Home Auto News 2 Mobil Suzuki ini Akan Bawa Teknologi Hybrid

2 Mobil Suzuki ini Akan Bawa Teknologi Hybrid

0 135

Mobil Suzuki, Saat ini sejumlah pabrikan mulai serius dalam mengembangkan mobil listrik. Salah satunya adalah salah satu merek mobil asal Jepang, Suzuki. Disebutkan bahwa kendaraan listrik menjadi fokus Suzuki di masa depan. Bahkan akan ada beberapa mobil baru Suzuki yang akan mendapat varian berbasis listrik.

“Teknologi mild hybrid akan beralih ke sistem 12-volt pada mobil kecil dan 48-volt ke model yang lebih besar —ini akan terjadi pada 2020,” ujar Dale Wyatt, Managing Director Suzuki Inggris Raya, dikutip dari laman Kumparan.

Wyatt juga mengungkapkan beberapa model yang akan mendapat varian plug-in hybrid (PHEV). Ada setidaknya dua model, yaitu Suzuki S-Cross dan Suzuki Vitara. “Iya untuk S-Cross dan Vitara. Tidak untuk Swift dan Celerio,” jelasnya.

Sudah bisa dipastikan mobil Suzuki varian PHEV itu nantinya akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. Wyatt memprediksi harga Suzuki Vitara dan S-Cross PHEV harganya akan lebih tinggi sekitar 10 ribu pound sterling atau sekitar Rp 193 jutaan.

Baca juga: Honda HR-V vs Suzuki S-Cross, Pilih Mana?

Jika melihat jajaran mobil Suzuki yang ada di pasaran, ada Suzuki Swift yang sudah lebih dulu memakai teknologi hybrid. Mobil ini sendiri sempat dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Teknologi hybrid ini diperkenalkan pada tahun 2017. Dengan memadukan Dual Jet Engine (mesin bahan bakar) dan Motor Generator Unit (MGU). Kedua mesin tersebut bekerja pada porsinya masing-masing.

Dual Jet Engine bertugas untuk memacu kendaraan dengan tenaga besar. Sedangkan MGU bekerja untuk mendukung kinerja efisiensi bahan bakar kendaraan.

Untuk Dual Jet Engine mempunyai kapasitas sebesar 1.200 cc. Tenaga yang dihasilkan bisa menembus 89 dk pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimum 118 Nm pada 4.400 rpm.Sementara untuk MGU sanggup mengeluarkan tenaga 13 dk dengan torsi 30 Nm.

Di samping itu mobil ini juga dilengkapi dengan baterai 446 wH yang mempunyai tegangan 101,4 volt.

Dengan perpaduan dua mesin tersebut, berdasarkan pengujian dengan metode JC 08 All New Suzuki Swift Strong Hybrid sanggup mencatat efisiensi bahan bakar hingga 32 km/liter. Perolehan tersebut membuat Suzuki Swift Hybrid diklaim lebih irit dibanding mobil Suzuki lainnya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply