ada Nissan X-Trail yang tersedia dalam varian hybrid. Sayangnya penjualan mobil ini tidak banyak. Pada semester I di tahun ini Nissan X-Trail Hybrid hanya berhasil terjual 1 unit saja berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Mengenai segmen SUV medium secara keseluruhan, khususnya yang mengusung konfigurasi 7-penumpang, Jonfis mengatakan pesaingnya hanya Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Yang membedakan CR-V hanya tersedia dalam mesin bensin saja.

“Pemain mayoritas hanya ketiga merek. Bedanya kami menggunakan mesin berbahan bakar minyak (BBM) bensin, sedangkan mereka diesel,” jelasnya.

Salah satu faktor yang membuat mobil hybrid kurang dirilik konsumen Tanah Air adalah harga mobil yang terlalu tinggi. Terlebih teknologi hybrid masih tergolong baru. Semoga ke depannya pemerintah Indonesia punya jalan keluar untuk permasalahan ini.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply