Home Auto News Ini Mobil Listrik Peugeot e-Legend, Mewah dan Canggih!

Ini Mobil Listrik Peugeot e-Legend, Mewah dan Canggih!

0 83

Mobil Listrik Peugeot, Sudah menjadi rahasia umum bahwa mobil berbahan bakar fosil menyimpan sejumlah permasalahan. Salah satunya adalah polusi udara. Untuk mencegah pencemaran udara yang semakin parah, beberapa pabrikan mobil mulai melakukan berbagai terobosan. Seperti menghadirkan mobil bertenaga listrik.

Mobil listrik tidak menghasilkan polusi udara sehingga digadang-gadang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada mobil konvensional. Sejalan dengan tren tersebut, Peugeot juga memamerkan mobil konsep terbarunya yang diberi nama e-Legend.

Mobil listrik ini hadir di Paris Motor Show 2018. Melihat tampilannya, Peugeot e-Legend tampil memikat dengan twin module lampu depan. Selain itu bumper depan juga dibuat rendah.

Tampilan ini mirip dengan era bumper stainless steel dengan laburan krom. Sementara bagian buritan terdapat grafis cakar tiga yang menjadi signature pada lampu belakang.

Peugeot e-Legend hadir dalam bentuk coupe. Dimensi panjangnya mencapai 4.650 mm, dengan lebar mencapai 1.930 mm dan tinggi 1.370 mm. untuk jarak sumbu roda alias wheelbase mencapai 2.690 mm.

Sisi interior juga menyimpan daya tarik tersendiri dari mobil ini. Peugeot e-Legend mempunyai banyak teknologi canggih. Kontrol konvensional menggunakan model knob putar. Selain itu juga terdapat layar sentuh 6 inci di dalam mobil ini.

Peugeot juga menyertakan layar besar 29 inci pada pintu dan 12 inci di sun visor. Tidak cukup hanya itu, terdapat layar melengkung 49 inci yang bisa muncul dari dasbor untuk menikmati beragam h hiburan. Seperti menonton video hingga bermain video game. Jika dijumlahkan ada 16 layar di interior e-Legend.

Uniknya lagi kemudi tidak menghalangi pandangan maupun aktivitas saat mengakses layar 49 inci. Pasalnya saat memilih mode hiburan, kemudi akan terlipat dan masuk ke dalam dasbor. Dalam mode ini kabin e-Legend seakan berubah menjadi ruang khusus hiburan dengan kursi yang dapat diatur secara fleksibel untuk meraih kenyamanan.

Sistem audio Peugeot e-Legend juga menarik untuk dibahas. Berkat kerjasama dengan Focal, mobil ini menawarkan pengalaman mendengarkan audio yang berbeda. Pengemudi dapat mendengarkan audio berbeda dengan penumpang.

Contohnya jika pengemudi mendengarkan arahan navigasi dari sistem, penumpang lain tidak bisa mendengar sehingga tidak terganggu. Selain itu juga terdapat fitur zoning yang memungkinkan masing-masing penumpang mendengarkan musik yang berbeda tanpa saling mengganggu satu sama lain.

Peugeot e-Legend Concept juga mengandalkan material yang berkualitas dan mewah. Contohnya adalah diusungnya bahan velvet dan kayu untuk trim. Selain itu juga terdapat parfum khusus untuk e-Legend yang dikreasikan oleh Ex-Nihilo.

Menurut informasi Paultan yang dilansir Liputan6, tampilan mobil ini terkesan old school. Meski begitu untuk urusan dapur pacu terbilang canggih.

Peugeot e-Legend dipersenjatai powertrain dua motor listrik yang sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 456 hp dan torsi puncak 800 Nm. Dengan begitu mobil listrik Peugeot ini diklaim bisa melesat hingga 100 km/jam dalam waktu kurang dari 4 detik.

Tenaga tersebut didukung oleh baterai 100 kWh yang memungkinkan e-Legend melesat hingga sejauh 600 km.

Tidak hanya itu, masih ada daya tarik lain. Mobil ini mengusung fitur pengisian nirkabel untuk memudahkan pengisian baterai. Peugeot mengklaim pengisian baterai mobil hanya membutuhkan waktu 25 menit untuk bisa menempuh jarak sejauh 500 km.

Peugeot e-Legend tersedia dalam dua mode, ysitu mode manual dan otonom. Mode manual diberi nama Sharp, sementara otonom bernama Soft.

Untuk mode Soft menawarkan kenyamanan yang lebih baik serta minim kontak dengan layar digital. Kedua Sharp dengan akurasi dan kedinamisan lebih tinggi yang menawarkan koneksi antara pengemudi dengan layar dan fitur digital sehingga dapat mengakses media sosial, jadwal dan lain sebagainya secara online.

Sekilas informasi, pada akhir 1960-an Peugeot bekerjasama dengan Pininfarina untuk merancang Peugeot 504 coupe. Mobil ini sendiri diperkenalkan pertama kali pada 1968 dan diproduksi terakhir pada tahun 1983. Mobil inilah yang menjadi inspirasi desain e-Legend.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply