Home Auto News Yamaha Tenere 700 World Raid, Motor Petualang Baru Yamaha

Yamaha Tenere 700 World Raid, Motor Petualang Baru Yamaha

0 155

Yamaha Tenere 700, Yamaha belakangan ini cukup aktif memberikan pembaruan terhadap produknya ataupun meluncurkan motor baru. Yang menjadi buah bibir para pecinta roda dua, khususnya pecinta motor petualangan akhir-akhir ini adalah Yamaha Tenere 700 World Raid.

Motor Yamaha terbaru ini memang belum resmi diluncurkan. Akan tetapi rencananya motor ini akan hadir di ajang pameran motor dunia, EICMA yang akan berlangsung beberapa waktu mendatang di Milan.

Video seputar motor Yamaha ini juga sudah dirilis. Bahkan Yamaha Tenere 700 World Raid terlihat utuh. Petualang bermotor senior, Nick Sanders, menunggangi motor untuk untuk melibas medan off road. Ia terlihat menerima Yamaha Ténéré 700, melakukan unboxing dan siap menjelajah dalam event world raid.

Sama seperti versi konsep yang pernah dipamerkan Yamaha, Yamaha Tenere 700 ini mengusung basis khas motor petualang. Dalam video Yamaha Tenere 700 World Raid terlihat modern. Tampilan yang modern dari motor Yamaha ini berpadu serasi dengan karakternya sebagai motor petualang yang bisa diajak melibas alam bebas.

Jika diperhatikan lebih dekat, di bagian fascia terdapat lampu depan dengan empat lensa di dalamnya. Desainnya dibuat menyatu dengan windshield. Tidak hanya itu, kaki-kaki juga terlihat tangguh. Yamaha tidak menghadirkan batok khusus untuk lampu dan penghalau angin yang terpisah, melainkan disatukan sehingga terlihat tangguh.

Sedangkan untuk sektor suspensi juga tampil mencolok karena di bagian depan motor Yamaha ini mengandalkan suspensi upside down dengan balutan warna emas. Lalu untuk mendukung kemampuan off road-nya Yamaha menyematkan kombinasi ban pacul dengan profil lebar.

Tampilan adventure Yamaha Tenere 700 World Raid tampak mirip dengan Honda CRF1000L Africa Twin atau BMW R1200GS. Meski begitu hal ini membuat tampilan motor Yamaha tersebut menarik. Sebab motor ini hadir dengan karakter motor penjelajah yang tangguh namun tetap terlihat estetis di jalan raya.

Agar bisa bersaing di segmennya, Yamaha Tenere 700 World Raid memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya terlihat pada bagian bodi. Motor ini mempunyai bodi yang ringkas.

Baca juga: Yamaha R125 2019 Dirilis

Hal ini bisa menjadi jawaban atas keluhan pengguna motor adventure. Sebab kebanyakan motor petualang dinilai berat, terlalu besar dan juga dijual dengan harga yang mahal. Keunggulan yang satu ini juga terlihat pada video teaser di mana Yamaha menonjolkan kepiawaian Yamaha Tenere 700 World Raid dalam bermanuver layaknya motorcross.

Untuk diketahui, motor ini pertama kali hadir dalam wujud konsep dengan nama T7 Project. Motor konsep ini pertama kali hadir pada tahun 2016. Saat itu fokus pengembangan motor tersebut adalah untuk menyajikan kembali motor rally yang dulu pernah menjadi kebanggaan merek motor berlogo tiga garputala. Kini dengan teknik terbaru Yamaha mencoba menghadirkan desain motor dengan teknologi sasis dan mesin yang ringan.

Berbicara soal mesin, Yamaha Tenere 700 mengandalkan dapur pacu legendaris dari MT-07. Mesin berkubikasi 689 cc ini mempunyai desain yang ringkas, dengan karakter torsi yang melimpah. Dengan begitu motor ini diklaim menyenangkan dikendarai di berbagai medan, baik aspal, pasir maupun lumpur.

Selain itu Yamaha Tenere 700 juga akan dijual dengan opsi aksesori performa. Seperti knalpot buatan Akrapovic bergaya reli yang dirancang khusus untuk meningkatkan kinerja sekaligus tampilan motor.

Di samping itu posisi tangki bahan bakar motor Yamaha ini juga didesain untuk ergonomi yang lebih baik. Sementara untuk sasis diklaim telah memakai baja yang kuat.

Motor Yamaha ini juga dilengkapi dengan panel bodi samping, fender depan dan sepatbor belakang yang terbuat dari bahan serat karbon. Sehingga tampilan motor menjadi lebih premium.

Untuk melihat detail Yamaha Tenere 700 silakan menunggu acara EICMA yang akan berlangsung November mendatang. Di segmennya motor ini akan berhadapan dengan BMW F750GS, F850GS, dan Moto Guzzi V85TT.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply