Home Honda Mesin Honda PCX vs Yamaha NMAX, Mana yang Unggul?

Mesin Honda PCX vs Yamaha NMAX, Mana yang Unggul?

Yamaha NMAX, Motor matic bongsor tengah menjadi primadona di Tanah Air. Walaupun dibanderol di atas Rp 20 jutaan, skuter matik berdimensi besar tetap menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat. Dari beberapa model yang ada, Yamaha NMAX dan Honda PCX memiliki daya pikat yang cukup besar.

Keduanya terjun di segmen yang sama. Baik motor Honda maupun motor Yamaha memiliki kelebihan yang berbeda. Baik dari segi desain maupun fiturnya. Lantas bagaimana dengan urusan performanya?

Melihat spesifikasinya, Yamaha NMAX mengandalkan mesin berkapasitas 155 cc. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga maksimum 15,09 PS pada putaran 8.000 rpm dengan torsi 14,4 Nm pada 6.000 rpm.

Keunggulan lain yang dimiliki NMAX adalah hadirnya teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Sehingga performa mesin lebih unggul di setiap rentang putaran mesin. Selain itu performanya juga didukung dengan bobot motor yang mencapai 127 kg.

Lalu untuk Honda PCX mengandalkan mesin berkapasitas 149,3 cc, PGM-FI. Mesin ini serupa dengan milik Honda Vario 150. Tenaga puncaknya bisa menembus angka 14,7 PS pada 8.500 rpm dengan torsi 13,2 Nm pada 6.500 rpm. Sedangkan bobotnya sedikit lebih berat dari pesaingnya, yakni 131 kg.

Melihat spesifikasi tersebut, kapasitas mesin NMAX lebih besar dan mempunyai tenaga yang lebih tinggi dari PCX. Menurut laman Oto, karakter mesin NMAX juga terasa lebih responsif. Dapur pacu motor ini lebih galak atau sporty berkat adanya katup variabel. Lain halnya dengan Honda PCX yang lebih lembut dalam mengalirkan tenaga.

Tidak hanya itu, tenaga maksimal Yamaha NMAX juga bisa diraih pada putaran mesin yang lebih rendah dari PCX. Walau begitu, getaran yang terasa juga lebih halus dari kompetitor meski tidak terlalu signifikan perbedaannya.

Baca juga: Yamaha NMAX vs Honda PCX 2018

Sementara Honda PCX lebih enak dipakai untuk berkendara santai di perkotaan. Hal ini sesuai dengan tampilannya yang terlihat lebih elegan.

Lalu untuk konsumsi bahan bakarnya terbilang mirip. Padahal Honda PCX sendiri mempunyai mesin yang kapasitasnya sedikit lebih kecil dari NMAX. Selain itu juga ada teknologi idling stop system yang membuat konsumsi bahan bakar lebih bisa diminimalisir saat berada di tengah kemacetan. Baik saat menggunakan metode full to full maupun mengandalkan angka MID, konsumsi BBM PCX sedikit di bawah Nmax.

Dalam urusan performa, Yamaha NMAX lebih unggul dibanding Honda PCX. Meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan. Motor matic Yamaha ini bisa menjadi pilihan menarik untuk konsumen yang senang dengan motor yang punya performa sporty.

Sedangkan untuk konsumen yang senang berkendara santai, maka Honda PCX bisa menjadi pilihan yang tepat. Soal mana yang terbaik semua kembali ke tangan calon konsumen. Selain performa, tentunya ada beberapa hal lain yang juga dipertimbangkan. Bagaimana, menurut Anda mana yang lebih menarik? Apakah Yamaha NMAX atau Honda PCX?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply