Home Auto News Spesifikasi Viar Vortex 250, Rival Versys-X250 yang Lebih Murah

Spesifikasi Viar Vortex 250, Rival Versys-X250 yang Lebih Murah

0 164

Viar Vortex 250, Berbicara soal motor touring, ada setidaknya satu nama yang mungkin langsung terpikirkan oleh Anda. Yakni Kawasaki Versys-X250. Akan tetapi motor andalan Kawasaki itu sebenarnya tidak sendirian. Sebab masih ada model lain yang juga layak untuk menjadi pertimbangan, yaitu Viar Vortex 250.

Mungkin belum banyak yang mengetahui motor baru yang satu ini. Selain dirakit oleh brand lokal yang kalah nama dari merek asal Jepang, kehadiran Viar Vortex 250 di Jakarta Fair Kemayoran 2018 kemarin juga tanpa adanya acara peluncuran.

Meski begitu jangan remehkan motor petualang ini. Sebab Viar Vortex 250 diajak menjelajah dari Jakarta ke Himalaya oleh pendiri Komunitas Freeriders Indonesia, Gunadi. Perjalanan sejauh 15.000 km itu membuat Vortex 250 tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk mengenal lebih dekat seputar motor ini, berikut adalah detail spesifikasinya.

Desain

Melihat tampilannya, Viar Vortex 250 mempunyai tampilan yang serupa dengan Versys-X250. Karena keduanya memang merupakan motor touring bermesin 250 cc.

Vortex 250 memang dirakit lokal oleh Viar. Akan tetapi sebenarnya motor ini merupakan rebranding dari motor asal Cina, Zongshen RX3 atau Cyclone RX3 di Amerika Serikat.

Motor ini dilengkapi dengan windshield, engine guard dan dua boks di samping serta satu boks belakang. Melirik sektor roda, terdapat pelek jari-jari berukuran 100/80-18 di bagian depan dan 130/70 di belakang yang bisa diandalkan untuk melalui berbagai medan jalan. Di samping itu Viar Vortex 250 juga dibekali dengan suspensi depan upside down dan belakang monoshock.

Untuk dimensinya, Viar Vortex 250 mempunyai panjang 2.130 mm, lebar 868 mm dan tinggi 1.260 mm. jarak terendah ke tanah atau ground clearance mencapai 210 mm. posisi stang motor ini dibuat tinggi dan pijakan kaki agak ke depan sehingga pengendara bisa lebih rileks selama perjalanan.

Fitur

Motor Viar ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur. Seperti sistem pencahayaan yang sudah LED, baik untuk lampu depan, belakang dan sein. Penggunaan LED bisa meningkatkan visibilitas berkendara, terutama di malam hari.

Selain itu juga terdapat panel instrumen kombinasi. Untuk panel digital dapat memberikan informasi seputar kecepatan, konsumsi bahan bakar, jam, temperatur dan lain-lain. Sementara panel analog memuat informasi putaran mesin.

Baca juga: Honda CRF 250 Rally vs Kawasaki Versys-X 250

Motor ini juga dilengkapi dengan USB port dan power charger. Dengan begitu pengendara bisa mengisi daya gadget miliknya selama perjalanan.

Mesin

Melirik dapur pacunya, Viar Vortex 250 mengandalkan mesin berkapasitas 249 cc satu silinder dengan teknologi SOHC. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga hingga sebesar 25,15 PS pada 9.000 rpm dengan torsi puncak 22,5 Nm pada 7.000 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang lewat transmisi 6-percepatan manual. Sistem penyemprotan bahan bakarnya pun sudah injeksi. Untuk mendukung daya jelajah, Viar menyematkan tangki bahan bakar berkapasitas 15 liter.

Harga

Harga Viar Vortex 250 mencapai Rp 51,1 juta on the road (OTR) Jakarta. Tawaran harga ini tentu saja lebih murah dari rivalnya. Untuk pembanding, harga Kawasaki Versys-X250 di Indonesia mencapai Rp 62,3 juta (OTR Jakarta) untuk varian tanpa boks.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply