Home Auto News Jawa, Merek Motor Ceko yang Kemungkinan Hadir di Indonesia

Jawa, Merek Motor Ceko yang Kemungkinan Hadir di Indonesia

0 104

Jawa, Tersiar kabar bahwa salah satu merek mobil asal Ceko, Skoda akan masuk ke Indonesia. Selain itu juga ada merek roda dua asal Ceko, Jawa Motors (Jawa Motokov) yang juga berpotensi masuk Indonesia. Pasar roda dua di Tanah Air sendiri memang cukup menjanjikan sehingga menarik di mata merek sepeda motor untuk ikut terjun.

Hanya saja kehadiran motor Jawa di Indonesia belum bisa dipastikan. “Kita belum masuk ke diskusi level teknis. Masih distudi dan dijajaki lebih lanjut bagi yang berminat (merek otomotif asal Ceko yang masuk ke Indonesia),” jelas Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (Ditjen ILMATE) Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika, melansir drai detikOto.

Melihat namanya, mungkin Anda mengira bahwa Jawa Motors diambil dari nama pulau Jawa. Akan tetapi rupanya tidak demikian. Nama tersebut diambil dari nama founder Frantisek Janecek yang mengakuisisi salah satu pabrikan sepeda motor asal Jerman, Wanderer. Setelah itu kedua nama tersebut, Janecek dan Wanderer digabung sehingga menjadi Jawa.

Pabrikan motor ini sendiri sudah berdiri cukup lama, sejak 1929. Melihat jajaran motor yang ditawarkan, Jawa mengunggulkan desain klasik retro seperti kendaraan yang dipakai di zaman perang dunia.

Di tahun 1950 Jawa menjadi produsen roda dua terlaris. Model 50 Pérák berhasil terjual ke 120 negara berbeda. Tidak berhenti sampai di situ, di tahun 1970 Jawa juga sukses memasarkan 350 Californian. Hanya saja masuk tahun 1990 Jawa mengalami krisis. Hingga tahun 1997, perusahaan pengganti dibentuk di Týnec nad Sázavou dan mengganti nama Jawa menjadi JAWA Motors.

Sampai saat ini Jawa masih aktif meluncurkan motor baru dengan tetap mempertahankan desain klasik. Seperti menghadirkan 350 OCH, motor bermesin 4-tak berkapasitas 397 cc injeksi satu silinder yang sudah sesuai dengan regulasi Euro4. Tenaga maksimum mesin ini 27,7 hp dengan torsi 30,6 Nm dan disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Pembuatan mesin motor Jawa tidak dilakukan sendiri, melainkan ada campur tangan oleh pabrikan asal Tiongkok, Shineray. Sekarang sebagian besar kepemilikan Jawa juga sudah di akuisisi oleh pabrikan asal India, Mahindra, karena tahun lalu mereka hampir saja gulung tikar.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply