Home Auto News Yamaha R3 Juga Dijual di indonesia?

Yamaha R3 Juga Dijual di indonesia?

Yamaha R3, Belum lama ini salah satu merek motor ternama asal Jepang, Yamaha memperkenalkan R25 dan R3 secara global. Kedua motor sport ini diperkenalkan di Jakarta. Rencananya kedua model ini akan diekspor ke negara-negara di luar Indonesia, seperti Eropa dan Amerika.

Khusus untuk pasar Indonesia Yamaha akan memasarkan R25 saja. Sedangkan untuk Yamaha R3 Yamaha mengakui pihaknya banyak mendapat pertanyaan dari konsumen Tanah Air, perihal mengapa motor tersebut tidak sekalian dijual di Indonesia.

Hal ini disampaikan langsung oleh Dyonisius Beti, Vice President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). “Ya kita maunya juga seperti itu (menawarkan R3). Dari konsumen via online juga selalu bertanya R3,” jelasnya, mengutip dari laman KompasOtomotif.

Dyon menerangkan pihaknya tidak memasarkan Yamaha R3 lantaran regulasi ukuran mesin di Indonesia yang berbeda. Hal tersebut menyebabkan pajak dan harganya menjadi berbeda.

Untuk diketahui, salah satu regulasi yang berkaitan dengan motor berkubikasi 250 cc ke atas tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 90/PMK.03/2015 yang mengatur tentang pemungutan pajak penghasilan dari pembeli atas penjualan barang yang tergolong sangat mewah.

Yamaha R3 sendiri termasuk dalam pasal (2) butir f yang mana isinya menyebutkan bahwa kendaraan bermotor roda dua dan tiga dengan harga jual lebih dari Rp 300 juta atau dengan kapasitas silinder lebih dari 250 cc.

Ada lagi aturan yang berkaitan, motor ber cc 300 akan dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 60 persen. Hal tersebut tertuang pada Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2003 pasal 2 ayat 7.

Sebenarnya tidak banyak perbedaan antara Yamaha R25 dan R3 terbaru. Salah satu yang paling jelas adalah Yamaha R3 sudah dilengkapi dengan fitur pengereman Anti-Lock Brake System (ABS). selain itu Yamaha R3 juga dilengkapi dengan beberapa tambahan perangkat untuk memenuhi regulasi di masing-masing negara tujuan ekspor.

Motor Yamaha ini dibekali dengan mesin berkapasitas 321 cc 2 silinder 4-tak DOHC. Berbekal jantung pacu itu Yamaha R3 dapat mengeluarkan tenaga sebesar 42 hp pada putaran mesin 10.750 rpm dengan torsi puncak 29,6 Nm pada 9.000 rpm.

Untuk diketahui, pabrik Yamaha di Pulo Gadung akan menjadi pabrik satu-satunya di dunia yang memproduksi Yamaha R25 dan Yamaha R3. Dari pabrik tersebut Yamaha Indonesia memasang target angka ekspor sebesar 400.000 unit per tahun dengan model lain seperti Nmax, Xmax, Jupiter MX dan Mio turut diekspor.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply