Home Auto News Mobil Skoda Berpotensi Masuk Indonesia, Kenalan Singkat Yuk

Mobil Skoda Berpotensi Masuk Indonesia, Kenalan Singkat Yuk

0 86

Mobil Skoda, Belum lama ini pemerintah Indonesia bertemu dengan Ketua Senat Republik Ceko Milan Stech. Pertemuan ini dalam rangka upaya merangsang investasi di dalam negeri. Ada sejumlah sektor yang menjadi fokus kerjasama antara Indonesia dengan Ceko, salah satunya adalah sektor otomotif.

Jika melihat pasar otomotif Ceko, ada merek mobil bernama Skoda yang sangat erat kaitannya dengan negara tersebut. Lantas apakah merek mobil ini nantinya akan masuk Indonesia.

Mengenai hal tersebut, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Putu Juli Ardika menjelaskan bahwa ada kemungkinan Skoda masuk dan berinvestasi di Indonesia. Akan tetapi untuk saat ini belum bisa dipastikan.

“Pihak Ceko belum menyampaikan secara detil kepastian waktu Skoda akan masuk ke Indonesia. Pihak Ceko juga masih membuka kesempatan berdiskusi dalam membahas kerja sama yang dapat dilakukan, baik dalam bentuk investasi atau kerja sama dagang,” jelasnya mewakili pihak Kementerian Perindustrian, dikutip dari detikOto.

Untuk diketahui, Skoda adalah merek otomotif asal wilayah Eropa tengah, Republik Ceko. Menariknya merek ini sendiri sudah ada sejak lama, yakni sejak tahun 1895 yang artinya sudah berusia 122 tahun. Kini sebagian saham Skoda dipegang oleh grup otomotif asal Jerman, Volkswagen.

Walaupun cukup asing di telinga kita, rupanya mobil Skoda terbilang laris di Eropa, bahkan hingga di negara Asia Pasifik. Rencananya pada tahun 2019 mendatang Skoda akan memperkenalkan mobil plug-in hybrid yang diberi nama Skoda Superb.

Mobil yang ditawarkan Skoda juga beragam. Mulai dari sedan, city car, hatchback hingga SUV. Salah satu mobil Skoda yang terkenal adalah Skoda Octavia, Skoda Rapid hingga hatchback Fabia. Selain itu Kodiaq dan Yeti juga menjadi SUV populer dari Skoda. Lantas berapa harga mobil Skoda ini?

Menurut situs resmi Skoda India, harga mobil ini mulai dari Rp 119 jutaan sampai dengan Rp 600 juta. Skoda Kodiaq menjadi SUV termahal karena dipatok Rp 630 jutaan. Sedangkan Skoda Superb dibanderol mulai Rp 400 juta hingga Rp 600 jutaan.

Selain itu ada Skoda Citigo 5 pintu yang dijual terjangkau, yakni Rp 119 jutaan. Ada pula Skoda Rapid dan Fabia yang dipasarkan dengan harga Rp 200 jutaan, Yeti Outdoor Rp 236 jutaan dan Octavia Rp 348 jutaan.

Di samping untuk urusan otomotif, sektor lain juga mendapat sorotan dalam kerjasama Indonesia-Ceko. Diantaranya Energi terbarukan, seabed exploration, perhubungan, kesehatan dan pendidikan.

Sebelum menyudahi pertemuan di Indonesia, Stech juga mengungkapkan harapannya supaya hubungan dengan Indonesia dapat ditingkatkan. Ia juga berharap ada banyak produk Indonesia yang akan masuk Ceko, baik langsung ataupun lewat Uni Eropa. Begitu juga sebaliknya, agar produk-produk Ceko juga banyak yang masuk ke Indonesia.

Menurut data Kemenlu, hubungan bilateral Indonesia dengan Ceko sudah berlangsung sejak tahun 1930-an, saat Ceko masih dalam bentuk Federasi Cekoslowakia. Untuk diketahui, Cekoslowakia menjadi salah satu negara pertama di Eropa yang secara resmi mengakui kemerdekaan Indonesia. Sejak 1993 Ceko berpisah secara damai dengan Slowakia dan sejak itu hubungan Indonesia-Ceko mulai memasuki babak baru.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply