Home Auto News Mazda3 Terbaru Akan Pakai Mesin Skyactiv-X?

Mazda3 Terbaru Akan Pakai Mesin Skyactiv-X?

0 73

Mazda3, Belakangan ini Mazda tampaknya rutin menyiapkan model baru. Beberapa waktu lalu merek mobil ternama asal Negeri Samurai itu merilis video teaser mobil terbaru buatannya di Youtube. Kuat dugaan mobil di dalam video tersebut adalah generasi terbaru Mazda3.

Melihat video yang diunggah di akun resmi Mazda, terlihat sedikit bagian belakang dan garis sisi bodi dari mobil baru Mazda itu. Sedangkan di akhir video tertulis ‘A New Era Begins’ pada November 2018 mendatang.

Melihat waktunya, bisa jadi mobil Mazda terbaru ini akan meluncur pada acara Los Angeles Auto Show. Pasalnya pameran otomotif internasional ini akan diselenggarakan pada akhir November mendatang. Hanya saja sampai saat ini Mazda belum memberikan informasi secara resmi di mana mobil baru tersebut akan meluncur.

Kembali membahas mobil baru Mazda itu, tampilan bodi dari model tersebut terlihat mengusung desain tajam dan bagian belakang khas hatchback. Hal ini semakin memperkuat bahwa model yang akan dirilis adalah Mazda3 terbaru. Jika diperhatikan sekilas tampilan mobil tersebut tampak mirip dengan mobil konsep Mazda yang pernah dipamerkan di Tokyo Motor Show 2017, Kai.

Apabila Mazda3 generasi terbaru nantinya memang terinspirasi dari mobil konsep Kai, maka desain bodinya merepresentasikan peningkatan konsep Kodo yang selama ini dikembangkan oleh Mazda. Dengan begitu Mazda3 terbaru tampil lebih mewah dibandingkan dengan model sebelumnya yang beredar di pasaran.

Baca juga: Mazda CX-5 Terbaru Hadir dengan Mesin Turbo

Bagian kap mesin mempunyai dimensi yang lebih panjang. Sedangkan kabin seolah bergeser hingga mentok ke belakang. Di samping itu siluet dari depan ke belakang dibuat sangat mengalir. Desain tersebut sangat baik dalam menunjang performa, pasalnya hambatan anginnya mengecil. Sementara bagian belakang tampak kompak tanpa adanya banyak aksen detail.

Tidak hanya bodinya saja yang mengalami peningkatan, Mazda3 diduga juga akan mengandalkan mesin baru. Pasalnya Mazda Kai disebutkan membawa mesin bensin Skyactiv-X. mesin terbaru Mazda ini diklaim bisa memberikan efisiensi bahan bakar dan torsi tinggi khas diesel, namun mempunyai emisi rendah layaknya mesin bensin.

Performa seperti ini bisa diraih berkat pemakaian teknologi Spark Controlled Compression Ignition (SCCI), yang diklaim Mazda sebagai yang pertama di dunia.

Hanya saja belum ada informasi lebih jauh mengenai spesifikasi mesin yang dipakai. Akan tetapi kemungkinan Mazda akan menawarkan dua opsi mesin pada mobil barunya, yakni 2.000 cc dan 2.500 cc.

Selain mesin, platform yang dipakai juga baru, yakni Skyactiv-Vehicle Architecture yang dikembangkan oleh Mazda. Pemakaian platform ini membuat pengemudi seperti menyatu dengan kendaraan. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan optimal.

Selain itu desain interior juga dibuat terfokus pada pengemudi. Konsep Jinba-Ittai masih dipakai oleh Mazda, sehingga membuat seolah antara pengemudi dan kendaraan bisa saling berkomunikasi. Desainnya dibuat kompak, untuk memberikan kebebasan pengemudi untuk berinteraksi dengan fitur di dalamnya.

Mazda3 terbaru ini menarik untuk dinantikan kehadirannya, terutama oleh para penggemar hatchback. Kita nantikan saja informasi terbaru dari Mazda nantinya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply