Home Auto News Persamaan Honda Brio 2018 dengan Model Lama

Persamaan Honda Brio 2018 dengan Model Lama

0 76

Honda Brio 2018, PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja menghadirkan All New Honda Brio. Mobil ini mendapat serangkaian pembaruan yang membuatnya berbeda dari model sebelumnya. Kendati begitu rupanya tetap ada komponen lama yang tersemat di Honda Brio terbaru ini.

Lalu apa saja persamaan antara All New Honda Brio dengan Brio model Lama? Berikut adalah detail selengkapnya yang bisa Anda simak.

Mesin

All New Honda Brio ternyata masih mengandalkan mesin lama berkapasitas 1.200 cc i-VTEC 4 silinder SOHC. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 88 dk pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi puncak 110 Nm pada putaran 4.800 rpm. Mesin ini dipadukan dengan dua opsi transmisi, yakni manual 5-percepatan atau otomatis CVT.

Walaupun memakai mesin lama, ternyata ada beberapa penyesuaian dengan penggunaan komponen mesin yang baru. Pembaruan mesin Honda Brio 2018 ini dilakukan untuk menyesuaikan bobot kendaraan yang lebih berat dan dimensinya yang lebih panjang. Di sampnig itu langkah tersebut dilakukan Honda untuk mempertahankan tenaga mesin supaya lebih bertenaga ditambah konsumsi bahan bakar yang tetap efisien.

Instrumen Panel dan Dashboard

Large Project Leader all new Honda Brio, Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd, Tsutomu Harano menerangkan masih ada komponen lama lain yang tersemat pada mobil Honda terbaru ini. Seperti instrumen panel dan dashboard.

“Instrumen panel kemudian dashboard-nya juga masih sama (dengan Brio lawas). Modelnya sama Mobilio juga sama, jadi platform Brio itu kan untuk Mobilio dan BR-V juga, dan komponen yang common itu digunakan lagi sehingga terciptalah Brio yang sekarang ini,” ujarnya, mengutip dari laman Kumparan.

Peredam Kejut

Assistance Senior Engineer Chassis Project, Honda R&D Asia Pacific, Panupong Khamwongpin mengatakan komponen lama lainnya yang dipakai All New Honda Brio adalah sistem peredam kejutnya. City car Honda ini pada dasarnya memakai suspensi yang lama.

Akan tetapi terdapat penyesuaian sebab modelnya sekarang lebih panjang. Hal ini bertujuan untuk memberikan stabilitas dan pengendaraan yang nyaman. Honda menambahkan part-part baru pada bagian suspensinya.

“Untuk suspensi pada dasarnya masih yang lama, tapi ada banyak tambahan barunya seperti stabilizer, diameternya lebih besar, kemudian pengaturan baru di suspensinya dengan penggunaan damper dan spring yang baru, termasuk pada bagian setir juga kami setting ulang sehingga meningkatkan stabilitas,” jelasnya.

Dengan dimensi yang memanjang, maka tentu ada ubahan lain supaya mobil stabil dan juga lincah serta memberikan kenyamanan. Maka dari itu Honda menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen Indonesia.

Pintu Depan

Komponen lama terakhir yang masih dipakai pada Honda Brio terbaru adalah model pintu depan. Hal ini dilakukan untuk memangkas biaya produksi dan mempertahankan harga Honda Brio terbaru supaya tidak melambung tinggi. Hal ini juga dilakukan karena Honda fokus pada ubahan fascia dan belakang yang memanjang hingga mempunyai total panjang 175 mm.

Lalu untuk wheelbase mobil lebih panjang 60 mm, dengan bobot yang bertambah hingga 20 kg. hal ini membuat ruang bagasi lebih luas dengan volume 258 liter. ruang kaki juga lebih lapang karena bertambah 45 mm.

Sebagai tambahan, Honda Brio terbaru dipasarkan dalam beberapa pilihan warna. Antara lain Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, Rallye Red, Carnival Yellow dan Phoenix Orange Pearl sebagai hero color dengan atap berwarna hitam glossy. Harga Honda Brio 2018 ini mulai Rp 139 juta sampai dengan Rp 190 juta.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply