Home Auto News Fitur dan Spesifikasi Yamaha R25 2019

Fitur dan Spesifikasi Yamaha R25 2019

Yamaha R25, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akhirnya resmi meluncurkan generasi terbaru R25. Motor Yamaha ini meluncur dengan berbagai sentuhan pembaruan. Salah satunya adalah desain yang semakin segar dan sporty berkat mengadopsi DNA R Series.

Bagi yang berminat, harga Yamaha R25 terbaru ini mencapai Rp 58,6 juta untuk varian standar. Lalu untuk tipe Movistar Livery dibanderol sedikit lebih mahal, yakni Rp 58,9 juta on the road Jakarta. Sebelum memutuskan untuk membeli, tidak ada salahnya untuk melihat detail Yamaha R25 2019 ini.

Salah satu fakta menarik dari motor sport Yamaha ini ada pada bobotnya. Pasalnya motor ini mempunyai bobot yang lebih ringan. Bobot kosong Yamaha R25 terbaru mencapai 166 kg untuk non ABS dan 169 kg untuk versi ABS.

Di samping itu motor ini juga mengadopsi suspensi depan upside down. Suspensi ini dibalut dengan warna emas sehingga tidak hanya membuat tampilan motor kekar namun juga mencolok. Tidak hanya itu, shock ini juga mempunyai performa yang lebih baik untuk manuver maupun stabilitas dalam kecepatan tinggi.

Hal ini sekaligus membuatnya sepadan dengan Honda CBR250RR. Sebab motor berlogo sayap mengepak itu memang sudah mengadopsi suspensi depan upside down.

Yamaha R25 generasi terbaru juga dilengkapi dengan layar LCD monokromatik berukuran besar. Panel ini menampilkan berbagai informasi secara digital. Misalnya untuk putaran mesin tersaji dalam bentuk bar yang mengisi angka 1-15. Setiap bar mewakili seribu putaran mesin.

Lalu posisi gigi dan kecepatan rata-rata disajikan dalam format angka. Uniknya informasi seputar konsumsi bahan bakar rata-rata disajikan dalam format kilometer per liter maupun liter per 100 km. sedangkan tangki bahan bakar hadir dalam format parameter 5 bar.

Tidak cukup hanya itu, juga terdapat gear shift timing light. Lampu putih ini menyala saat putaran mesin mencapai kecepatan yang ditentukan. Pengendara dapat mengatur kecepatan yang dituju untuk perpindahan, pola kedipan cahaya hingga tingkat keterangannya.

Sentuhan modern juga terdapat pada bagian lampu depan dan belakang yang sudah memakai jenis LED. Lampu ini berisi titik-titik diode yang membentuk aksara Y di bagian belakang. Lampu LED juga dikenal hemat daya dan juga lebih tahan lama.

Di bagian depan juga terdapat air scoop yang berada di tengah-tengah lampu depan. Alhasil tampilannya semakin menyerupai motor balap.

Yamaha R25 ditawarkan dalam tiga varian warna. Antara lain biru khas motor sport Yamaha, Merah Matte dan Hitam Matte.

Berpindah ke dapur pacu, Yamaha R25 dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 250 cc 2 silinder DOHC, 8 katup. Mesin berpendingin cairan ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 25,5 kW pada putaran 12.000 rpm dengan torsi maksimum 22,6 Nm pada 10.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang lewat transmisi 6-percepatan.

Yamaha R25 ternyata juga dibekali dengan tombol starter khas motor gede. Tombol starter pada dasarnya berfungsi untuk menghidupkan mesin setelah motor dalam kondisi on. Pada Yamaha R25 memakai tuas geser naik turun yang menggabungkan kontrol menghidupkan motor serta mematikan mesin (engine cut off). Tuas ini umumnya ditemui pada motor gede alias moge bermesin di atas 500 cc.

Walaupun sudah hadir, sayangnya motor Yamaha ini belum bisa dipesan. YIMM sendiri belum mengeluarkan pengumuman soal kapan Yamaha R25 terbaru ini bisa dipesan oleh calon konsumen dan sampai di diler penjualan.

Minoru Morimoto, Presiden Direktur PT YIMM mengatakan saat ini pihaknya segera memproduksi R25 dan R3 terbaru. Beberapa waktu setelahnya konsumen dapat memiliki motor terbaru Yamaha itu.

“Saat ini kita sudah mulai proses produksi setelah perkenalan ini. Diperkirakan mungkin dalam waktu dua bulan konsumen sudah dapat memesan motor ini,” ujarnya, dikutip dari KompasOtomotif.

Spesifikasi Yamaha R25 2019

Mesin
TIPE MESIN Liquid cooled 4-stroke, DOHC
SISTEM BAHAN BAKAR Fuel Injection
TIPE KOPLING Basah, Kopling manual , Multiplat
TIPE TRANSMISI Constant mesh 6-kecepatan
JUMLAH / POSISI SILINDER Inline 2-cylinder
DIAMETER X LANGKAH 60,0 x 44,1 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI 11,6 : 1
DAYA MAKSIMUM 26,5kW/12000rpm
TORSI MAKSIMUM 22.6Nm/10000rpm
SISTEM STARTER Elektrik starter
SISTEM PELUMASAN Basah
KAPASITAS OLI MESIN Total = 2,40 L ; Berkala = 1,80 L ; Ganti filter oli = 2,10 L
Dimensi
P X L X T 2090mm X 720mm X 1135mm
JARAK SUMBU RODA 1380mm
JARAK TERENDAH KE TANAH 160mm
TINGGI TEMPAT DUDUK 780mm
BERAT ISI 166 kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN 14 Liter
Rangka
TIPE RANGKA Diamond
SUSPENSI DEPAN Teleskopik
SUSPENSI BELAKANG Swing Arm
BAN DEPAN 110/70-17M/C (54S)
BAN BELAKANG 140/70-17M/C (66S)
REM DEPAN Cakram Hidraulic , Piston Ganda
REM BELAKANG Cakram Hidraulic, Piston Tunggal

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply