Home Honda Komparasi Fitur Yamaha R25, Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja 250

Komparasi Fitur Yamaha R25, Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja 250

Yamaha R25, Pasar motor sport memang bukan merupakan pasar terbesar di Indonesia. Akan tetapi persaingan di segmen ini, khususnya motor sport 250 cc semakin panas. Dibuka dengan Honda yang menghadirkan CBR250RR terbaru yang mengusung spesifikasi lebih baik dari kompetitornya.

Seakan tak mau kalah, Kawasaki pun melakukan pembaruan pada Ninja 250. Setelah generasi baru CBR250RR dan Ninja 250 hadir, publik menanti kehadiran Yamaha R25 terbaru. Penantian panjang pun terobati setelah beberapa waktu lalu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan Yamaha R25 generasi terbaru.

Alhasil persaingan pun menjadi lebih menarik. Lalu seperti apa komparasi fitur ketiga motor sport 250 cc ini?

Pengendaraan dan Pengereman

Salah satu yang menarik untuk dibandingkan adalah sisi pengendaraan dan pengereman. Untuk sektor kaki-kaki Honda dan Yamaha bisa dikatakan unggul. Pasalnya CBR250RR dan R25 terbaru sudah dilengkapi dengan fork upside down (USD).

Sedangkan Kawasaki Ninja 250 belum dilengkapi dengan fitur tersebut. Padahal sebenarnya suspensi USD tidak hanya membuat tampilan motor lebih menarik, namun juga memberikan handling yang lebih baik.

Lalu untuk bagian mesin Honda CBR250RR lebih unggul dibandingkan Kawasaki Ninja 250 maupun Yamaha R25. Pasalnya motor Honda itu dilengkapi dengan fitur throttle by wire (TBW) hingga 3-step riding mode.

Fitur TBW menanggalkan kabel baja untuk mengalirkan respons gas dari setang. Gantinya kabel elektrik untuk memastikan distribusi perintah berlangsung secara tepat.

Lalu untuk riding mode hadir untuk memungkinkan motor mempunyai karakter tenaga yang berbeda sesuai pilihan, baik comfort, sport dan sport+. Mode-mode tersebut dapat membuat motor bisa dikendarai dengan nyaman atau dalam karakter paling sporty. Sayangnya fitur-fitur tersebut tidak terdapat pada Yamaha R25 maupun Kawasaki Ninja 250.

Baca juga: Fitur dan Spesifikasi Yamaha R25 2019

Meski begitu bukan berarti motor lain hadir tanpa keunggulan. Kawasaki Ninja 250 terbaru dibekali dengan fitur slipper clutch dan assist clutch untuk menghadirkan perpindahan gigi yang halus dan engine braking yang maksimal.

CBR250RR dan R25 terbaru belum mempunyai fitur tersebut. Meski begitu fitur ini sebenarnya adalah opsional. Bila kopling yang ada pada motor sport sudah cukup halus saat dipakai maka tidak perlu kopling khusus.

Untuk sektor pengereman, Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja 250 sudah dilengkapi dengan fitur anti-lock brake system (ABS). fitur ini memungkinkan pengereman yang lebih aman dan optimal. Hanya saja Yamaha R25 terbaru yang baru saja rilis belum hadir dalam varian ABS-nya. Bisa jadi Yamaha masih menyimpan varian ini untuk dirilis di waktu mendatang.

Speedometer

Speedometer menjadi salah satu bagian yang menjadi pertimbangan bagi seseorang dalam membeli motor sport baru. Maka dari itu sebagian pabrikan menyematkan speedometer digital pada produk yang ditawarkan. Hal ini di satu sisi membuat motor terlihat lebih modern.

Selain itu dengan memakai speedometer digital informasi yang ditampilkan juga bisa lebih banyak. Dengan menghilangkan jarum-jarum analog, layout informasi dapat dikemas dalam layar TFT, plus tambahan informasi lain yang penting bagi pengendara. Contohnya seperti konsumsi bahan bakar, suhu, jam, jarak tempuh hingga mode berkendara yang dipakai.

Kabar baiknya ketiga motor sport 250 cc di atas sudah dilengkapi dengan fitur tersebut. Akan tetapi hanya Ninja 250 yang masih dilengkapi dengan jarum di panel indikatornya. Fungsinya untuk menunjukkan RPM.

Lampu LED

Keunggulan lain yang ditawarkan ketiga motor sport 250 cc ini adalah lampu LED. Honda CBR250RR, Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25 terbaru sudah mengusung lampu tersebut.

Light Emmiting Diode (LED) merupakan sistem pencahayaan yang banyak diaplikasikan pada kendaraan modern. Lampu ini mengandalkan diode di atas chip berukuran kecil. Dengan begitu tampilan motor menjadi lebih menarik dibandingkan dengan memakai bohlam berisi gas halogen yang besar.

Lampu LED mempunyai kelebihan dalam hal sorotan cahaya yang lebih terang. Selain itu lampu ini juga diklaim hemat daya dan tahan lama.

Fitur Lain

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, masih ada fitur-fitur lain yang dihadirkan masing-masing merek pada produk andalannya. Misalnya Ninja 250 dilengkapi dengan fitur soket power outlet. Hanya saja fitur ini tersedia pada varian tertentu saja.

Fitur ini juga tidak dapat ditemui pada CBR250RR maupun R25 terbaru. Dengan fitur ini pengendara bisa mengisi daya smartphone atau gadget lain selama perjalanan tanpa perlu membawa power bank.

Lalu untuk Yamaha R25 hadir menarik lewat tombol on-off khas motor gede. Tombol ini terintegrasi untuk 3 fungsi. Tombol ini menyatukan dua tombol yang biasanya terpisah, yakni start dan engine cut off. Dengan menyatu dalam satu tuas, pengoperasiannya menjadi lebih mudah.

Bagaimana, ketiga motor sport 250 cc ini menawarkan beragam keunggulan yang berbeda-beda. Harga jualnya pun juga bervariasi. Soal mana yang terbaik, hal itu tergantung dari kebutuhan masing-masing konsumen. Yang pasti yang ketiga motor sport ini layak untuk menjadi pertimbangan jika ingin membeli motor sport 250cc.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply