Home Auto News Motor Trail Yamaha Meluncur Akhir Tahun 2018

Motor Trail Yamaha Meluncur Akhir Tahun 2018

0 124

Motor Trail Yamaha, Pasar motor trail cukup menggiurkan di Tanah Air. Walaupun bukan menjadi model paling laris, motor trail mempunyai peminat tersendiri. Bahkan cenderung menaik dari tahun ke tahun. Tidak mengherankan bila Honda tertarik untuk terjun ke pasar ini.

Untuk trail 150 cc Honda mengandalkan CRF150L. Motor ini ditujukan untuk menyaingi eksistensi Kawasaki KLX yang selama ini tidak mempunyai lawan berarti. Mengikuti kompetitornya, Yamaha sebelumnya digadang-gadang akan menghadirkan motor trail 150 cc terbarunya di Tanah Air.

Hanya saja sampai saat ini motor Yamaha itu belum juga hadir. Kabar baiknya motor trail Yamaha 150 cc ini akan meluncur pada akhir tahun ini. Bocoran informasi ini disampaikan langsung oleh salah seorang sumber dari detikOto.

“Iya, peluncuran (trail 150 cc Yamaha) rencananya akhir tahun ini,” jelasnya.

Ada informasi menarik lain seputar motor terbaru Yamaha ini. Sumber tersebut menjelaskan bahwa motor trail tersebut akan mengandalkan basis mesin Yamaha Vixion. Hanya saja untuk rangkanya mungkin berbeda.

“Sudah pasti pakai mesin Vixion, tapi rangkanya mungkin akan beda,” ungkapnya.

Bila melihat trennya, merupakan hal yang wajar bila Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku agen pemegang merek Yamaha di Tanah Air meneruskan kejayaan mesin Vixion pada motor trail terbarunya. Sebab sebelumnya mesin dengan konfigurasi SOHC, 1 silinder, 4 katup ini sudah dipakai pada Yamaha R15 dan MX-King.

Dengan penggunaan mesin ini maka biaya produksi bisa dikurangi. Karena pabrikan tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk melakukan riset mesin baru lagi. Alhasil harga motor terbaru Yamaha itu nantinya bisa ditekan.

Lantas apa nama motor trail baru Yamaha itu?

Menurut informasi dari sumber, kemungkinan motor tersebut akan memakai kode nama seperti motor trail Yamaha di Eropa. “Kemungkinan besar ya, depannya pakai kode WR,” jelasnya.

Sebelumnya YIMM mempunyai Yamaha WR250R untuk pasar Indonesia. Motor dual purpose ini mempunyai dimensi panjang 2.180 mm, lebar 810 mm dan tinggi 1.230 mm. Ground clearance-nya mencapai 300 mm.

Motor ini mengandalkan mesin DOHC 4 tak, single silinder 4 valve. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 30,2 hp pada 1.000 rpm dengan torsi puncak 23,7 Nm pada 8.000 rpm.

Yamaha WR250R mengusung knalpot yang dilengkapi EXUP System yang membuatnya bisa mengatur tenaga supaya tidak mengeluarkan gas buang yang tinggi. Di samping itu motor trail ini juga mempunyai ECU 3D mapping.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply