Home Auto News Spesifikasi Benelli TRK251, Rival CRF250 Rally dan Versys 250

Spesifikasi Benelli TRK251, Rival CRF250 Rally dan Versys 250

Benelli TRK251, Beberapa waktu yang lalu Benelli menghadirkan motor baru secara global di Bali. Salah satu diantaranya adalah Benelli TRK251. Jika melihat penampilannya, motor ini merupakan motor petualang dengan tampilan yang tangguh dan menarik.

Tidak hanya itu, motor ini digadang-gadang akan menjadi pesaing Kawasaki Versys 250 dan Honda CRF250 Rally yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Alhasil pasar motor adventure bermesin 250 cc akan semakin ramai.

Mengingat rival yang dihadapi bukan sembarangan, sudah semestinya ada suatu keunggulan yang harus ada pada motor baru Benelli ini. Lalu seperti apa saja tawaran Benelli TRK251 ini? Berikut detail spesifikasi selengkapnya.

Desain

Pertama-tama mari kita lihat desain motor Benelli terbaru ini. Pada dasarnya desain motor petualang ini sama seperti motor petualang lainnya.

Desain motor ini tampak mengadopsi desain dari motor adventure bermesin besar. Salah satunya terlihat pada aplikasi fairing yang menjorok ke depan seperti sepatbor. Hal ini juga terlihat pada BMW R1200GS.

Selain itu terdapat lampu berlensa ganda yang dikemas dengan desain unik. Pembagian fungsi lampu dekat dan jauh di masing-masing lampu. Untuk lampu sein juga tampil unik karena diposisikan secara vertikal dan melekat di bagian sayap bodi.

Rangka

Benelli TRK251 dirancang dengan mengandalkan sasis teralis berbahan baku baja. Geometri motor adventure ini dibuat sedemikian rupa dengan model busur. Tujuannya untuk memberikan tongkrongan khas motor penjelajah. Sasis ini juga biasa diaplikasikan pada motor-motor adventure. Alasannya sasis tersebut bisa membuat motor tetap lincah dan stabil ketika dipakai melesat di berbagai jenis medan.

Suspensi

Motor terbaru Benelli ini juga mempunyai keunggulan yang membuatnya layak dilirik. Salah satunya adalah kaki depannya yang memakai shock teleskopik upside down. Hal ini membuatnya lebih unggul dibanding Kawasaki Versys 250 sebab motor tersebut belum dilengkapi suspensi USD.

Baca juga: Motor Benelli Terbaru Hadir, Ada 3 Model

Shock jenis ini menarik karena membuat motor lebih nyaman ketika dipakai berkendara. Selain itu tampilan kaki-kaki depan juga menjadi lebih gagah. Untuk kaki belakang Benelli mengandalkan monoshock yang bisa diatur preload-nya untuk menyesuaikan kondisi perjalanan.

Mesin

Benelli TRK251 mengandalkan mesin 1-silinder berkapasitas 249 cc DOHC 4-valve dengan pendingin cairan. Mesin ini masih satu basis dengan model TNT250. Hanya saja Benelli melakukan perubahan pada sektor ECU, sistem injeksi, intake, knalpot dan beberapa bagian lain. Tak mengherankan bila Benelli menyebut mesin ini sebagai generasi baru.

Ubahan-ubahan tersebut dilakukan untuk menawarkan karakter performa yang cocok untuk keperluan petualangan. Tenaga mesin ini mencapai 26,8 dk dengan torsi puncak 21 Nm. Dapur pacu ini dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan. Untuk menunjang daya jelajah disematkan tangki bahan bakar berkapasitas 17 liter.

Fitur

Benelli TRK251 dilengkapi dengan beragam fitur yang siap menemani pengguna selama petualangannya. Fitur-fitur yang menjadi standar dari motor baru ini adalah Benelli TRK251 bisa jadi solusi. Tanpa kami jelaskan, inilah daftar fitur yang tersedia sebagai standar; velg alloy, panel indikator full digital, shock depan upside down, rem depan 4 kaliper dengan piringan bergelombang dan dilengkapi ABS sebagai standar. Selain itu lampu projector, DRL dengans sistem LED juga menjadi kelengkapan standar dari motor ini.

Dengan serangkaian keunggulan tersebut, Benelli TRK251 mempunyai peluang untuk meraup penjualan di segmen motor adventure 250cc. Di sisi lain model ini juga bisa membuat Benelli lebih kompetitif di Indonesia.

Untuk masalah harga sampai saat ini belum diketahui pasti berapa harga motor baru tersebut. Akan tetapi dengan skema pajak di Indonesia, kemungkinan harga Benelli TRK251 ini tidak jauh berbeda dengan yang dijual di Cina.

Di sana harga motor adventure ini berkisar Yuan 19.800 – 22.600 atau setara Rp 43 jutaan sampai Rp 49 jutaan. Selain itu Benelli juga didukung oleh perakitan lokal PT Benelli Motor Indonesia yang membuat harga motor terbaru Benelli ini bisa lebih ditekan.

Bila benar demikian, maka selain fitur-fitur di atas Benelli TRK251 juga menawarkan banderol harga yang terjangkau. Untuk pembanding, harga Kawasaki Versys X 250 untuk varian City mencapai Rp 62 jutaan. Sedangkan varian Tourer dibanderol Rp 73 jutaan. Sedangkan Honda CRF250 Rally dibanderol dengan harga Rp 63 jutaan.

Harga motor yang murah memang bisa menjadi penarik perhatian konsumen Tanah Air. Akan tetapi tetap saja faktor-faktor lain juga perlu menjadi perhatian. seperti jaringan penjualan dan purna jualnya. Terlepas dari hal tersebut Benelli TRK251 mempunyai modal awal yang menjanjikan untuk terjun di segmen motor adventure.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply