Home Auto News Mobil dan Motor Listrik Bakal Bisa Cas di SPBU Pertamina

Mobil dan Motor Listrik Bakal Bisa Cas di SPBU Pertamina

0 104

Motor Listrik, Ada kabar baik yang disampaikan oleh PT Pertamina Persero. Perusahaan pelat merah itu tengah mengembangkan inovasi berupa stasiun penyedia listrik umum (SPLU) untuk mobil listrik. Pilot project SPLU ini rencananya akan diperkenalkan ke publik pada 26 September 2018 mendatang.

“Pilot project sudah ada di Kuningan di SPBU Pertamina Retail,” ujar Masud Khamid, Direktur Pemasaran Retail Pertamina, mengutip dari laman KompasOtomotif.

Sebelumnya mesin pengisian daya mobil listrik ini sudah diuji coba di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dinamakan Green Energy Station. Itu artinya nantinya SPBU milik Pertamina tidak hanya menyediakan oil dan gas saja, namun juga listrik. Tidak cukup hanya itu, rencananya SPBU Pertamina juga akan menyediakan baterai cadangan untuk motor listrik.

“Kalau motor listrik mau habis, silakan ke situ tuker baterai. Kalau mau mobil, ya di-charge,” ungkap Masud.

Untuk merealisasikan stasiun penyaluran listrik ini Pertamina telah bekerja sama dengan beberapa pemegang merek besar di Amerika, Eropa hingga Jepang. Hanya saja untuk sementara waktu Pertamina belum mematok target berapa SPLU yang akan beroperasi.

Pihaknya akan terlebih dahulu melihat animo masyarakat mengenai stasiun pengisian daya listrik itu. Pertamina juga akan selektif dalam memilih daerah yang akan dipasang SPLU.

“Kita taruh di kota-kota yang penetrasi mobil listriknya tinggi. Kan, pabrikan motor listrik mulai agresif. Teknologi kendaraan listrik sudah banyak dipakai,” ujar Masud.

Di samping itu agar membuat pelanggan nyaman, Pertamina juga akan menyediakan kafe untuk pelanggan sambil menunggu kendaraannya diisi ulang. “Karena kalau mengecas butuh waktu, ya harus ada kafe di SPBU,” kata dia.

SPLU yang direncanakan oleh Pertamina ini bisa menjadi langkah baik untuk perkembangan mobil dan motor listrik di Indonesia ke depannya. Dengan begitu masyarakat akan lebih mudah untuk mengisi daya kendaraannya. Tinggal menunggu bagaimana regulasi dari pemerintah mengenai mobil dan motor listrik ini. Semoga ke depannya akan lebih banyak kendaraan listrik di Tanah Air sehingga polusi udara bisa diminimalisir.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply