Home Oto Guide Ini Kelebihan Mobil SUV Dibanding MPV

Ini Kelebihan Mobil SUV Dibanding MPV

0 109

Mobil SUV, Saat ini mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) masih menjadi primadona di Indonesia. Masyarakat cenderung lebih senang bepergian bersama keluarga. Sementara itu MPV umumnya menawarkan konfigurasi 7-penumpang yang memungkinkan pengguna membawa banyak penumpang sekaligus.

Oleh karenanya volume penjualan MPV di pasar otomotif Indonesia tergolong besar. Akan tetapi seiring berjalannya waktu tidak hanya MPV saja yang menawarkan konfigurasi tujuh kursi. Juga ada mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang juga menawarkan kabin yang lapang. SUV terbaru yang beredar di pasaran saat ini juga ada yang mempunyai kapasitas kabin 7 penumpang.

Lalu apa yang menjadi keunggulan dari SUV 7-penumpang?

Melihat kapasitas penumpangnya, kedua mobil ini memang terbilang mirip. Meski begitu ada perbedaan di antara kedua jenis mobil ini.

Menurut situs resmi Hyundai, SUV pada dasarnya merupakan kombinasi antara sedan dan jip. Mobil SUV punya ciri khas pada sisi bodi yang dibuat besar dan ground clearance yang tinggi. Dengan dimensi ini SUV ditujukan untuk melibas berbagai kondisi jalan. Baik jalan raya dengan kondisi jalanan yang halus atau jalan tanah dengan kontur bergelombang atau bahkan rusak.

Saat ini pilihan SUV juga semakin beragam. Contohnya ada SUV dengan dimensi yang lebih kompak. Sehingga mobil ini tidak hanya cocok dikendarai oleh kaum adam saja, namun juga oleh perempuan.

Walaupun berukuran lebih kecil, SUV kompak tetap mempunyai jarak pandang yang lebar, plus adanya banyak fitur canggih. Misalnya SUV keluaran terbaru saat ini ada yang dilengkapi dengan sensor parkir di bagian depan sampai belakang. Selain itu juga ada kamera parkir 360.

Lantaran mempunyai ground clearance atau jarak bebas ke tanah yang tinggi, pengemudi akan lebih mudah untuk melewati jalanan yang bergelombang maupun yang tergenang air. Apalagi umumnya SUV dibekali dengan roda berdiameter 15 inci dengan ketebalan mirip jip yang membuatnya dapat meredam guncangan jalan yang tidak rata.

Selain itu beberapa SUV juga mempunyai pilihan penggerak empat roda yang membuatnya memiliki daya jelajah yang lebih tinggi. Sebab tersalurnya tenaga mesin ke keempat roda sekaligus akan menghasilkan traksi lebih baik.

Itulah beberapa keunggulan dari mobil SUV yang tidak ditemui pada MPV 7-penumpang. Meski punya beberapa keunggulan, pilihan tetap kembali ke tangan konsumen. Apakah senang dengan mobil bertubuh bongsor atau masih suka dengan MPV yang punya bodi sedikit lebih kecil namun dengan tawaran kabin yang tetap lapang. Jadi bagaimana, apakah Anda lebih menyukai MPV atau ingin ‘naik kelas’ dengan memilih SUV 7-penumpang?

Source: Isuzu Suv terbaru, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply