Home Auto News Detail Singkat Mazda MX-5 RF Terbaru Indonesia

Detail Singkat Mazda MX-5 RF Terbaru Indonesia

0 61

Mazda MX-5 RF, Dalam acara Mazda Power Drive, Mazda CX-9 terbaru bukan menjadi satu-satunya model yang menyita perhatian. juga ada Mazda MX-5 MF yang juga tak kalah menggoda. Mobil terbaru Mazda ini mendapat sejumlah peningkatan dibanding model sebelumnya.

Perubahan pada Mazda MX-5 RF terbaru fokus pada performa keseluruhan. Tenaga dan torsi mobil ini mengalami peningkatan. Hal ini berdampak positif pada akselerasi yang semakin kencang.

Walau demikian perubahannya tidak terlalu kentara. Berbekal mesin SKYACTIV-G 4-silinder berkapasitas 2,0 liter, tenaga yang dihasilkan mobil Mazda terbaru ini mencapai 183 PS dengan torsi puncak 205 Nm. Itu artinya ada peningkatan tenaga sebesar 13 PS dan torsi yang naik 5 Nm.

Selain itu putaran mesin maksimal juga berubah menjadi 7.500 rpm, dari yang sebelumnya 6.800 rpm. Hal ini membuat tenaga puncak yang bisa diraih 7.000 rpm dan torsi lebih rendah di 4.000 rpm. Dengan kata lain Mazda MX-5 RF Roadster menjadi lebih kencang saat berakselerasi, dengan raungan yang lebih tinggi, serta rasio tenaga dengan bobot yang semakin ideal.

Perubahan di sektor tenaga dapat dicapai berkat update pada perangkat lunak mobil ini. Selain itu piston dan connecting rods yang dipakai juga lebih ringan. Ubahan lain terdapat pada injeksi bahan bakar bertekanan tinggi dan intake manifold yang didesain ulang.

Mazda juga menyematkan flywheel baru para mobil ini supaya respon throttle semakin cepat. Mazda MX-5 RF terbaru juga dilengkapi dengan sistem exhaust baru yang diklaim dapat mengeluarkan suara yang lebih sporty.

Mazda membenamkan penggerak roda belakang (RWD) pada mobil ini. Dengan demikian Mazda MX-5 RF layak dipanggil sebagai mobil power. Akan tetapi di Indonesia mobil sport Mazda ini dijual dalam satu pilihan transmisi, yakni otomatis 6-percepatan. Tidak ada versi manualnya.

“Kehadiran MX-5 terbaru ini, akan memuaskan para penggemar mobil sport berbobot ringan yang menjadi keunggulan MX-5. Dengan filosofi unik khas Mazda: Jinba-Ittai, setiap pengemudi mobil dapat merasakan kesatuan yang harmonis dengan mobilnya sehingga dapat menyuguhkan kesenangan berkendara yang istimewa,” jelas Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia, dikutip dari Oto.

Lalu untuk interior terdapat perubahan ringan. Salah satunya terlihat pada setir kemudinya. Bila sebelumnya hanya terdapat pengaturan tilt, kini juga terdapat pengaturan telescopic untuk mengatur jarak jangkauan. Fitur ini bisa dibilang fitur yang perlu ada supaya pengemudi bisa mendapatkan posisi mengemudi yang nyaman. Dengan begitu mobil bisa dengan nyaman dipakai pengemudi dengan postur yang bervariasi.

Sementara sisi eksteriornya tidak ada yang berubah. Untuk diketahui, Mazda MX-5 yang dijual merupakan varian RF atau memakai atap metal, bukan soft top. Untuk atap yang bisa dibuka dan ditutup secara elektrik dinilai cocok untuk pasar negara tropis seperti Indonesia.

Untuk sektor pelek terdapat sedikit perubahan, dimana pelek 17 inci yang disematkan dibalut dengan warna hitam glossy. Menggantikan warna hitam matte.

Untuk pasar Indonesia harga Mazda MX-5 RF terbaru mencapai 799,8 juta on the road Jabodetabek. Ada beberapa pilihan warna yang ditawarkan. Antara lain Snowflake White Pearl Mica, Machine Grey Metallic dan Soul Red Crystal Metallic. Untuk warna Machine Grey Metallic dan Soul Red Crystal Metallic konsumen perlu menambah biaya Rp 4 juta dari harga dasar.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply