Home Auto News Harga Motor Matic Honda Segera Naik, Imbas Rupiah Melemah

Harga Motor Matic Honda Segera Naik, Imbas Rupiah Melemah

Motor Matic Honda, Seperti yang diketahui bersama, nilai tukar rupiah terhadap dolar sedang melemah belakangan ini. Bahan mata uang rupiah sempat menembus nyaris Rp 15.000 per dolar.

Menguatnya nilai tukar dolar terhadap rupiah membuat sejumlah sektor terpengaruh. Salah satunya adalah industri otomotif yang masih mengandalkan bahan baku atau produk dengan status impor CBU (Completely Built Up).

Dampak tersebut juga berpengaruh pada salah satu agen pemegang merek roda dua ternama, PT Astra Honda Motor (AHM). APM Honda di Indonesia itu berniat untuk melakukan penyesuaian harga pada beberapa jajaran motornya.

“Ya, akibat kenaikan kurs dolar, per Juli kemarin sudah ada kenaikan di beberapa varian. Beberapa tipe matik, harganya naik Rp 100 ribuan. Moge CBU juga ada kenaikan harga dari Rp 2 juta sampai Rp 5 juta,” kata Thomas Wijaya, Marketing Director PT AHM, dikutip dari detikOto.

Tidak hanya pengaruh menguatnya kurs dolar saja, kebijakan pemerintah yang menaikkan Pajak Penghasilan (Pph) dari 7,5% menjadi 10% juga menjadi latar belakang di balik naiknya harga motor Honda di Indonesia.

“Ya, kita masih melihat kebijakan pemerintah dalam sisa tahun (2018) ini seperti apa. Yang pasti, harga produk CBU (akibat kebijakan tersebut) belum kita naikkan, kita masih melihat seperti apa ke depannya,” ungkap Thomas.

Untuk diketahui, Honda Indonesia mempunyai beberapa jajaran motor CBU. Antara lain Goldwing, Africa Twin, Forza, Rebel 500 dan CRF250RALLY.

Mengenai persentase produk lokal dan produk impor AHM, jumlahnya memang tidak signifikan. Dalam satu tahun Thomas menerangkan pihaknya menjual sekitar 4,5 juta unit motor. Sedangkan untuk produk impor hanya berkontribusi sekitar 1.000-2.000 unit saja.

Kondisi seperti ini bukan tidak mungkin akan menjalar ke merek motor yang lainnya. Sudah menjadi rahasia umum bila harga motor baru cenderung naik per tahun. Hal ini tidak hanya berlaku di pasar roda dua saja, namun juga di pasar mobil. Maka dari itu hal ini bisa menjadi momen Anda untuk segera membeli motor jika memang ingin membeli motor Honda baru.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply