Home Auto News Yamaha R125 2019 Dirilis, Mirip R15 Indonesia

Yamaha R125 2019 Dirilis, Mirip R15 Indonesia

Yamaha R125, Yamaha Motor UK (United Kingdom) baru saja menghadirkan pembaruan pada salah satu motor sport fairing-nya, YZF-R125. Motor Yamaha ini tampil lebih segar dibanding pendahulunya. Bila diperhatikan, Yamaha New YZF-R125 2019 mempunyai tampilan mirip dengan All New Yamaha R15 yang dijual di Indonesia.

Meski mempunyai tampilan yang mirip dengan saudaranya, Yamaha YZF-R125 membawa banyak perubahan spesifikasi. Berikut adalah detail lengkap seputar Yamaha YZF-R125 2019 yang dijual di Eropa.

Desain

Jika menyandingkan Yamaha R125 2018 dengan versi terbaru, maka perubahan besar terlihat pada bagian desain. Mulai depan sampai belakang terlihat banyak berubah. Memang tampilan R15 terbaru lebih terlihat menarik dibandingkan model lama.

Melihat bagian depan, terdapat lampu utama yang sudah mengadopsi teknologi LED. Lalu garis desainnya menjadi lebih sporty. Pasalnya desainnya mirip dengan supersport Yamaha R-Series lain seperti R6.

Meski begitu terdapat perbedaan antara R125 terbaru dengan R15 yang dijual di Indonesia saat ini. Pada Yamaha R125 2019 skema warnanya lebih dominan hitam. Menariknya lagi Yamaha R125 2019 mempunyai opsi warna Competition White.

Varian ini memadukan warna putih dan hijau stabilo yang mirip dengan Yamaha R6. Di sisi pelek juga dibalut dengan warna kuning, dengan sentuhan aksen kuning menyala di bagian fairing depan dan buritan.

Selain putih, Yamaha R125 juga mempunyai pilihan warna biru dan hitam. Warna birunya berbeda dari All New R15. Jika dicermati, warna biru R15 terlihat lebih ramai, dengan perpaduan warna hitam di fairing depan, side fairing, tangki dan sepatbor depan.

Baca juga: Desain Paten Yamaha R25 Terbaru Beredar

Lain halnya dengan Yamaha R125 terbaru yang warna birunya dipadukan dengan warna hitam yang ada di seluruh side fairing saja.

Yang tak kalah menarik adalah warna hitam metalik yang dikombinasikan dengan aksen warna putih di fairing depan dan belakang. Opsi warna ini terlihat paling polos dibanding pilihan warna lainnya. Akan tetapi pewarnaan seperti ini justru membuat Yamaha R125 terlihat lebih elegan.

Kaki-kaki

Berpindah ke sektor kaki-kaki, ternyata Yamaha R125 masih mempertahankan spesifikasi dari R125 versi pendahulu. Hal ini bisa dilihat dari lokasi cakram. Pada Yamaha R125 terbaru piringan cakram berada di sebelah kiri. Lain halnya dengan Yamaha R15 Indonesia yang letaknya berada di kanan.

Sedangkan untuk ukuran rodanya mirip dengan All New R15. Untuk bagian depan berukuran 100/80 dan bagian belakang 140/70 dengan ring 17, lebih besar dari model sebelumnya.

Perbedaan lain terdapat pada ban. Jika pada All New R15 memakai IRC, pada Yamaha R125 menggunakan ban keluaran Michelin.

Untuk suspensi tetap sama. Keduanya mengandalkan suspensi Kayaba upside-down yang dilabur dengan warna emas.

Motor Yamaha  ini juga tetap menggunakan sasis deltabox yang dikombinasikan dengan swingarm aluminium model asimetris. Sasis ini diklaim membuat kestabilan lebih baik dan mudah dikontrol oleh penunggang.

Mesin

Sektor dapur pacu juga mendapat pembaruan. Yamaha New R125 2019 mengandalkan mesin berteknologi Variable Valve Actuation (VVA). Mirip dengan All New Yamaha R15.

Teknologi Yamaha ini diklaim membuat performa Yamaha R125 terbaru menjadi lebih merata. Tidak hanya di putaran bawah saja namun juga atas. Hal ini diraih berkat pemakaian camshaft 2 profil.

Di samping itu Yamaha R125 2019 juga dilengkapi dengan assist dan slipper clutch pada sistem transmisinya. Fitur ini biasanya dipakai pada motor sport bermesin besar Yamaha.

Untuk output daya tentu saja lebih kecil dari R15. Motor Yamaha terbaru yang dipersenjatai mesin 125 cc SOHC satu silinder, 4 katup, berpendingin cairan ini mempunyai tenaga maksimum 11,75 dk pada putaran 9.000 rpm dengan torsi maksimum 12,4 Nm pada 8.000 rpm.

Sebagai pembanding, Yamaha R15 terbaru mempunyai tenaga maksimum 19,04 dk pada 10.000 rpm dan torsi puncak yang menembus angka 14,7 Nm pada putaran mesin 8.000 rpm.

Selain itu Yamaha juga menyematkan fitur lain pada motor sport fairing ini. Yakni shift light dan informasi seperti tripmeter yang bisa ditemui pada panel instrumen digitalnya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply