Home Motor Motor 4-tak Pakai Knalpot 2-tak, Apa Efeknya?

Motor 4-tak Pakai Knalpot 2-tak, Apa Efeknya?

0 197

Motor 4-tak, Sebenarnya motor baru yang dijual di pasaran sudah dirancang sedemikian rupa sehingga mempunyai performa yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan harian penggunanya akan sepeda motor. Meski begitu pada kenyataannya masih ada saja pemilik yang belum puas dengan performa standar tunggangannya.

Maka dari itu tidak sedikit yang melakukan modifikasi motor. Bisa dari yang ringan-ringan seperti menambahkan aksesoris, memasang stiker hingga ubahan yang ekstrem seperti mendongkrak performa mesin.

Sebenarnya melakukan modifikasi pada kendaraan tidak salah. Asalkan kita tahu betul ubahan yang akan dilakukan aman untuk motor dan pengguna. Sebab tidak menutup kemungkinan ubahan yang dilakukan pada motor justru membuat performa motor turun atau yang paling berbahaya bisa mengancam keselamatan penggunanya.

Di internet sendiri sudah ada banyak referensi modifikasi. Mulai dari yang standar hingga yang anti-mainstream. Salah satunya adalah modifikasi sebuah motor matic yang viral beberapa waktu terakhir ini.

Menurut postingan beberapa akun Instagram, pemilik skuter matik tertarik memodifikasi bagian knalpot motor mereka dan menggantinya dengan milik motor 2-tak. Ubahan ini terlihat dari bagian knalpot yang berbeda dan muffler knalpot yang lebih kecil dibandingkan knalpot motor 4-tak.

Yang menjadi pertanyaan, apakah bisa motor 4-tak seperti motor matic menggunakan knalpot 2-tak?

Wedijanto Widarso, General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penjelasannya seputar fenomena tersebut.

“Sebenarnya desain knalpot motor sangat memengaruhi performa dan emisi dari motor. Sama-sama knalpot motor 4-tak saja desainnya berbeda untuk tiap tipe motor,” jelasnya, mengutip dari laman Kompas.

Knalpot 2-tak umumnya berhubungan dengan proses mesin ini bekerja. Mesin bekerja dalam satu siklus kerja di mana langkah kompresi dan langkah mengisap bahan bakar maupun udara. Saat terbakar, gas buang keluar bersama dengan udara segar. Untuk mengisap udara ini lagi, maka dibuat konstruksi knalpot yang memakai chamber.

Fungsi dari chamber adalah untuk memantulkan gas buang dari mesin 2-tak supaya memperoleh tenaga. Maka dari itu ukuran besar kecil chamber menentukan tenaga mesinnya. Semakin kecil ukuran chamber maka karakter tenaga motor kuat di putaran bawah. Sedangkan jika semakin besar maka tenaga keluar di RPM tinggi.

Dijelaskan pula bahwa pada sepeda motor 4-tak tidak memerlukan perut knalpot atau chamber seperti halnya pada motor 2-tak. Bagian knalpot motor 4-tak hanya membutuhkan header atau leher dan silincer atau peredam.

Wedijanto menerangkan, pemakaian knalpot 2-tak pada motor 4-tak kemungkinan membuat tenaga motor menjadi turun. Sebab jika mengurut prosesnya, gas buang harusnya dibuang langsung. Akan tetapi jika memakai knalpot 2-tak malah ditampung terlebih dahulu.

Postingan modifikasi motor matic 4-tak yang memakai knalpot 2-tak mendapat perhatian banyak orang. Banyak yang menyayangkan keputusan pemilik untuk memakai knalpot 2-tak. Sebab motor yang dipakai masih cukup baru.

Modifikasi motor adalah hal yang tidak salah selama dilakukan dengan benar. Jika Anda tertarik untuk melakukan ubahan pada motor, jangan lupa memperhatikan apakah modifikasi tersebut aman untuk pengguna maupun untuk motor itu sendiri.

Source: Efek 4 tak pakai knalpot 2 tak, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply