Home Auto News Mazda CX-5 Terbaru Hadir dengan Mesin Turbo

Mazda CX-5 Terbaru Hadir dengan Mesin Turbo

0 83

Mazda CX-5, Mazda memberikan kabar baik bagi para pecinta mobil SUV. Pasalnya merek mobil asal Jepang itu baru saja menghadirkan penyegaran untuk salah satu produk andalannya, Mazda CX-5. Pembaruan ini menjadi yang pertama setelah dua tahun sejak generasi kedua lahir.

Seperti yang dikabarkan sebelumnya, Mazda CX-5 terbaru mengandalkan mesin baru. Mobil baru ini mengandalkan dapur pacu dengan perangkat turbocharger. Lebih detailnya mobil ini memakai mesin Skyactive-G 4-silinder berkapasitas 2,5 liter dengan turbo. Hal ini menjadikan Mazda CX-5 yang pertama di Jepang yang memakai layout mesin semacam itu.

Berkat bantuan peranti turbo, tenaga mesin Mazda CX-5 terbaru menjadi lebih besar. Output dayanya diklaim bisa mencapai 230 PS pada putaran mesin 4.250 rpm dengan torsi puncak 420 Nm pada 2.000 rpm.

Tidak hanya bertenaga, mesin Mazda CX-5 juga diklaim hemat bahan bakar. Konsumsi BBM-nya diklaim mencapai 12,6 km/liter dalam standar Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP).

Jantung pacu mobil Mazda ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Sedangkan untuk sistem penggerak rodanya tersedia dalam versi gerak roda depan dan empat roda AWD. Di samping itu Mazda juga menawarkan transmisi manual 6-percepatan untuk mobil ini. Hanya saja opsi tersebut khusus untuk model dengan mesin diesel Skyactive-D.

Mesin turbodiesel berkapasitas 2,2 liter pada Mazda CX-5 itu diklaim dapat menghembuskan daya 172 PS dengan torsi 420 Nm. Selain itu layout mesin dan transnmisi tersebut juga diklaim yang pertama di kelasnya.

Selain sektor mesin, juga ada penyempurnaan pada sistem G-Vectoring Control (GVC). Sistem yang berfungsi sebagai bantuan pengemudi itu diklaim lebih canggih dan dapat mengaplikasikan pengereman ringan pada roda sisi luar saat mobil berbelok.

Pola tersebut menawarkan kestabilan ketika pengemudi mengembalikan posisi kemudi menjadi lurus saat keluar dari belokan. Selain itu Mazda CX-5 juga diklaim bisa beraksi lebih cepat ketika kemudi ditekuk belok tiba-tiba dan tetap memberikan pergerakan yang mulus hingga keluar dari belokan.

Sementara GVC Plus diklaim dapat meningkatkan pengendalian ketika harus bermanuver penuh dinamika, berpindah lajur dan saat mengemudi di jalan dengan kondisi permukaan yang licin. Sistem baru ini dijadikan standar dalam jajaran Mazda CX-5 terbaru. Kabar baiknya fitur tersebut juga akan tersedia pada mobil Mazda lainnya.

Selain itu Mazda CX-5 juga dilengkapi dengan safety Advanced Smart City Braking Support (SCBS). Fitur ini bisa mendeteksi pejalan kaki ketika hari gelap. Di samping itu juga terdapat opsi kamera 360 derajat, kompatibilitas infotainment dengan Apple CarPlay dan Android Auto, tambahan speaker tweeter dan climate control yang didesain ulang. Tampilannya pun semakin menarik dengan pelek Grey Metallic berukuran 17 inci.

Mazda juga menawarkan Exclusive Mode pada model edisi spesial, baik untuk versi mesin bensin turbo maupun turbodiesel. Sedangkan untuk varian paling tinggi mengandalkan pelek 19 inci dengan laburan glossy gelap, pembungkus jok kulit Deep Red Nappa, trim interior kayu, spion tengah tanpa bingkai, kursi depan berventilasi, layar instrument TFT LCD 7 inci dan pencahayaan kabin dari lampu LED putih.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply