Home Auto News Mitsubishi Xpander Tetap yang Terlaris, Toyota Avanza Bertahan

Mitsubishi Xpander Tetap yang Terlaris, Toyota Avanza Bertahan

0 150

Mitsubishi Xpander, Kehadiran Mitsubishi Xpander memang benar-benar membuat perubahan berarti dalam pasar otomotif, khususnya di segmen low MPV (Multi Purpose Vehicle). Pasalnya mobil ini berhasil menaklukkan Toyota Avanza yang selama ini menjadi mobil terlaris di Indonesia.

Bahkan prestasi mobil Mitsubishi itu masih berlanjut. Hal ini bisa dilihat dari data penjualan Agustus 2018 Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Pada bulan Agustus kemarin mobil keluarga Mitsubishi ini berhasil terjual nyaris 7 ribu unit.

Dari data penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer), Mitsubishi Xpander berhasil terjual sebanyak 6.923 unit. Sementara itu mobil sejuta umat Toyota tetap bertahan diperingkat kedua dengan total penjualan 6.210 unit. Itu artinya selisih penjualan keduanya hanya 713 unit saja.

Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap mobil MPV Mitsubishi masih tinggi. Meski begitu Toyota Avanza juga patut diapresiasi. Pasalnya mobil ini masih diminati oleh banyak masyarakat meski masih bertahan dengan baju lama.

Walaupun sampai detik ini belum diketahui persis kapan Toyota Avanza terbaru hadir, mobil Toyota ini tetap sukses diburu banyak konsumen. Salah satu kuncinya bisa jadi terletak pada penggerak belakang. Demikian menurut Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Vehicle Sales Planning TAM. Ia mengungkapkan bahwa hal tersebut bisa membuat harga jual kembali tetap bagus.

Akan tetapi juga ada sebagian konsumen Toyota Avanza yang beralih ke Toyota Rush lantaran bosan degnan model Avanza yang tak kunjung dapat penyegaran. Kemungkinan Toyota tidak ingin gegabah dalam menyiapkan generasi penerus Avanza. Hanya saja di sisi lain hal ini bisa menjadi bumerang yang justru membuat Avanza semakin tertinggal dari kompetitornya.

Baca juga: Harga Low MPV Agustus 2018 Berubah, Xpander dan Avanza Naik

Menurut data penjualan Agustus 2018 kemarin selisih penjualan Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza memang sedikit. Akan tetapi lain halnya jika ditotal mulai dari Januari sampai Agustus 2018. Penjualan Xpander berhasil menembus angka 64.441 unit. Disusul oleh Toyota Avanza yang membukukan penjualan 52.431 unit.

Tampaknya konsumen saat ini lebih pandai dalam membeli mobil baru. Mereka tidak hanya memperhatikan merek dan tawaran spesifikasi suatu produk saja, namun juga bagaimana layanan purnajual atau aftersales yang ditawarkan masing-masing merek. Seperti yang diketahui, soal yang satu ini Toyota mempunyai jaringan purnajual yang luas.

Akan tetapi menurut analisis J.D. Power menunjukkan hasil yang berbeda mengenai kepuasan pelanggan. Hasil dari Indonesia Customer Service Index (Mass Market), memunculkan formasi anyar.

Diketahui ada beberapa elemen layanan yang diharapkan konsumen. Dan hasilnya Mitsubishi berhasil memperoleh peringkat tertinggi di skor 817 soal kepuasan layanan secara keseluruhan. Sementara itu Toyota berada di peringkat kedua dengan skor 801, hanya selisih 16 poin saja.

Melihat data yang disajikan Gaikindo, jika ditotal penjualan wholesales pada Agustus, tercatat sebanyak 102.197 unit. Angka ini turun sedikit dibanding pencapaian pada bulan Juli 2018. Penjualan mobil pada Juli 2018 lalu tercatat sebanyak 107.474 unit. Dan hasil penjualan bulanan Xpander terbilang turun, dibanding dengan Juli 2018 sebanyak 7.570 unit.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply